Resep Dan Tutorial Menciptakan Makanan Pindang Ikan Khas Lampung

Resep Masakan Ikan (Khas Lampung) – Sebagian besar wilayah Indonesia yaitu perairan dengan sumber daya ikan yang sangat melimpah. Hal tersebut menciptakan hampir semua daerah mempunyai olahan ikan yang unik dan mantap.


Seperti kuliner yang akan saya bahas pada tulisan kali ini. Masakan ini berasal dari daerah Lampung dengan ikan gabus sebagai materi utamanya. Masyarakat disana menamakannya Pindang Ikan.


Pindang ikan khas Lampung ini mungkin sedikit berbeda dengan kuliner ikan lainnya. Apa yang membuatnya berbeda? tentu saja rasa dari ikan dan kuahnya. Ditambah aroma nya yang segar. Mungkin alasannya yaitu ialah ialah yaitu terdapat daun salam dan daun jeruk di dalamnya.


Untuk membuatnya, pertama anda harus mempersiapkan bahan-bahan masakannya seperti cabe merah, tomat, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, air, garam dan juga minyak goreng. Sedangkan bumbu untuk ditumis itu dibentuk dari beberapa materi seperti bawang merah, kunyit dan juga bwang putih.


Tutorial menciptakan Pindang Ikan ini cukup sederhana dan mudah. Anda hanya harus menciptakan kuahnya terlebih dahulu dengan menumis bumbu halus ditambah materi lainnya. Dimana pada tahap selanjutnya baru anda memasukkan potongan ikan gabus ini.


Sudah tidak tabah untuk membuatnya? Berikut saya paparkan untuk anda semua Resep dan Tutorial Membuat Masakan Pindang Ikan Khas Lampung. Simak baik-baik ya.











Sebagian
(Pindang Ikan Khas Lampung, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 25 menit

: 45 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Cuci higienis kurang lebih 500 gram ikan gabus segar kemudian potong-potong ikan gabus tersebut

  • Potong-potong 3 buah cabe merah

  • Potong-potong sesuai selera 2 buah tomat

  • Memarkan 2 batang serai

  • Memarkan lengkuas seukuran 2 cm

  • Daun salam sebanyak 2 lembar

  • Potong-potong 4 lembar daun jeruk

  • Air sebanyak 500 ml

  • Garam sebanyak ½ sendok makan

  • Merica bubuk sebanyak ½ sendok teh

  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis



Bahan bumbu halus:



  • Bawang merah sebanyak 6 buah

  • Kunyit seukuran 3 cm

  • Bawang putih sebanyak 3 siung



Tutorial Membuat Pindang Ikan Lampung:



  1. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus dengan bahan-bahan lain seperti irisan cabe merah, irisan tomat, serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan, 2 lembar daun salam serta irisan daun jeruk. Aduk semua materi sampai merata dan tumis sampai menjadi harum.

  2. Kemudian masukkan potongan ikan gabus yang sudah dibersihkan tadi. Aduk kembali sampai merata dan masak ikan sampai ikan berubah warna dan matang. Lalu tambahkan, air, garam dan juga merica.

  3. Setelah matang kemudian angkat ikan dan sajikan diatas piring selagi hangat.



Rekomendasi Resep : Sambal Goreng Ikan Kakap



Praktis bukan? Coba saja resep diatas dirumah dan sajikan untuk keluarga anda. Saya yakin anda dan keluarga niscaya menyukainya.


Ingatlah untuk selalu menentukan materi kuliner yang segar dan sehat karean itu akan menentukan kualitas kuliner yang dibuat.


Ia mungkin itu saja tulisan saya kali ini mengenai Resep dan Tutorial Membuat Masakan Pindang Ikan Khas Lampung. Mudah-mudahan anda menyukainya.


Bagikan resep dann subscribe kini juga.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Makanan Pindang Ikan Khas Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel