Masakan Kawasan Jawa

Menu Masakan dari Daerah Jawa – Jawa merupakan salah satu wilayah Indonesia yang kaya keragaman termasuk juga keragaman warisan masakan nusantara. Di pulau jawa banyak sekali terdapat masakan khas tempat yang mempunyai ciri khas masing-masing. Keunikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi kita para pecinta masakan yang tentunya tidak akan pernah melewatkan kekayaan masakan yang ada tersebut. Bukan hanya satu dua namun sudah banyak masakan dari tempat Jawa yang populer di banyak sekali tempat bahkan di luar negeri.


Berbicara mengenai masakan tempat jawa tentu saja kita akan berbicara mengenai keunikan dari cita rasa masakan dari banyak sekali tempat di pulau tersebut. Bagi penduduk orisinil mungkin hal mirip ini sudah kurang begitu menarik namun bagi yang berasal dari luar tempat maka cita rasa khusus yang ada di masing-masing tempat tersebut menjadi salah satu yang wajib kita coba dan nikmati.


Secara umum, banyak sekali masakan jawa akan terasa lebih anggun jikalau dibandingkan dengan masakan tempat lain. Namun ada juga yang mempunyai cita rasa sedikit berbeda contohnya saja di tempat Jawa Tengah cenderung lebih pedas dan banyak memakai terasi dan kencur. Lain halnya dengan masakan dari Jawa Timur yang lebih populer dengan rasa petis khas pesisir-nya. Memang masing-masing mempunyai keunikan tersendiri, banyak sekali ciri masakan jawa tersebut tentu akan lebih terang jikalau kita coba mencicipi banyak sekali masakan yang ada.


Terlalu banyak jikalau pada kesempatan ini kita bahas satu persatu, yang terang untuk banyak sekali masakan atau masakan tersebut terdiri dari beberapa tempat yaitu masakan dari daerah:


1. Jawa Barat

2. Jawa Tengah

3. Yogyakarta

4. Jawa Timur



Masakan Daerah Jawa Barat




Jenis masakan unik pertama yang banyak digemari oleh para pecinta masakan nusantara ialah banyak sekali masakan yang berasal dari tempat jawa barat. Kuliner dari tempat ini – mirip masakan dari tempat lain – mempunyai banyak keunikan dan cita rasa yang tiada tandingan. Banyak jenis masakan Istimewa yang niscaya akan menciptakan kita ketagihan untuk merasakannya. Makanan tersebut tersebar di banyak sekali tempat yaitu sebagai berikut:

– Bandung-Priangan


– Sumedang

– Cianjur

– Tasikmalaya

– Majalengka

– Kuningan

– Garut

– Cirebon

– Bogor

– Sukabumi

– Karawang

– Purwakarta

Lihat >> Daftar Lengkap Masakan dari Jawa Barat


Kalau yang berdekatan memang berdasarkan saya pribadi cita rasa masakannya tidak terlalu berbeda jauh, namun jikalau lidah kita cukup jeli maka kita mampu membedakan dengan terang banyak sekali cita rasa yang disuguhkan dari banyak sekali masakan yang ada.


Karena begitu banyaknya jenis masakan atau masakan yang ada maka pada artikel ini tidak dibahas secara khusus masing-masing masakan dari daerah-daerah tersebut. Jika anda ingin lebih terang mengenai banyak sekali masakan atau masakan dari Jawa Barat ini silahkan lihat daftar lengkapnya. 




Masakan Daerah Jawa Tengah



Daerah jawa lainnya juga tak kalah kaya dalam urusan kuliner. Untuk Jawa Tengah kita juga akan menerima banyak sekali variasi masakan yang mampu memuaskan lidah kita. Mulai dari jenis jajanan pasar, masakan khusus hari besar sampai dengan banyak sekali sajian sehari-hari. Dari minuman juga banyak ragamnya, kita niscaya akan kewalahan jikalau hendak mencicipi banyak sekali keunikan yang disajikan masing-masing tempat tersebut. Daftar lengkap keragaman masakan dari tempat ini yaitu masakan dari:
– Semarang

– Kota Karanganyar Kebumen

– Salatiga

– Magelang

– Sragen

– Tegal

– Banyumas

– Sumpiuh

– Pekalongan

– Jepara

– Pati

– Kudus

– Rembang

– Blora

– Demak

– Solo

Lihat >> Daftar Lengkap Masakan dari Daerah Jawa Tengah

Agar tidak penasaran, jikalau ada waktu sesekali kita mampu jalan-jalan sembari menikmati kekayaan masakan dari tempat tersebut. Selain itu, sehabis mencicipi banyak sekali sajian dari tempat tersebut kita juga mampu mencoba banyak sekali resep masakan yang kita sukai.




Masakan Daerah Yogyakarta



Yang paling populer dan paling banyak disukai biasanya yang berasal dari tempat Jogja. Entah alasannya yakni keunikan, rasanya yang enak atau alasannya yakni dampak lain, bagi pemburu masakan dan masakan enak tentu dari manapun niscaya akan dikejar.


Tidak berbeda dengan kekayaan masakan Yogyakarta, banyak yang suka dan bahkan bersedia susah payah untuk mempelajari banyak sekali masakan yang di sukai. Buktinya saja, di website ini banyak yang mencari panduan tips trick memasak untuk banyak sekali masakan dari tempat tersebut. Masakan – masakan tersebut mampu kita coba di tempat berikut:
– Bantul


– Sleman

– Gunung Kidul

– Kulon Progo

– Kota Jogja

Lihat >> Daftar Lengkap Masakan dari Daerah Yogyakarta

Memang mirip tidak ada habisnya. Kalau berbicara kasus perut selalu saja berujung rasa lapar dan keinginan yang tinggi untuk menyantap banyak sekali hidangan istimewa tersebut.




Masakan Daerah Jawa Timur



Untuk melengkapi pembahasan kita mengenai Masakan Daerah Jawa ini kita akan akhiri pembukaan atau pengantar ini dengan membahas beberapa masakan yang berasal dari Jawa Timur. Jawa Timur mempunyai banyak tempat dengan kekayaan masakan yang mengagumkan. Kalau tidak percaya anda mampu berkunjung ke salah satu tempat di bawah ini.
– Surabaya

– Sidoarjo

– Pasuruan

– Mojokerto

– Ponorogo

– Lamongan

– Jombang

– Kediri

– Banyuwangi

– Madiun

– Magetan

– Malang

– Gresik

– Nganjuk

– Bondowoso

– Jember

– Bojonegoro

– Madura


Lihat >> Daftar Lengkap Masakan dari Daerah Jawa Timur

Sama sekali tidak ada satu pun nama masakan dari jawa yang disinggung pada artikel ini, tapi anda tidak perlu binatang alasannya yakni ini memang hanya pengantar untuk pembahasan banyak sekali jenis masakan yang berasal dari pulau jawa. Untuk menerima banyak sekali jenis masakan yang ada kita tinggal mengikuti tautan yang sudah disediakan.



Jawa


Sedikit klarifikasi mengenai Masakan Daerah Jawa ini biar saja mampu menjadi jalan masuk untuk kita semua yang ingin tahu lebih banyak mengenai banyak sekali masakan Jawa tersebut. Pada pembahasan lain kita akan dipandu untuk mengenal banyak sekali jenis masakan dari masing-masing daerah. Kita juga akan menerima informasi mengenai tips trick memasak atau resep masakan untuk banyak sekali sajian yang kita sukai.

Belum ada Komentar untuk "Masakan Kawasan Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel