Resep Sayur Asem Jawa Timur

Resep Segar Sayur Asem Jawa Timur – Kalau kondisi cuaca lagi panas, paling lezat makanan yang disantap ialah yang segar-segar seperti sayur asem khas tempat Jawa Timur yang akan kita bahas pada resep kali ini. Biar tidak bosan dengan sayur asem yang rasanya cuma asem doang langsung kita coba yuk resep ini. Untuk menciptakan sayur asam sebetulnya bukanlah masalah yang simpel karena ialah biasanya materi dan bumbu pun tidak begitu aneh bagi kita. Tapi bagaimana dengan resep sayur asam Jatim, apakah sama mudahnya?


Ya, pada umumnya jenis makanan ini merupakan makanan yang pengolahannya tidak terlalu rumit. Hal ini karena ialah inti dari proses memasak untuk sayur asam ini hanyalah di rebus. Masakan khas daerah, Kita tinggal menyiapkan materi yang diperlukan dan juga bumbunya, sehabis itu di rebus. Bagaimana sih sebetulnya proses cara menciptakan sayur asem segar tersebut?


Bahan dan Bumbu Sayur Asem Jawa Timur


Yang asyik dari sayur asem ini ialah sayur asem ini memakai kecambah dari kedelai. Bahan-bahan selengkapnya yaitu:


  • 50 gram kecambah dari kedelai atau tauge besar

  • 10 biji kacang panjang, potong 5 cm

  • 2 buah labu siam. kupas kulitnya, potong dadu sesuai selera

  • 1 ikat kangkung, potong sesuai selera

  • 4 buah bawang merah, iris tipis

  • 3 siung bawang merah, haluskan

  • 2 cm lengkuas, keprek

  • 3 biji belimbing wuluh

  • Garam secukupnya

  • Gula secukupnya

  • 1 liter air


Sayur asam memang menjadi salah satu hidangan makanan yang sudah cukup terkenal. Sayur ini biasanya di santap dengan nasi putih dengan beberapa komplemen seperti contohnya tempe goreng, atau ikan goreng dan juga sambal. Coba juga: resep nasi goreng udang


Ciri yang sangat umum pada hidangan makanan ini ialah rasanya yang segar dan menggugah selera. Dengan aroma yang menyegarkan dan rasa gurih asam yang nikmat hidangan ini sering sekali kita jumpai di rumah makan atau warung-warung makan di pinggir jalan. Nah, karena ialah di atas kita telah menyiapkan semua materi untuk makanan ini maka kita mulai saja proses pembuatannya.




Tutorial Membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur


Mudah, tidak perlu takut, bahkan sederhananya, makanan ini asal di cemplungin aja sudah jadi. Khusus bagi kita yang belum pernah sama sekali menciptakan sayur asam dari Jawa Timur ini sanggup mengikuti panduan langkah-langkah memasak berikut.


  1. Rebus air sampai mendidih.

  2. Masukkan bawang putih, bawang merah, lengkuas dan belimbing wuluh.

  3. Setelah air kembali mendidih, masukkan kacang panjang, kecambah dan labu siam. Masak sampai semua materi setengah matang.

  4. Tambahkan kangkung, gula dan garam. Aduk-aduk dan tunggu kurang lebih 1 menit atau sampai kangkung empuk.

  5. Matikan api dan angkat.

  6. Sayur Asem Jawa Timur siap dihidangkan selagi hangat.


Sampai disini uraian singkat saya mengenai Resep Segar Sayur Asem Jawa Timur hari ini, biar hidangan kali ini bisa menambah daftar hidangan pilihan keluarga anda. Selamat mencoba.


Belum ada Komentar untuk "Resep Sayur Asem Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel