Cara Menciptakan Sajian Gangan Tukul Mantap

Cara Membuat Menu Gangan Tukul Mantap – Siapa bilang kita tidak sanggup berwisata kuliner jikalau tidak bepergian? Anda sanggup buktikan disini, dengan sering berkunjung ke website ini anda sanggup berguru memasak beragam sajian khas nusantara dari ujung barat sampai timur.


Dengan berguru resep kawasan Indonesia tersebut tentu nuansa wisata kuliner sanggup kita hadirkan di rumah masing-masing, tidak terkecuali dengan masakan Gangan Tukul yang akan segera kita coba berikut.



Masakan Gangan Tukul merupakan salah satu masakan dari Kalimantan Timur yang memakai materi dasar ikan. Masakan ini dikenal mempunyai rasa yang khas dan enak dan sudah banyak dipelajari di aneka macam kawasan lain. Kalau anda ingin mencoba sensasi Kaltim anda sanggup dengan mudah memasaknya sendiri di rumah.


Selain ikan kuliner ini juga memakai materi lain ialah singkong, jantung pisang dan juga kangkung. Untuk bumbu yang dipakai hampir sama dengan kawasan lain ialah bumbu rempah seakan-akan bawang, lengkuas dan lain sebagainya. 


Sebagai salah satu kuliner Nusantara, Menu Gangan Tukul cukup banyak yang menggemarinya. Jika anda ingin ikut mencoba mencicipi sajian orisinil Kalimantan tersebut anda sanggup mengikuti saja berguru Resep Gangan Tukul ini.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu

1 ekor ikan gabus, dipotong 4 bagian

150 gram singkong, dipotong-potong

1.500 ml air

100 gram jantung pisang

1 ikat kangkung, disiangi

200 ml santan dari 1 butir kelapa

minyak untuk menggoreng


Bumbu halus

6 siung bawang merah

2 siung bawang putih

5 butir kemiri

1 cm lengkuas

1 cm kunyit

4 1/4 sdt garam

1 1/4 sdt gula pasir


Cara Membuat Menu Gangan Tukul Mantap



  1. Potong ikan gabus menjadi 4 bagian

  2. Potong-potong daun singkong.

  3. Lumuri ikan gabus dengan 1/2 sendok teh air jeruk nipis dan 1/2 sendok teh garam. Diamkan 15 menit. Goreng sampai matang.

  4. Rebus jantung pisang dan 1/2 sendok makan garam dalam 500 ml air sampai matang. Angkat dan potong-potong.

  5. Rebus singkong dalam air sampai matang. Tambahkan bumbu halus sampai harum.

  6. Tuang santan. Masak sampai mendidih.

  7. Masukkan jantung pisang, kangkung, dan ikan gabus goreng. Masak sampai matang.



Siapa


Tidak perlu repot harus pergi jauh-jauh jikalau anda mau berguru memasak kuliner ini. Anda sanggup menghidangannya pribadi di rumah, niscaya sanggup menjadi sajian baru yang disuka. Coba saja, selain sajian ini anda juga sanggup mencicipi aneka macam sajian kuliner lain yang lezat, enak dan tentunya tidak membosankan dari sabang sampai merauke. 






Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Sajian Gangan Tukul Mantap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel