Resep Ayam Kelak Bage Khas Daerah Lombok

Hari ini kita akan menciptakan kreasi sup ayam, nama kuliner ini adalah ayam kelak bage, yang merupakan masakan khas dari tempat Lombok. Rasa yang saya gemari dari hidangan ayam khas ini adalah rasa asam segar yang berasal dari daun kedondong yang merupakan materi dalam menciptakan ayam kelak bage. Resep selengkapnya mari kita kupas habis berikut ini.




Ya, seperti dari namanya kuliner yang satu ini juga merupakan kreasi kuliner dengan materi dasar ayam jadi bagi penggemar ayam nusantara tampaknya wajib ikut dalam ajang kreasi kuliner khas tempat ini khususnya bagi yang belum pernah sama sekali mencoba hidangan ini supaya tidak ketinggalan enak nya. Untuk yang sudah pernah mencoba, bagaimana kalau mengikuti saya berkreasi dengan hidangan ini untuk melengkapi kuliner ayam berkuah yang sering dijumpai.


Masakan dari Lombol ini adalah salah satu kuliner berkuah tetapi tidak memakai santan seperti pada kuliner berbahan dasar ayam yang biasa kita buat. Masakan ini meski memakai ayam namun mempunyai cita rasa yang berbeda sebab kombinasi bumbu yang diberikan. Dalam kuliner ini kita memakai daun kedondong yang tentunya sanggup kita tebak bagaimana rasa yang dihasilkan.




Bahan Masakan Ayam Kelak Bage 


Ayam kelak bage ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah untuk kita siapkan baik itu materi dasarnya maupun materi bumbu rempahnya. Agar bisa segera memulai, mari kita siapkan pribadi bahan-bahan untuk resep Istimewa ini sebagai berikut:


Bahan dasar


  • 1 ekor ayam kampung, potong-potong

  • 1 liter air

  • 2 buah MAGGI ® Blok Rasa Ayam

  • 30 gram daun asam Jawa atau daun kedondong

  • 1 sendok makan minyak sayur


Untuk materi dasar, kuliner khas tempat ini memakai materi dasar berupa daging ayam adalah daging ayam kampung. Selain itu kita juga membutuhkan maggi blok dengan rasa dan daun asam jawa. Ada lagi daun buah kedondong dan juga minyak sayur. Yang menguatkan rasa pada kuliner ini antara lain adalah adanya daun asam jawa dan juga daun kedondong yang akan menambah besar lengan berkuasa rasa segar dari kuliner yang di hasilkan. 


Bahan halus


  • 5 butir bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 6 butir kemiri

  • ½ cm lengkuas

  • 1 sendok teh ketumbar sangrai

  • 1 sendok teh merica butiran

  • 2 sendok teh garam


Untuk bumbu kita memakai aneka macam bumbu rempah yang biasa kita gunakan dalam memasak daging. Diantara bumbu tersebut ada bawang, kemiri, lengkuas, ketumbar dan juga merica. Yang sedikit berbeda dengan bumbu ini adalah penggunaan ketumbar yang di sangrai terlebih dahulu. 




Tutorial Membuat Ayam Kelak Bage Khas Lombok


Tutorial menciptakan hidangan khas ini tidak sulit, hanya beberapa langkah saja dan kuliner ini akan siap untuk disajikan. Langkah-langkah membuatnya yaitu:


  1. Pertama tumis bumbu halus sampai harum. 

  2. Kemudian masukkan kepingan ayam, aduk sampai kaku. 

  3. Setelah itu masukkan air dan masukkan Maggi. 

  4. Didihkan dengan api kecil sampai daging ayam lunak.

  5. Terakhir Masukkan daun kedondong, masak sampai layu. Angkat dan sajikan selagi hangat.


Untuk menciptakan hidangan ini semoga lebih Istimewa gunakan ayam kampung yang masih muda untuk menerima kaldu yang lebih gurih dan daging yang lebih lembut.



Rasa



Untuk daun kedondong bisa diganti dengan yang sejenis yang bisa menghasilkan aroma dan rasa asam yang segar. Oke sampai disini saja uraian saya, selamat mencoba Resep Ayam Kelak Bage Khas Daerah Lombok tersebut.



Belum ada Komentar untuk "Resep Ayam Kelak Bage Khas Daerah Lombok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel