Resep Kuliner Ayam Rica Rica Super Pedas

Resep Masakan Ayam (Khas Sulawesi Utara) – Dalam banyak sekali hal, Indonesia memang sangat beragam dan tidak ada habisnya, termasuk resep dan sajian masakannya dimana masing-masing tempat mempunyai citarasa yang khas dan tentu saja selalu menggoda kita untuk mencicipinya.


Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas suatu resep makanan ayam yang sangat populer dari tempat Manado, Sulawesi Utara. Ada yang tahu? hmm…ya betul, saya akan memberikan Resep Masakan Ayam Rica Rica Super Pedas untuk anda.


Kenapa disebut Rica Rica? ya karena adalah yaitu materi makanan ayam ini didominasi oleh cabe yang sangat pedas. Nah, bagi anda yang menyukai makanan pedas, jangan pernah mengaku penggemar makanan pedas kalau belum mencobanya.



Saking terkenalnya, makanan ayam rica rica ini sampai masuk ke dalam daftar sajian hampir semua restoran-restoran besar sampai warung-warung nasi. Sehingga, tidak hanya orang manado saja yang sanggup merasakan makanan ini, anda pun mungkin pernah mencicipinya.


Rasanya yang super pedas menggigit lidah ditambah empuk dan gurihnya ayam, menciptakan ayam rica rica ini sangat cocok dimakan bersama nasi pulen yang hangat. Dan tidak jarang banyak diantara kita mungkin bertanya-tanya apa sih belakang layar kelezatan makanan ini.


Sebenarnya yang menciptakan Resep Masakan Ayam Rica Rica terasa sangat enak terletak pada bahan-bahan yang digunakan. Misalnya bumbu-bumbu makanan yang dipakai seolah-olah bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan sebagainya itu haruslah yang lokal, karena adalah yaitu apabila kita memakai bumbu-bumbu import akan mengurangi kelezatan ayam rica rica ini.


Selain itu, ayam yang dipakai juga haruslah diperhatikan. Ayam harus segar dan belum pernah dbekukan sehingga serat-serat daging ayamnya tidak mengalami perubahan dan tidak akan mempengaruhi terhadap rasa ayamnya nanti ketika diolah. Dan satu lagi, akan lebih nikmat jikalau kita memakai ayam lokal/ayam kampung.


Baiklah anda niscaya sudah tidak tabah ingin mengetahui lebih jelas wacana Resep Masakan Ayam Rica Rica Super Pedas, silahkan anda simak resepnya berikut ini:











Indonesia
(Ayam Rica Rica Super Pedas, Sumber Foto: flickrdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 30 menit

: 30 menit

: 60 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Mudah



Bumbu-bumbu yang harus anda siapkan:



  • 1 ekor ayam segar sebagai materi utamanya dengan ukuran sedang. Bersihkan ayam sampai bersih, jangan lupa buang jeroannya kemudian anda potong-potong ayam menjadi 10 – 15 belahan atau sesuai selera anda.

  • 4 siung bawang putih dengan ukuran sedang kemudian kupas kulitnya dan haluskan. Gunakanlah bawang putih yang lokal dan haluskan di tempat ulekan/cobek jangan dihaluskan memakai blender. Bawang putih ini dipakai untuk bumbu tumisan.

  • 8 siung bawang merah ukuran sedang dikupas kulit dan haluskan seolah-olah bawang putih. Bawang merah ini akan dipakai sebagai bumbu tumisan dan juga lebih baik memakai bawang lokal.

  • 18 buah cabe merah besar ukuran sedang. Cuci bersih cabe merahnya dan haluskan dengan cara diulek untuk bumbu tumis. Cabai merah ini jumlahnya sanggup ditambah sanggup juga dikurangi, sesuaikan dengan selera anda dan keluarga.

  • Cuci bersih dan ulek sampai halus 6 buah cabe rawit merah. Sama dengan cabe merah, cabe rawit ini juga jumlahnya sanggup ditambah atau dikurangi disesuaikan saja dengan selera anda. Kalau anda suka dengan tantangan, 6 buah cabe rawit niscaya tidak akan cukup.

  • Memarkan 2 buah batang sereh denga ukuran sedang. 

  • 1 buah jahe ukuran sedang kemudian memarkan atau digeprek. Hal ini agar jahenya sanggup menyatu atau meresap dengan bumbu lainnya.

  • 7-8 lembar daun jeruk ukuran sedang.

  • Siapkan garam secukupnya.

  • Gula merah secukupnya.

  • 200 cc air bersih.

  • Minyak sayur secukupnya yang nanti akan dipakai untuk menggoreng dan menumis bumbu.



Tips Trick Membuat Resep Masakan Ayam Rica Rica Super Pedas:



  1. Pertama anda siapkan wajan, kemudian masukkan minyak dan panaskan dengan api sedang. Goreng belahan ayam yang telah dicuci bersih tadi. Jangan menggoreng belahan ayam itu sampai matang tapi cukup digoreng sampai setengah matang. Setelah itu angkat dahulu dan tiriskan.

  2. Setelah akhir menggoreng semua belahan ayam, tumis semua bumbu tumisan yang telah disiapkan tadi seolah-olah bawang putih, bawang merah, cabe rawit dan cabe merah besar di atas api sedang. Tapi ingat, terlebih dahulu anda harus mengurangi jumlah minyak dalam wajan sebelum menumis, gunakan minyak secukupnya saja.

  3. Tumislah semua bumbu tersebut sampai harum sambil diaduk-aduk.

  4. Setelah tercium anyir harum, brarti saatnya memasukkan belahan ayam goreng setengah matang tadi yang sudah ditiriskan dan kemudian aduk-aduk sebentar ke dalam bumbu tumisan sampai benar-benar bumbu tumisan itu rata atau meresap ke dalam ayam goreng tadi.

  5. Terus aduk-aduk sambil masukkan air bersih secukupnya dan aduk-aduk lagi sampai semua materi tercampur dengan rata.

  6. Setelah dirasa sudah merata saatnya anda memasukan sisa bumbu-bumbu tadi seolah-olah batang sereh, jahe, daun jeruk nipis dan sedikit gula. Aduk-aduk kembali sampai rata.

  7. Setelah ayam dirasa sudah benar-benar matang dan empuk, kecilkan api kompornya kemudian cicipi terlebih dahulu. Apabila terasa ada yang kurang anda tinggal menambahkan garam atau gula atau bahkan penyedap rasa.

  8. Supaya bumbu-bumbunya sanggup meresap ke dalam daging ayamnya, aduk-aduk terus diatas api kecil.

  9. Apabila sudah merata dan meresap bumbu-bumbunya anda tinggal mengangkatnya dan aym rica rica pun sudah siap untuk dihidangkan.

  10. Sebagai pelengkap, sajikan ayam rica rica ini dengan nasi pulen yang hangat. Tentu akan menambah selera makan anda.



Rekomendasi Resep : Resep Masakan Ayam Goreng Kremes Yang Bikin Gemes


Jika anda membeli makanan ayam rica rica di restoran mungkin akan sedikit mahal, tapi ketika anda sanggup membuatnya dirumah, selain enak, gurih dan tentunya higienis. Selain itu membuatnya pun tidak terlalu susah seolah-olah apa yang anda bayangkan.


Yang anda perlukan hanyalah tekad dan kemauan untuk menciptakan makanan super enak super pedas dirumah.


Semoga Resep Masakan Ayam Rica Rica Super Pedas ini sanggup membantu anda yang sedang keranjingan makan ayam rica rica atau anda yang suka dengan makanan pedas. Jika anda suka dengan resep yang saya sajikan, silahkan berikan komentar anda dan tolong bagikan resepnya agar lebih banyak lagi teman-teman yang sanggup merasakan makanan super pedas seolah-olah yang saya rasakan.



Baca juga resep makanan ayam pedas lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Ayam Rica Rica Super Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel