Aneka Makanan Tradisional Jawa Tengah

Masakan Tradisional Jawa Tengah – bagi kita pecinta kuliner, berburu banyak sekali jenis masakan yummy dan yummy memang sudah menjadi salah satu penggalan yang tidak mampu dipisahkan. Kalau sebelumnya kita sudah banyak membahas mengenai banyak sekali jenis resep masakan serta panduan memasak maka kali ini kita akan membuatkan sedikit mengenai tumpuan masakan pilihan khususnya yang merupakan jenis masakan tradisional. Tak kalah dengan daerah lain, Jawa Tengah juga banyak mempunyai kekayaan masakan yang patut untuk dicoba. Ada banyak masakan tradisional yang mampu kita nikmati kala kita berkunjung ke daerah tersebut. 

Berbagai masakan Jawa Tengah tersebut mempunyai cita rasa khas yang sejalan dengan kultur budaya yang ada di daerahnya. Sudah tidak heran memang karena adalah masing-masing tangan akan menghasilkan sebuah olahan yang rasanya tentu saja berbeda. Bahkan untuk satu jenis masakan dengan resep yang sama yang dihasilkan dari tangan berbeda pun akan menghasilkan rasa yang berbeda.


Pecinta masakan dalam negeri mungkin sebagian besar telah erat dengan banyak sekali masakan atau masakan dari daerah ini. Beberapa diantaranya memang sudah cukup banyak dikenal sampai di banyak sekali pelosok negeri dan bahkan beberapa masakan lain sudah banyak yang mampu menciptakan sendiri di rumah. Nah, bagi penikmat masakan daerah yang tak sempat bepergian mampu mencoba panduan resep yang ada di situs ini. Beberapa masakan tradisional dari Jawa Tengah yang yummy dan yummy serta sudah populer di mana-mana antara lain sebagai berikut.



Lumpia Semarang

Jenis jajanan yang satu ini sejatinya mempunyai perpaduan cita rasa lokal dan juga Tionghoa mengingat asal ajakan dari masakan ini pertama kali di buat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan warga Semarang. Dilihat dari bentuknya, lumpia ini merupakan jenis masakan isi sejenis risoles yang di dalamnya terdapat beberapa materi isian. 


Makanan ini cukup khas dan sangat nikmat jikalau disantap dikala hangat. Lebih yummy lagi jikalau ditambahkan dengan sedikit saus kental elok yang menciptakan rasa dari lumpia semarang ini sangat banyak disukai para wisatawan. Di dalamnya terdapat rebung, ayam, telur, dan udang yang sangat yummy dan pas dikala dipadukan dengan saus kental manisnya.


Masakan ini biasanya juga cocok di hidangkan hangat sebagai pendamping minum teh atau kopi baik di pagi maupun disore hari. Rasanya yang yummy akan menciptakan suasana kalem terasa lebih hangat. Nah, jikalau tidak mampu jauh-jauh ke Semarang untuk menikmati jajanan ini lebih baik sajikan sendiri di rumah dengan panduan resep yang ada, benar tidak? Bagi yang ingin mencar ilmu membuatnya silahkan ikuti panduan cara menciptakan lumpia semarang.


Soto Kudus

Jenis masakan ini memang variasinya cukup banyak di banyak sekali daerah di tanah air. Untuk soto ini kebanyakan namanya juga akan sesuai dengan daerah asalnya seakan-akan soto yang berasal dari daerah Kudus Jawa Tengah ini. Seperti kita tahu, Kudus memang populer dengan sotonya yang khas dan nikmat. 


Jika kita lihat sepintas, soto tersebut memang sama seakan-akan soto pada umunya, namun sehabis anda mencicipi rasanya, tentu anda akan mencicipi kenikmatan tersendiri yang akan menciptakan anda tiba lagi untuk menikmati soto Kudus ini. Ada 2 pilihan untuk soto kudus, adalah soto ayam dan soto kerbau. Kedua pilihan tersebut dibedakan dari daging yang digunakan. Ingin menyajikan soto ini di rumah, mari mencar ilmu memasaknya dengan panduan cara menciptakan soto kudus sendiri.


Nasi Gandul Pati

Jenis masakan yang satu ini termasuk jenis masakan berkuah yang tentunya rasanya akan sangat segar. Seperti kebanyakan model masakan kuah, nasi gandul ini memang mempunyai cita rasa yang sangat kental berkat banyak sekali rempah bumbu yang digunakan. Nasi gandul ini memang sangat khas bumbu dan rasanya dikala dinikmati pribadi dari kota Pati. Kuah yang segar dan lauk daging sapi yang sudah diolah menjadi perhiasan untuk menikmati nasi gandul ini.


Masakan tradisional ini tentu saja mampu kita sajikan sendiri di rumah jikalau kita mau mencar ilmu resep masakan daerah yang ada di situs ini. Dengan begitu kita mempunyai kesempatan membawa cita rasa masakan ini ke rumah sendiri.


Nasi Liwet Solo

Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, dan disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang gurih dan nikmat akan menciptakan lidah dan perut anda ingin selalu memakannya.


Bisa dikatakan bahwa nasi liwet ini hampir sama dengan jenis nasi uduk karena adalah nasi liwet ini memang merupakan nasi gurih. Yang menciptakan masakan ini Istimewa adalah penyajiannya yang masih memakai lauk tambahan dengan kombinasi yang cukup menarik. Kalau ingin mencoba menyajikannya sendiri silahkan pelajari terlebih dahulu caranya di panduan cara menciptakan nasi liwet solo enak.


Mendoan Purwokerto

Siapa yang tak kenal dengan mendoan, jenis masakan ini bukan hanya sudah populer di daerah asalnya melainkan sudah dikenal luas di kalangan masyarakat kita. Mendoan sendiri berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Meskipun tidak benar – benar matang, mendoan ini sangat kondusif untuk dikonsumsi karena adalah tempe yang menjadi materi dasarnya mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi.




berburu



Berbagai Masakan Tradisional Jawa Tengah di atas mampu kita nikmati kala kita berwisata atau berkunjung ke Jawa Tengah. Tapi, jikalau kita ingin menyantap banyak sekali masakan tersebut di rumah sendiri maka kita mampu mencar ilmu memasak masakan tradisional tersebut dengan panduan resep yang sudah di siapkan di situs masakan khas daerah ini. Dengan menciptakan dan menyajikan sendiri masakan tersebut di rumah maka sesekali kita mampu mengobati kerinduan kita terhadap cita rasa masakan dari jawa tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Aneka Makanan Tradisional Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel