Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung

disini).


Untuk itu, Bangka Belitung pun punya resep sate yang tidak kalah menariknya dari daerah-daerah lain. Sate ini berbahan dasar daging sapi yang dicincang halus dan dibuat bulat seolah-olah kelereng yang ditusuk oleh tusukan sate.


Itu kenapa sate ini disebut Sate Pentul Daging Sapi.


Sebenarnya sate ini cukup sederhana dan hampir sama dengan sate pada umumnya dalam hal pembuatannya. Namun tidak ada salahnya bila kita mencoba membuatnya dirumah.


Hal ini karena yakni tentu saja, materi yang dipakai untuk menciptakan sate ini sedikit berbeda dengan materi sate lainnya. Dan itulah yang menciptakan sate ini mempunyai ciri khas tersendiri.


Bahan yang dipakai untuk menciptakan sate, selain daging sapi, yakni bawang merah, bawang putih, pala halus, ketumbar dan jintan yang sudah disangrai, garam dan juga merica. Inilah diam-diam bumbu yang dipakai sate khas Bangka Belitung.


Namun untuk sambal/sausnya, kita hanya memerlukan kecap manis, bawang merah, cabe rawit merah serta jeruk limau. Cukup sederhana tapi akan menciptakan sate pentulya lebih istimewa.


Bagaimana cara membuatnya? Berikut klarifikasi Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung untuk anda semua.











Bangka
(Sate Pentul Daging Sapi, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 40 menit

: 60 menit


Disajikan untuk

Level


: 3 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • Cincang halus 500 gram daging sapi

  • Bawang merah sebanyak 6 butir

  • Bawang putih sebanyak 4 siung

  • Pala halus sebanyak ¼ sendok teh

  • Sangrai ketumbar sebanyak ¼ sendok teh

  • Sangrai jintan sebanyak ¼ sendok teh

  • Garam dan merica secukupnya

  • 12 buah tusuk sate



Bahan Sambal Kecap:



  • Kecap elok sebanyak 5 sendok makan

  • Bawang merah sebanyak 3 butir

  • Cabai rawit merah sebanyak 6 buah

  • Jeruk limau sebanyak 2 buah



Tips Trick Membuat Sate Pentul Daging Sapi:



  1. Siapkan ulekan kemudian masukan bahan-bahan seolah-olah bawang merah, bawang putih, ketumbar dan jintan. Ulek semua materi tersebut sampai benar-benar halus kemudian tambahkan pala halus dan aduk-aduk sampai tercampur rata.

  2. Selanjutnya daging sapi yang sudah dicincang halus dicampurkan dengan bumbu halus yang sudah dibuat diberi garam dan merica secukupnya. Aduk semua materi dan pastikan daging sapi tercampur dengan baik.

  3. Setelah tercampur kemudian ambil daging dan bentuk bulat sebesar kelereng kemudian tusukan pada tusuk sate. Lakukan hal ini sampi daging habis dan sisihkan.

  4. Berikutnya siapkan arang, nyalakan, kemudian bakar sate tadi diatas arang sampai matang atau berubah warna. Angkat kemudian sisihkan.

  5. Kemudian menciptakan sambal kecap. Caranya iris tipis bawang merah beserta cabe rawit kemudian campurkan dengan kecap manis, aduk-aduk kemudian beri air perasan jeruk limau diatasnya. Aduk kembali sampai tercampur rata.

  6. Tahap simpulan yakni penyajian. Siapkan piring saji kemudian letakan sate yang sudah matang dan siram dengan sambal kecap tadi diatas sate.

  7. Sate Pentul Daging Sapi pun siap untuk dinikmati.



Rekomendasi Resep : Daging Kambing Rica Rica Pedas


Sate ini sangat cocok bila dikonsumsi dengan nasi putih hangat yang pulen. Tentu akan menambah selera makan anda.


Jika anda tidak suka dengan sambal kecapnya, anda boleh menciptakan sambal lain kesukaan anda, baik itu sambal kacang ataupun sambal yang lainnya. Saya sendiri lebih suka dicampur dengan saus sambal yang pedas.


Demikian Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung yang mudah-mudahan sanggup menambah wawasan anda perihal makanan sate dan makanan Indonesia tentunya.


Ayo bergabung dengan saya dengan cara subscribe di kotak berlangganan dibawah ini. Bantu juga saya untuk share resep ini kepada para pecinta makanan Indonesia lainnya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Sate Pentul Daging Sapi Khas Bangka Belitung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel