Instagram Direct Mau Dilenyapkan Jadi Aplikasi Terpisah

InstagramFoto: Carl Court/Getty Images

CalonPedia Jakarta – Instagram akan menghilangkan fitur Direct Message dengan menghadirkan sebuah aplikasi berbagi pesan terpisah dengan nama yang sama.


Meskipun masih dalam tahap awal, namun Facebook selaku pemilik Instagram sudah memperkenalkan aplikasi yang diberi nama Direct ini di beberapa negara dan diperkirakan dapat menjadi platform berbagi pesan terpopuler ketiga setelah Messenger dan WhatsApp.


Pihak Instagram beranggapan bahwa Direct Message yang tertanam di dalam aplikasi utama milik mereka tidak akan benar-benar menawarkan pengalaman yang terbaik bagi para user.


“Kami ingin Instagram menjadi daerah bagi setiap momen yang dilewati pengguna, dan berbagi hal-hal langsung bersama sobat dekat menjadi salah satu yang paling penting,” ujar Hemal Shah, Product Manager Instagram, mirip dilansir CalonPedia dari The Verge pada Jumat (8/12/2017).


Meskipun secara teknis aplikasi ini masih dalam tahap uji coba, namun Direct sudah menghadirkan beberapa pembaruan yang tidak tampak pada aplikasi utama Instagram.










InstagramDirect. Foto: istimewa




Saat dibuka, Direct akan langsung mengakses ke kamera ponsel, mirip dengan Snapchat, sehingga memudahkan user untuk langsung berbagi kepada teman-temannya dikala menemukan hal-hal yang menarik.


Namun, user juga dapat untuk sekadar mengirim pesan dengan mengusap layar smartphone ke arah bawah. Satu hal yang membuatnya mirip dengan aplikasi Instagram yaitu Direct memiliki tiga layar utama yang dapat diakses cukup dengan menggeser layar ke kanan maupun ke kiri.


Jika digeser ke kiri, maka akan muncul tampilan profil pengguna, sedangkan di sebelah kanan dari layar utama merupakan daftar pesan masuk.


Beberapa hal menarik yang dihadirkan oleh Direct yaitu pengguna dapat mengakses Instagram lewat aplikasi tersebut tanpa harus keluar menuju tampilan utama ponsel, begitupun sebaliknya. Selain itu, Direct juga menghadirkan empat filter langsung yang tidak tersedia di Instagram


Satu hal yang mungkin menjadi sisi negatif dari kemunculan Direct yaitu user harus mengunduh aplikasi tambahan untuk merasakan pengalaman Instagram seutuhnya.


Mark Zuckerberg pun berkata demikian pada 2014 kemudian dikala jejaring sosial terbesar dunia memutuskan untuk menjadikan Messenger sebagai aplikasi mandiri.


“Bagi para user, mengunduh aplikasi tambahan mungkin memang menyakitkan. Namun, ini hanya bersifat jangka pendek,” ujarnya.


“Kami selalu fokus dan berusaha untuk menawarkan pengalaman terbaik untuk seluruh pengguna, mengingat pada perangkat mobile, tiap aplikasi hanya dapat fokus untuk melakukan satu hal dengan baik,” katanya menambahkan.


Ucapannya pun terbukti dikala Facebook resmi memisahkan Messnger dari aplikasi utamanya. Banyak user yang awalnya memberi simpulan buruk atas keputusan tersebut. Namun, aplikasi itu kini sudah memiliki 1,3 miliar pengguna yang aktif tiap bulan, meningkat dari 500 juta dikala tahun peluncurannya.


Direct sendiri sudah dapat diunduh baik untuk perangkat berbasis Android maupun iOS. Meskipun begitu,masyarakat Indonesia masih harus bersabar lantaran yaitu yaitu aplikasi ini gres tersedia di enam negara, yaitu Chili, Israel, Italia, Portugal, Turki, dan Uruguay.





Belum ada Komentar untuk "Instagram Direct Mau Dilenyapkan Jadi Aplikasi Terpisah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel