Resep Makanan Oeiloni

Resep Masakan Ikan (Khas Gorontalo) – Oeiloni? Bagi anda yang bukan orang Gorontalo niscaya aneh mendengar nama tersebut. Oeiloni merupakan sebuah makanan ikan khas dari Gorontalo. Ikan yang dipakai ialah ikan kuwe.


Ikan Kuwe? Apalagi nih, ini ikan apa kuwe (baca: kue)? Hehe Ikan Kuwe merupakan sebutan untuk ikan scad atau jack. Ikan ini disebut juga ika Giant Travelly. Kalau anda sering menonton program mancing di salah satu tv swasta anda niscaya pernah mendengar nama ikan ini.


Ikan kuwe mempunyai ukuran cukup besar. Ikan ini mampu tumbuh dengan ukuran sampai 170 cm dan berat 80 kg. Ikan ini habitatnya di muara-muara sungai. Oleh alasannya yaitu itu, ikan ini banyak terdapat di daerah Gorontalo.


Karena di Gorontalo mampu menerima ikan kuwe dengan mudah makanya Gorontalo mempunyai menu makanan yang diberi nama Oeiloni.


Namun jangan khawatir, Ikan Kuwe ini sudah mampu kita dapatkan dengan mudah ko di pasar-pasar ikan bahari atau pusat penjualan ikan laut. Makara anda mampu menciptakan makanan ini sendiri di rumah anda.


Tips Trick menciptakan Oeiloni ini ialah dengan di bakar. Jadi, menyerupai bakar ikan pada umumnya. Tapi tentu peracikan bumbu-bumbu yang digunakanlah yang menciptakan Oeiloni ini luar biasa.


Rasa ikan kuwe yang unik dan dicampur dengan bumbu-bumbu rempah menyerupai jahe, cabe merah, bawang merah dan bawang putih, akan menciptakan rasa ikan kuwe yang khas.


Sudah tidak tabah bukan? Prosesnya sederhana saja ko. Silahkan disimak Resep Masakan Oeiloni dibawah ini dengan baik.











Bagi
(Oeloni, Sumber Foto: resepmasakanmudahdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 20 menit

: 35 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 – 5 orang

: Mudah



Bahan-bahan :



  • 1 ekor (1 kg) ikan kuwe

  • 1 sendok makan garam

  • 1 buah jeruk nipis kemudian ambil airnya

  • 5 sendok makan minyak goreng



Bumbu halus :



  • 150 gram cabe merah

  • 8 buah bawang merah

  • 2 siung bawang putih

  • 1 cm jahe

  • 1 sendook teh garam



Tips Trick menciptakan Oeiloni :



  1. Pertama tentu saja membersihkan ikan dari sisik kemudian buang insang dan jeroan/isi perut si ikan.

  2. Pastikan ikan sudah dicuci bersih, kemudian taburi garam dan air jeruk nipis, lumurkan pada ikan sampai semua potongan ikan terlumuri dengan baik. Lalu diamkan selama 10 menit sampai meresap.

  3. Kemudian lumuri kembali ika dengan sebagian bumbu halus dan diamkan sebentar saja.

  4. Selanjutnya siapkan pembakaran ikan dan bakar ikan daiatas arang sampai matang dan berbau harum. Angkat kemudian sisihkan.

  5. Siapkan wajan, masukan minyak, panaskan dan tumis bumbu halus sampai harum dan matang.

  6. Angkat bumbu halus dan siramkan pada ikan yang sudah dibakar tadi.

  7. Oeiloni pun siap untuk dinikmati.



Rekomendasi Resep : Lempah Kuning Khas Bangka Belitung


Oeiloni ini merupakan makanan ikan yang sering dinikmati dipinggir pantai. Dengan suasana pantai yang hangat ditambah pemandangan bahari yang indah. Tentu makanan ini akan menjadi sangat pas untuk disantap.


Tapi Resep Masakan Oeiloni ini pada umumnya mampu dibentuk dimana saja dan kapan saja. Andapun mampu membuatnya kini dirumah dengan resep yang kami berikan. Makara tunggu apa lagi, silahkan anda buat Oeiloni nya dirumah.


Kalau anda dirumah kini masak apa? Silahkan berikan akibat anda di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan resep ini ya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Makanan Oeiloni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel