Perbedaan Legacy Dengan Uefi Dalam Bios



Selamat siang semuanya, bagaimana kabarnya hari ini, mudah-mudahan semuanya dalam kondisi sehat sentosa dan segala urusannya lancar tanpa kendala. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas perihal Legacy BIOS dan UEFI, Apa sih BIOS dan UEFI terus apa perbedaannya. Kalau BIOS saya rasa sudah cukup familiar bagi pengguna PC/Laptop, alasannya yaitu ialah jikalau mau install ulang perangkat anda niscaya di instruksikan untuk masuk ke BIOS terlebih dahulu dengan menekan F2/del atau tombol lainnya, iya kan? tapi jikalau UEFI mungkin masih asing. Nah itulah mengapa saya menentukan topik ini untuk dibahas. Baiklah eksklusif saja kita pada pembahasan.


Dalam sebuah komputer terdapat sebuah Firmware, apa itu? Firmware yaitu sebuah software yang menjembatani antara Sistem Operasi dengan Hardware, dalam berbagai brand motherboard ada berbagai tutorial untuk masuk ke dalam BIOS ketika booting, mulai dari menekan tombol F2 ketika perangkat dinyalakan ataupun tombol lainnya. Setelah masuk ke BIOS akan ada beberapa settingan dan informasi yang ditampilkan, mulai dari waktu dan tanggal, type hardware, tegangan, pilihan Booting dan sebagainya.


Pada BIOS sendiri terdapat pilihan apakah ingin memakai Legacy BIOS atau UEFI. Lalu apa itu?. UEFI yaitu standar teknologi baru yang berfungsi memperluas (mempercanggih) fungsi dari sistem BIOS. Lahirnya standar interface UEFI diawali dengan adanya gagasan standar EFI pada pertengahan 1990an, pada proyek bareng server Intel-HP Itanium. Kalau Intel dan HP merupakan pencetus lahirnya EFI maka pada perkembangan selanjutnya disempurnakan lagi spesifikasi dan fitur-fiturnya sehingga bisa diaplikasikan pada semua platform hardware komputer ketika ini. Dan karenanya lahirlah spesifikasi interface baru yang disebut dengan UEFI. U=Unified yang berarti diseragamkan standarnya. Dengan kata lain UEFI merupakan pengembangan dari EFI (v1.x), maka istilah UEFI disebut juga dengan EFI v2.x.


UEFI sendiri yaitu komponen sofware yang terdapat pada sistem komputer yang lebih modern, walaupun awal-awalnya hanya dipakai pada komputer kelas server, namun ketika ini sudah banyak dipakai pada komputer kelas atas dan juga pada Laptop. Setelah munculnya UEFI maka teknologi BIOS yang biasa (generasi sebelumnya) disebut Legacy BIOS. Legacy bisa diartikan standar teknologi lama. Perlu diketahui bahwa teknologi BIOS sudah berumur 30 tahun, maka sudah saatnya dan sewajarnya ada generasi teknologi baru yang lebih canggih dan bisa mensupport perkembangan pada sisi hardware dan teknologinya.


Jika dibandingkan dengan Legacy BIOS, maka UEFI memiliki banyak kelebihan baik dari segi fitur, level bahasa pemrograman, pengontrolan hardware,kapasitas memori dan bit, dll.

Pada Legacy BIOS, ia memakai 16 bi-code, padahal telknologi prosessor ketika ini sudah memakai 64 bit atau minimal 32 bit dan itupun hanya pada kalangan netbook saja, Sehingga hal ini akan menimbulkan kesenjangan yang sangat jauh. Ini hanyalah referensi paling sederhana dari keterbatasan Legacy BIOS. Karena BIOS diciptakan sejak 30 tahun yang kemudian oleh IBM, yang ketika ini dipakai pada untuk produk IBM PC. Jika Firmware teknologi jadul harus dipaksakan untuk mensupport teknologi baru yang terus berkembang maka karenanya akan menjadi dilema (stumbling). Oleh alasannya yaitu ialah itu lahirnya EFI/UEFI yaitu tuntutan perkembangan zaman untuk mengimbangi pesatnya perkembangan komputer arif balig cukup nalar ini.


Dengan perkembagan hardware dan kapasitas storage pada komputer atau Laptop ketika ini yang amat pesat, maka kemampuan BIOS sudah mentok untuk mensupportnya. Karena banyak keterbatasan dari BIOS ketika ini yang tidak bisa dipenuhi oleh tuntutan perkembangan hardware.


Salah satu referensi kelebihan UEFI yaitu dukungan dengan format GPT Harddrive, kemampuan booting dari hardisk dengan kapasitas besar sehingga proses booting akan lebih cepat. Kelebihan lainnya silahkan anda baca pada Kelebihan UEFI dibanding Legacy BIOS. Selama ini kita memakai MBR untuk menyimpan Boot code dan tabel partisi pada hardisk dan media simpan. Untuk mengetahui lebih lanjut perihal GPT dan MBR silahkan baca Perbedaan partisi GPT dan MBR.


Kaprikornus kesimpulannya, untuk perkembangan ke depan semua platform komputer akan beralih dari Legacy BIOS ke UEFI Firmware. Mungkin pada 5 tahun ke depan semua komputer sudah memakai UEFI Firmware. Pada ketika ini rata-rata platform komputer sudah menerapkan UEFI sebagai pengganti BIOS pada produk mereka, itu pun alasannya yaitu ialah masih berada pada masa transisi, di dalam UEFI masih disematkan fitur Legacy BIOS atau CSM (Compability Support Module). Kenapa masih ada Legacy BIOS, jikalau saja masih ada user yang belum ingi beralih ke UEFI.


Sekian pembahasan singkat perihal perbedaan UEFI dan Legacy BIOS, supaya bermanfaat dan jangan lupa bagikan supaya yang lain juga kebagian  tahu. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Legacy Dengan Uefi Dalam Bios"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel