Cara Menciptakan Bubur Ketan Hitam

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam – Kalau kata orang kita, bosan makan nasi makanya cari cemilan yang menyenyangkan dan sehat dan juga enak. Butuh inspirasi jikalau memang  kita tidak mempunyai cukup koleksi aneka macam hidangan khususnya hidangan dari negeri sendiri.


Kalau anda sedang mencari inspirasi hidangan yummy yang ringan dan mampu dikombinasikan dengan es maka Resep Pudding Ketan Hitam atau yang sering kita sebut bubur ketan hitam mampu menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba. Sajian ini banyak disukai, anak-anak, pandai balig cukup akal bahkan orang pandai balig cukup akal sekalipun.


Untuk menciptakan hidangan ini tidak sulit jadi anda yang belum pernah memasaknya tidak perlu khawatir. Cuma ada beberapa langkah, dan bahan-bahannya juga tidak sulit untuk disiapkan. Gimana, mau mencoba menciptakan hidangan yummy yang satu ini?


Meski sudah banyak dikenal namun jangan salah, membuat Bubur Ketan Hitam  atau Black Rice Pudding ini juga tetap harus belajar dulu, jangan sampai lantaran adalah yaitu asal-asalan nanti kesudahannya tidak sesuai harapan.


Untuk menciptakan bubur ini kita memakai beras pulut hitam yang kulit arinya dikupas sebagian, lantaran adalah yaitu lebih lembut dan cepat dimasak. Pertama kita pastikan bahwa beras tersebut benar-benar higienis dari sisa sekam yang ada. Jika anda ingin mencobanya, anda mampu memakai panduan dari resep bubur ketan hitam berikut.


Bahan – bahan


150 gr beras ketan / pulut hitam

1500 ml air

4 – 5 sdm gula putih

1 sdt garam

2 lembar daun pandan


Bahan Santan

400 ml santan sedang atau kental

1 sdt tepung maizena

1 sdt garam

1/2 sdt gula

1 daun pandan


Cara Membuat Bubur Ketan Hitam



  1. Cuci beras sampai higienis (4 – 5 kali), tiriskan

  2. Rendam beras dengan 1500 ml, sekurangnya selama 3 jam, lebih baik lebih lama

  3. Didihkan beras bersama air rendamannya dan pandan selama 15 menit, aduk sekali-sekali. Masukkan gula dan garam. Lanjutkan memasak dengan api kecil selama 15 – 20 menit atau sampai beras lembut. Jika masih terlalu kental mampu ditambah air sampai didapatkan kekentalan yang diinginkan.

  4. Membuat saus santan / Preparing the coconut milk sauce

  5. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air.

  6. Campurkan larutan maizena dengan santan, gula dan garam

  7. Didihkan santan dan aduk terus, segera matikan api.


Untuk penyajian, Bubur Ketan Hitam dapat disajikan hangat atau sesuai selera. Terkadang kami juga menyajikan kuliner ini dalam keadaan hambar dengan memakai pelengkap es.





bosan



Singkat saja untuk edisi camilan khas kali ini, semoga Cara Membuat Bubur Ketan Hitam ini mampu menjadi pelengkap pandangan baru bagi anda semua yang sedang mencari aneka macam inspirasi kuliner yang akan disajikan untuk keluarga di rumah. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Bubur Ketan Hitam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel