Resep Dan Tutorial Menciptakan Sambal Goreng Papai

Resep Masakan Tempe (Khas Kalimantan Tengah) – Bagi anda yang belum pernah mencoba bahkan melihat masakan ini niscaya akan sedikit bingung bahu-membahu masakan apakah ini. Jika anda membaca sekilas di judulnya, anda niscaya menduga ini merupakan sambal yang bagi kebanyakan orang sambal itu ya saus sebagai komplemen makanan.


Namun, sambal yang berasal dari Kalimantan Tengah ini sangat berbeda dengan sambal yang mungkin sebagian orang suka memakannya.


Sambal Goreng Papai merupakan sebuah masakan yang berbahan dasar udang dan tempe yang sudah dibuat bulat dengan kuah santan yang kental dan gurih.


Kaprikornus jelaslah bahwa sambal ini berbeda dengan sambal-sambal lainnya.


Masakan ini cukup populer di daerah asalnya dan berbagai orang yang menyukainya. Kuah santan yang gurih dan kental meresap ke dalam tempe bulat sehingga menyebabkan sensasi yang cukup unik ketika memakannya.


Saya tidak mampu menjelaskna bagaimana rasanya dengan detail kepada anda. Anda harus mencoba menciptakan dan mencicipinya sendiri dirumah anda sendiri.


Lalu bagaimana cara menciptakan Sambal Goreng Papai khas dari Kalimantan Tengah ini?


Sebenarnya simpel sekali, anda hanya memerlukan beberapa materi utama seakan-akan udang, pakis, daun jeruk, batang serai, santan, dan tempe.


Pertama kali anda harus menciptakan tempe goreng yang dibuat bulat-bulat dengan adonan berbagai macam materi seakan-akan bawang putih, lada, gula pasir, putih telur dan garam secukupnya yang kemudian digoreng sampai matang.


Selanjutnya menumis bumbu halus dan memasukan beberapa materi seakan-akan santan kemudian masukan tempe yang sudah digoreng ditambah dengan pakis. Dimasak sampai matang dan meresap ke dalam bola tempenya.


Lebih jelasnya, berikut ini saya paparkan untuk anda Resep dan Tips Trick Membuat Sambal Goreng Papai. Silahkan disimak baik-baik.











Bagi
(Sambal Goreng Papai, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 30 menit

: 20 menit

: 50 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Udang sebanyak kurang lebih 250 gram yang sudah dikupas kemudian dibuang kepalanya dan disisakan ekronya

  • Pakis muda sebanyak 200 gram

  • Sobek-sobek 1 lembar daun jeruk

  • Batang serai sebanyak 1 buah yang sudah dimemarkan

  • Santan sebanyak 500 ml

  • Garam sebanyak 1 sendok teh

  • Minyak goreng secukupnya



Bahan Bumbu Halus:



  • Bawang merah sebanyak 5 buah

  • Bawang putih sebanyak 2 siung

  • Cabai merah sebanyak 5 buah

  • Jahe seukuran 1 cm



Bahan Bola-bola Tempe:



  • Tempe sebanyak 250 gram yang kemudian dipotong-potong kemudian digoreng dan dihaluskan

  • Haluskan 2 siung bawang putih

  • Lada sebanyak ½ sendok teh

  • Gula pasir sebanyak 1 sendok teh

  • Putih telur yang diambil dari 1 buah telur

  • Garam sebanyak ½ sendok teh



Tips Trick Membuat Sambal Goreng Papai:



  1. Pertama anda harus menciptakan bola-bola tempe terlebih dahulu. Caranya siapkan wadah kemudian campurkan tempe yang sudah dihaluskan bersama bahan-bahan yang lain seakan-akan bawang putih yang sudah dihaluskan, lada, gula pasir, putih telur dan juga garam. Aduk semua materi sampai tercampur rata kemudian bentuk adonan bulat-bulat seakan-akan bola kecil. Lakukan ini sampai semua adonan habis.

  2. Selanjutnya siapkan wajan dan panaskan minyak goreng kemudian goreng adonan tempe yang sudah dibuat tadi sampai matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Setelah matang angkat bola tempe dan tiriskan.

  3. Kemudian siapkan kembali wajan dan beri seikit minyak kemudian tumis bumbu halus sampai harum kemudian tambahkan serai yang sudah dimemarkan tadi bersama dengan lengkuas dan sobekan daun jeruk. Aduk semua materi sampai harum dan layu.

  4. Setelah layu, barulah masukan udang yang sudah dikupas dan dibersihkan bersama dengan memasukan santan bertahap sambil diaduk-aduk dan masak sampai mendidih.

  5. Memasuki tahap tamat selanjutnya masukkan pakis muda dan bola-bola tempe. Aduk-aduk dan masak sampai bumbu meresap ke dalam pakis dan bola-bola tempe.

  6. Setelah matang dan sajikan pada piring saji dan hidangkan.

  7. Sambal Goreng Papai pun siap dinikmati.



Rekomendasi Resep : Kroket Tempe Sederhana Enak



Dengan kuah santan yang kental, gurih dan meresap ke dalam tempe bulatnya menyebabkan masakan ini cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat pada makan malam bersama keluarga.


Bagaimana pendapat anda, simpel bukan? Silahkan anda coba resepnya dirumah, siapa tahu anggota keluarga anda akan tertarik dengan resep masakan tempe yang gres ini.


Demikianlah Resep dan Tips Trick Membuat Sambal Goreng Papai yang mampu saya berikan untuk anda pada postingan kali ini. Mudah-mudahan mampu bermanfaat untuk anda.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Sambal Goreng Papai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel