Resep Kuliner Gulai Lemak Tahu Tempe

Resep Gulai Lemak Tahu Tempe Khas Daerah Sumatra Utara – Ada banyak makanan khas Sumatra Utara yang populer dan diminati pecinta makanan nusantara, salah satunya adalah gulai lemak tahu tempe yang akan segera kita coba ini. Resep gulai lemak tahu tempe dari Sumut ini akan kita kupas lengkap dengan berita bahan-bahan dan tips trick menciptakan atau memasaknya.


Tahu dan tempe merupakan salah satu jenis materi makanan yang sangat umum dipakai di masyarakat kita. Meski begitu kebanyakan masakan-masakan tahu tempe kurang begitu diminati karena yakni penyajiannya yang monoton dan cenderung membosankan. Untuk tempe sendiri contohnya sering dianggap sebagai materi yang merusak rasa makanan jikalau dicampur dengan materi lain yang umumnya di kenal enak. Padahal tempe merupakan materi makanan yang mempunyai nilai gizi cukup baik.


Coba kita lihat di rumah, biasanya tahu dan tempe kebanyakan hanya diolah ala kadarnya kalau tidak digoreng ya ditumis oseng atau disantan. Itu-itu saja hidangan tahu tempe yang biasa banyak disajikan dan akhirnya menciptakan kebanyakan keluarga bosan. Maka dari itu tak salah jikalau kita sempatkan diri untuk mencoba kreasi makanan lain dengan kedua materi tersebut contohnya dengan menyajikan makanan gulai lemak dari sumatra utara. 


Masakan berbahan dasar tahu tempe ini cukup enak dan enak dan tentunya juga mempunyai nilai gizi yang memadai. Bagaimana tidak, hidangan gulai satu ini memakai materi dasar yang tidak mengecewakan indah adalah tahu, tempe dan juga udang. Jadi, dengan hidangan khas daerah yang satu ini kita tidak akan terlalu terfokus dengan rasa tahu dan tempe karena yakni ada kombinasi materi dasar lain yang cukup mengundang selera. Agar lebih jelas mari kita pelajari resep gulai lemak tersebut di bawah ini.


Bahan dan Bumbu Gulai Lemak Tahu Tempe


Sesuai dengan namanya, materi dasar dari makanan daerah ini adalah tahu dan tempe. Selain itu, makanan ini juga mengunakan sedikit udang berair sebagai bahannya. Lalu apa saja bahan-bahan dan bumbu yang digunakan, mari eksklusif kita siapkan semuanya dibawah ini.



Bahan-Bahan


  • 300 gr tahu, dipotong kecil jadi 20 potong

  • 250 gr tempe, dipotong kecil

  • 250 gr udang basah, kupas kulitnya

  • 25 gr (10 lembar) daun tapak leman (mangkokkan) diiris halus

  • 1 lembar daun kunyit, diiris halus

  • 500 ml santan kental

  • 2 lembar daun salam

  • 1 batang sereh, dimemarkan



Bumbu Halus


  • 1 sdt irisan jahe

  • 1 sdt irisan kunyit

  • 1 sdt irisan bawang merah

  • 1 sdt irisan bawang putih

  • 1 sdt ketumbar

  • 3 butir kemiri

  • 1 sdt irisan laos

  • 1 sdt garam



Dari daftar materi dan bumbu di atas jelas terlihat bahwa hidangan ini bersama-sama tidak berbeda jauh dengan hidangan makanan berkuah lainnya yang biasa kita sajikan. Bisa kita lihat, makanan ini memakai bumbu dasar rempah mulai dari kunyit, daun salam, jahe, kunyit, bawang dan banyak sekali rempah lain. Jika ingin mencoba menyajikan sendiri hidangan tersebut kita sanggup mulai menyiapkan materi dan bumbu di atas.


Tutorial Membuat Gulai Lemak Tahu Tempe


Masakan yang satu ini merupakan makanan yang tidak sulit tips trick membuatnya karena yakni itu pastilah kita semua sanggup memasaknya sendiri di rumah. Tutorial menciptakan makanan gulai lemak tersebut yaitu:



  1. Didihkan santan kental bersama bumbu yang telah dihaluskan, daun salam, daun sereh

  2. Setelah mendidih masukkan udang, tahu, tempe dan terakhir daun tapak leman/mangkokan dan daun kunyit yang sudah diiris halus

  3. Aduk sampai masak, angkat.

  4. Hidangkan untuk 8 porsi (1 porsi = 135 kalori)




Foto: Ilustrasi/astri78


Ya memang, jenis makanan ini memang tidak begitu sulit untuk di masak. Maka dari itu bagi yang belum terbiasa memasak tidak perlu takut untuk mencoba memasak hidangan Istimewa di atas. Selain resep tersebut, netter semua juga bisa mencoba hidangan Anyang Ayam dan Jantung Pisang yang juga merupakan makanan orisinil daerah Sulawesi Utara atau sanggup juga mencicipi Resep Masakan Spesial yang juga banyak digemari.


Sumber: 

Kompas Minggu


Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Gulai Lemak Tahu Tempe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel