Resep Dan Tutorial Menciptakan Ayam Panggang Klaten

Resep Masakan Ayam (Khas Jawa Tengah) – Ketika anda pergi ke sebuah rumah makan mungkin yang menjadi hidangan pilihan anda yaitu ayam panggang. Dan ini hampir menjadi favorit semua orang ketika mengunjungi sebuah restauran ataupun rumah makan.


Namun dari sekian ayam panggang yang pernah anda coba, apakah anda pernah mencoba Ayam Panggang Klaten? Di Jawa Tengah, makanan ini cukup populer dan menjadi primadona makanan ayam disana.


Hal ini tentu saja alasannya yakni ialah yaitu rasa yang ditawarkan sangat enak dan mempunyai citarasa yang berbeda dengan ayam panggang lainnya. Rahasia dari kelezatannya berasal dari materi bumbu yang dipakai dan tips trick mengolahnya.


Bila anda pernah mencobanya dan ingin membuatnya sendiri dirumah, anda perlu mencatat semua resepnya disini.


Jangan khawatir anda merasa kesulitan menerima bahan-bahannya, alasannya yakni ialah yaitu ternyata anda mampu mendapatkannya dengan mudah.


Berbicara perihal ayam panggang ayam, tentu anda harus menyiapkan ayam sebagai materi utamanya. Nah, saya sarankan supaya ayam panggang klaten ini menjadi semakin nikmat, coba anda gunakan ayam kampung.


Kenapa ayam kampung? Ya alasannya yakni ialah yaitu ayam kampung ini mempunyai tekstur dan serat daging yang empuk. Jadi, ini akan membuatnya menjadi lebih enak dan mantap.


Selain daging ayam, anda juga memerlukan materi lainnya seperti santan, daun salam, lengkuas, gula merah, dan juga garam. Serta untuk bumbu halusnya anda memerlukan bawang merah, bawang putih, kemiri yang disangrai, dan serai.


Lalu bagaimana tips trick membuatnya? Gampang, anda hanya perlu merebus potongan daging ayam nya di dalam rebusan air santan yang dicampur dengan aneka macam macam bahan. Lalu sesudah direbus barulah dipanggang.


Lebih jelasnya, simak dengan baik Resep dan Tips Trick Membuat Ayam Panggan Klaten berikut ini.











Ketika
(Ayam Panggang Klaten, Sumber Foto: bingdotcom)











Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 30 menit

: 50 menit


Disajikan untuk

Level


: 4 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Cuci higienis dan potong menjadi 4 adegan 1 ekor ayam

  • Santan sebanyak 400 ml

  • Daun salam sebanyak 2 lembar

  • Memarkan lengkuas seukuran 3 cm

  • Gula merah sebanyak 50 gram

  • Garam sebanyak 1 sendok makan



Bahan Bumbu Halus:



  • Bawang merah sebanyak 8 butir

  • Bawang putih sebanyak 5 siung

  • Kemiri sebanyak 7 butir

  • Serai sebanyak 1 batang

  • (semua materi dihaluskan dengan tips trick diulek)



Tips Trick Membuat Ayam Panggang Klaten:



  1. Siapkan panci atau wajan kemudian masukkan beberapa materi seperti santan, daun salam, lengkuas, garam, gula merah dan juga bumbu halus. Rebus semua bahan-bahan tersebut sampai mendidih.

  2. Setelah mendidih, masukkan potongan daging ayam dan masak daging sampai bumbu nya meresap ke dalam potongan daging ayam.

  3. Setelah bumbu benar-benar meresap ke dalam daging, angkat potongan daging ayam kemudian tiriskan.

  4. Selanjutnya siapkan panggangan, dan pangganglah potongan daging ayam sambil diolesi bumbu sampai matang atau berubah warna kecoklatan dan kering.

  5. Angkat dan sajikan Ayam Panggang ketika sudah matang.



Rekomendasi Resep : Resep Opor Ayam Special Lezat


Terbilang cukup simpel bukan untuk membuatnya? Ya kalau anda mau sedikit telaten anda akan menerima ayam panggan yang enak sekali.


Saya lebih suka menyajikannya bersama dengan nasi hangat, lalaban, dan juga sambal. Tapi kalau anda mempunyai selera tersendiri, silahkan anda kreasikan hidangan nya sesuai dengan selera anda.


Yang niscaya apapun hidangan tambahan sajiannya, ayam panggang klaten ini akan tetap enak dan mantap.


Selamat mencoba resepnya dan saya cukupkan sekian untuk postingan kali ini. Semoga Resep dan Tips Trick Membuat Ayam Panggang Klaten ini mampu bermanfaat untuk anda.


Bantu saya membagikan resep ini kepada teman-teman yang lain ya. Dan jangan lupa untuk subscribe di kotak berlangganan di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Ayam Panggang Klaten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel