Resep Dan Tips Trick Menciptakan Kupat Tahu Bandung

Resep Masakan Khas Jawa Barat – Kupat Tahu mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masayarakat yang berada di Jawa Barat. Dan saya yakin siapapun pernah mencicipi kuliner ini. Kupat tahu memang banyak sekali ditemukan diberbagai kawasan di Indonesia.


Banyak pula para pedagang yang menjajakan kuliner ini, terlebih jikalau di pagi hari. Anda mampu menemukannya di banyak sekali sudut kota bahkan di pinggir jalan.


Ini alasannya yakni yaitu Kupat Tahu biasanya dijadikan sebagai sajian sarapan pagi bagi mereka para pekerja yang tidak sempat menciptakan sarapan di rumah. Selain praktis, kuliner ini juga sangat nikmat terutama saus kacangnya yang elok dan gurih.


Tidak hanya itu, di hari-hari Istimewa seakan-akan lebaran, terkadang banyak masyarakat yang menciptakan kupat tahu sebagai sajian pilihan untuk menjamu para tamunya.


Ini berarti Kupat Tahu memang merupakan kuliner yang Istimewa bagi sebagian masayarakat.


Saya yakin anda pernah membuatnya dirumah. Namun, tidak ada salahnya jikalau kali ini saya akan membagikan resepnya untuk anda.


Kelezatan dari kuliner ini terletak pada saus kacangnya yang elok dan gurih. Tentu, diam-diam kelezatan itu berasal dari bumbu-bumbu yang dipakai.


Bumbu halus yang digunakan untuk adonan sausnya seakan-akan cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, dan garam secukupnya. Semua materi ini dicampur dan dihaluskan hingga benar-benar halus dan tercampur rata.


Bumbu halus tadi kemudian dicampur dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan kemudian diaduk rata dan dimasak hingga matang dan mengeluarkan minyak. Lalu jadilah saus kupat tahu yang enak.


Setelah bumbu dibentuk tentu saja anda tinggal menyiramkannya diatas potongan ketupat, tahu dan tauge. Jika anda suka dengan bawang goreng, kemudian taburkan diatasnya dan beri kecap elok secukupnya dan tambahkan kerupuk.


Saya pikir untuk menciptakan Kupat Tahu ini sangatlah relatif mudah. Anda niscaya mampu membuatnya dirumah.


Supaya anda lebih terang lagi, berikut ini saya akan berikan Resep dan Tutorial Membuat Kupat Tahu Bandung. Silahkan dibaca dan dicatat resepnya.











Kupat
(Kupat Tahu Bandung, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 25 menit

: 45 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Goreng kemudian potong kecil-kecil tahu kuning bandung

  • Siram dengan air panas kurang lebih 100 gram tauge

  • Potong-potong ketupat sebanyak 4 buah atau sesuai selera

  • Goreng kemudian haluskan 150 gram kacang tanah

  • Air sebanyak kurang lebih 350 ml

  • Air asam sebanyak 5 sendok teh yang didapat dari 2 sendok teh asam dan 5 sendok teh air



Bahan Bumbu Halus:



  • Cabai merah sebanyak 4 buah

  • Bawang putih sebanyak 2 siung

  • Terasi sebanyak ½ sendok teh

  • Gula merah sebanyak kurang lebih 4 ½ sendok teh

  • Garam sebanyak 1 ½ sendok teh

  • (semua materi diulek halus)



Bahan pelengkap:



  • Bawang goreng sesuai selera untuk taburan

  • Kecap elok sesuai selera

  • Kerupuk sesuai selera



Tutorial Membuat Kupat Tahu Bandung:



  1. Pertama kita harus menciptakan sausnya terlebih dahulu. Caranya siapkan wajan kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan beserta kacang tanah yang juga sudah dihaluskan sebelumnya, tambahkan air dan air asam jawa kemudian aduk hingga merata dan masak hingga matang dan berminyak. Setelah itu angkat sausnya.

  2. Selanjutnya siapkan piring saji kemudian tata beberapa materi seakan-akan potongan ketupat dan potongan tahu beserta tauge. Lalu siram saus kacang yang sudah dibentuk tadi diatasnya dan tambahkan kecap elok secukupnya.

  3. Beri taburan bawang goreng dan juga kerupuk.

  4. Kupat Tahu Bandung pun siap dinikmati.


Meskipun terbilang gampang dan sederhana, jangan anda meremehkan khasiat dari kuliner ini. Karena Kupat Tahu mempunyai bahan-bahan yang sangat berguna bagi kesehatan badan kita.


Kacang tanah yang digunakan mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berdasarkan hasil penelitian kacang tanah ternyata mampu mengurangi resiko kanker usus besar, terutama pada wanita.


Disamping itu, kacang tanah juga mampu menjaga berat badan kita bahkan hingga mampu mencega penyakit jantung.


Selain ada kacang tanah, ada juga tauge yang mampu meningkatkan kesuburan laki-laki dan sistem imunitas tubuh. Bahkan tauge ini dipercaya mampu menurunkan berat badan dan mencegah anemia.


Makara dengan melihat manfaat yang mampu kita ambil dari Kupat tahu ini, anda tidak akan ragu lagi untuk memakannya setiap hari. Anda akan menerima manfaat kesehatan selain rasanya yang enak.


Demikian yang mampu saya sampaikan pada postingan kali ini mengenai Resep dan Tutorial Membuat Kupat Tahu Bandung. Mudah-mudahan warta yang saya berikan mampu bermanfaat bagi anda dan keluarga.


Jadikanlah kuliner Indonesia sebagai sajian pilihan anda setiap hari alasannya yakni yaitu niscaya anda akan menerima manfaat yang lain bagi badan selain rasanya ang lezat.


Jika anda suka dengan resep ini silahkan share kembali ya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tips Trick Menciptakan Kupat Tahu Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel