Resep Sayur Lompong Santan

Semoga Resep Sayur Lompong Santan ini sanggup mengobati kerinduan kita pada masa-masa dahulu sebelum makanan tradisional banyak di tinggalkan. Sayur yang satu ini, jikalau anda berasal dari desa, merupakan salah satu sajian sayur yang sering kita jumpai, tapi itu dulu. Sekarang banyak yang lebih suka makanan modern dari pada menghidangkan Menu Sayur Lompong Santan tersebut. Sekedar untuk bernostalgia dan untuk mengisi kekosongan sajian yang ada maka hari ini kita coba memasak sayur ini.



Lompong (Caladium) atau yang juga dikenal dengan nama talas ini yakni salah satu tanaman yang aneka macam tumbuh di pulau Jawa. Tanaman ini mempunyai banyak jenis dan banyak juga dijumpai di aneka macam daerah. Karena itu masuk nalar saja jikalau lompong atau talas ini sering dijadikan sebagai materi masak ibarat pada Sayur Lompong Santan yang akan segera kita coba. Sebelum itu jangan lupa coba juga:



  1. Cara memasak lompong semoga tidak gatal

  2. Resep tumis pare bumbu spesial

  3. Resep kudapan elok lumpur kentang

  4. Menu khas padang gulai masin ikan tongkol



Dari segi rasa, sayur ini bahwasanya tidak kalah yummy jikalau dibanding dengan aneka macam sajian sayur modern. Selain rasanya yang enak, tanaman ini juga mempunyai banyak khasiat diantaranya tanaman ini (jenis keladi tikus) mengandung antioksidan (mencegah kerusakan gen), berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh sehingga sanggup mencegah datangnya kanker dalam tubuh, dan umbinya (talas) sanggup dipakai untuk meringankan diare, mengobati luka bakar, dan mengatasi bisulan.




Lalu bahwasanya kenapa sayur ini kini banyak di tinggalkan? Ya, tampaknya bukan alasannya ialah yakni yaitu rasanya tetapi ada satu hal yang mungkin menjadi hambatan ketika mengolah makanan ini yakni terkadang sayur lompong yang dimasak dengan tutorial yang kurang tepat bisa terasa sangat gatal di lidah. Meski teksturnya lembut dan rasanya gurih mungkin hal itulah yang mengakibatkan makanan ini banyak di tinggalkan. Dari pada kita panjang lebar terlalu usang kini lebih baik kita mulai saja menyiapkan makanan khas tersebut.



Bahan dan Bumbu Sayur Lompong Santan


Sebelum mulai ke proses pembuatan kita akan segera menyiapkan dulu beberapa materi yang dibutuhkan. Bahan tersebut terdiri dari materi dasar masakan, bumbu dan beberapa materi bumbu lain yang akan kita gunakan sebagai materi dalam makanan tradisional ini. Dilihat dari namanya, tentu saja materi dasar makanan ini yakni batang lompong, kemudian apa saja materi lain dan bumbunya?



Bahan Dasar

4 batang Lompong

250 ml santan

500 ml air


Bumbu yang dihaluskan


6 Cabe keriting

10 Cabe rawit

10 bawang merah

2 siung bawang putih

2 Butir kemiri

2 cm Kunyit

2 cm Jahe


Bumbu lainnya

3 lbr daun Salam

1 batang serai, memarkan 

3 cm lengkuas, memarkan 

Garam secukupnya


Namanya sajian sayur santan jadi bumbu-bumbu yang dipakai yakni bumbu sayur santan atau bumbu makanan santan. Kita sanggup menyiapkan bahan-bahan tersebut sesuai dengan dosis di daftar materi di atas. Jangan lupa juga siapkan alat masaknya.




Cara Memasak Sayur Lompong Santan



Kalau sudah siap kita akan mulai ke proses memasak. Untuk memasak sayur santan lompong ini bahwasanya cukup simpel dan tidak ribet dan menciptakan kita repot. Kita hanya perlu mengukus batang lompong yang akan dimasak terlebih dahulu kemudian menyiapkan bumbunya. Bumbu kemudian di tumis dan materi dimasukkan, semoga lebih jelas kita ikuti saja panduan tutorial menciptakan makanan tersebut di bawah ini.



  1. Bersihkan umbi dan kupas cuilan luar batang Lompong

  2. Potong 5 cm dan eksklusif masukkan ke dalam air supaya tidak berubah warna, cuci bersih

  3. Rebus sebentar, tiriskan

  4. Tumis bumbu yang dihaluskan, sampai harum

  5. Masukkan air, biarkan sampai mendidih kemudian tambahkan bumbu lainnya, biarkan mendidih lagi selama 5 menit

  6. Masukkan lompong aduk sebentar, kecilkan api 

  7. Masukkan santan aduk perlahan sampai mendidih lagi

  8. Angkat dan siap disajikan


Cukup simpel bukan, tidak perlu mencar ilmu dari Resep Sayur Lompong Santan ini juga pastinya anda sanggup dengan simpel menyiapkan sendiri sajian ini. Nah, sebagai tambahan, untuk memberikan variasi rasa yang lebih enak kita sanggup juga menambahkan sedikit materi lain ibarat contohnya kita tambahkan juga udang kering. 




ini


Kalau ada tambahan menu-menu baru ibarat ini yang jarang disajikan tentu akan mengurangi kebosanan keluarga dengan aneka macam hidangan yang sering di sajikan. Tak jadi duduk kasus bukan jikalau sesekali kita kembali ke menu-menu yang sudah jarang kita jumpai? Itu saja untuk panduan Resep Sayur Lompong Santan kali ini, semoga sanggup menjadi tambahan inspirasi untuk hidangan esok hari. 


Belum ada Komentar untuk "Resep Sayur Lompong Santan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel