Pendiri Vendor Smartphone China Ini Jadi Buron

vendorJia Yueting. Foto: LeEco

CalonPedia Beijing – Berambisi menyaingi iPhone, vendor smartphone asal China LeEco malah bangkrut. Sang pendiri pun dipanggil untuk mempertanggungjawabkan utang perusahaannya yang menggunung.


Dikutip CalonPedia dari Reuters, China Securities Regulatory Commission (CSRC) menyatakan, pendiri dan Chief Executive LeEco, Jia Yueting, harus kembali ke China sebelum 31 Desember 2017 untuk memenuhi kewajibannya.


Jia sangat ambisius membuatkan LeEco, tidak saja di bisnis smartphone tapi juga hiburan dan mobil listrik. Tapi ujung-ujungnya, LeEco kehabisan uang dan terjerat utang yang belum terselesaikan sampai sekarang.


CSRC menyebutkan sebelumnya sudah meminta Jia kembali ke China pada September lalu. Namun belum ada itikad baik atau aksi apapun yang dilakukan Jia. Tak disebutkan di mana ia berada, kemungkinan di Amerika Serikat.


“Perusahaan yang Anda kendalikan memiliki utang sangat besar pada perusahaan terdaftar dan belum dikembalikan. Hal ini secara serius merusak hak-hak legal mereka,” demikian pernyataan CSRC.


Jia sudah masuk daftar blacklist oleh pengadilan China lantaran yaitu adalah dianggap tak mampu bayar utang. Ia mengundurkan diri dari jabatan CEO Mei lalu, tapi masih menempati posisi Chairman. Kepada para pemegang saham, ia mengakui LeEco mengalami duduk kasus keuangan lebih buruk dari yang diperkirakan.


Siapa sangka ia kini bernasib malang setelah jadi bintang lantaran yaitu adalah membuat LeEco sempat dianggap salah satu perusahaan China paling potensial. LeEco sebelumnya dikenal sebagai Netflix-nya China, yakni perusahaan layanan streaming konten sekaligus membuat konten sendiri. Dalam perkembangannya, LeEco merambah bisnis lain termasuk smartphone.


Selanjutnya, LeEco bersaing dengan perusahaan seperti Apple, Samsung, bahkan Tesla, lantaran yaitu adalah bisnisnya mulai bercabang ke hardware termasuk smartphone, smart TV dan mobil listrik. Tapi lantaran yaitu adalah terlalu agresif, LeEco malah terpuruk.





Belum ada Komentar untuk "Pendiri Vendor Smartphone China Ini Jadi Buron"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel