Resep Dan Tutorial Menciptakan Sambal Lado Minang

Resep Masakan Khas Sumatera Barat – Masyarakat Indonesia yang sangat menyukai pedas membuat mereka kreatif untuk membuat suatu perhiasan kuliner yang pedas dan yummy bernama sambal. Ya, bagi masyarakat Indonesia, sambal merupakan hal yang sudah sangat akrab dengan keseharian mereka alasannya yaitu yakni biasa dijadikan sebagai perhiasan kuliner sehari-hari.


Banyak sekali macam-macam dari sambal ini. Hampir dari setiap kawasan mempunyai ciri khas dan rasa sambal yang berbeda-beda. Namun tetap sambal ini identik dengan rasa pedas.


Nah bagi anda yang sangat menyukai pedas tentu anda akan lebih menikmati kalau memakan suatu kuliner dilengkapi dengan adanya sambal. Selera makan anda akan terus bertambah dan tentu saja sensasi memakan sambal ini sangat unik.


Karena kalau rasanya sangat pedas, biasanya badan kita akan terasa hangat dan mengeluarkan keringat selain bibir kita yang akan terasa sedikit jontor. Tapi itulah enaknya makan dilengkapi dengan sambal.


Kali ini saya akan menunjukkan sebuah resep sambal yang sudah cukup terkenal di Indonesia, yakni Sambal Lado yang merupakan khas dari kawasan Minang atau Sumatera Barat.


Sambal Lado Minang ini semakin menjadi terkenal saat salah seorang penyanyi dangdut Indonesia menyanyikan sebuah lagu dengan judul yang sama. Anda pun niscaya sudah pernah mendengar lagunya.


Sesuai dengan lagunya bahwa Sambal Lado ini terasa panas dan pedas. Ya, alasannya yaitu yakni materi yang diperlukan untuk membuat Sambal Lado ini salah satunya yakni cabe merah dimana semua orang sudah mengetahui kepedasan dari cabe ini.


Dalam hal proses pembuatannya, Tutorial Membuat Sambal Lado ini hampir sama dengan tips trick membuat sambal pada umunya dan relatif mudah serta cepat. Dimana pada pada dasarnya semua materi dihancurkan atau dihaluskan.


Bagi anda yang ingin mencicipi bagaimana rasa dari sambal lado yang khas ini. Berikut ini saya jelaskan Resep dan Tutorial Membuat Sambal Lado Minang untuk anda.











Masyarakat
(Sambal Lado Minang, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 10 menit

: 20 menit

: 30 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Cabai Merah sebanyak 1 buah

  • Tomat sebanyak 5 buah

  • Bawang merah besar sebanyak 1 buah

  • Jahe seukuran 3 cm

  • Bawang putih sebanyak 5 siung

  • Iris halus 10 butir petai

  • Teri sebanyak 3 sendok makan

  • Daun kunyit sebanyak 1 lembar

  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar

  • Daun salam sebanyak 2 lembar

  • Santan sebanyak ½ kaleng

  • Minyak goreng sebanyak ½ gelas

  • Garam secukupnya



Tutorial Membuat Sambal Lado Minang:



  1. Siapkan blender, kemudian masukkan beberapa materi seolah-olah cabai, tomat, bawang merah, jahe dan bawang putih. Haluskan semua materi tersebut dengan blender sampai benar-benar halus.

  2. Setelah halus, angkat kemudian masukkan ke dalam panci.

  3. Simpan panci diatas kompor kemudian nyalakan api, set api pada api sedang kemudian masukkan beberapa sisa materi lainnya seolah-olah irisan halus petai, teri, daun kunyit, daun jeruk, daun salam, santan dan juga minyak goreng. Aduk-aduk sampai merata kemudian masak sampai adonan materi tidak lagi berair dan berminyak.

  4. Kemudian angkat sambal dan sambal lado minang pun siap disajikan bersama kuliner yang lain sebagai pelengkap.



Sambal Lado Minang ini sangat cocok disajikan dengan aneka macam kuliner khas Indonesia lainnya terutama kuliner yang berasal dari kawasan Sumatera juga. Namun anda patut mencobanya dirumah.


Demikianlah yang sanggup saya tulis pada postingan kali ini mengenai Resep dan Tutorial Membuat Sambal Lado Minang. Mudah-mudahan sanggup bermanfaat untuk anda semua.


Jangan lupa untuk membaca resep lainnya dan berlangganan Resep Masakan Indonesia langsung ke alamat email anda.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Sambal Lado Minang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel