Cara Menciptakan Martabak Manis

Cara Membuat Martabak Manis – Paling suka dengan martabak manis, mau tahu bagaimana tips trick menciptakan jenis kuliner ini? Kalau anda ingin tau dan ingin mencobanya silahkan ikuti panduan pada Resep Martabak Manis yang akan diberikan. 


Sudah tahu Martabak Manis bukan? Ya, nama penganan ini bervariasi dari satu kawasan ke kawasan lain. Bagi kawasan yang menamakannya kudapan manis bulan atau terang bulan, penggemarnya merasa resah mengapa kudapan manis ini dinamakan “martabak” sebab yakni yakni yakni sama sekali berbeda dengan penganan lain yang juga bernama martabak. 


Namun bagi kawasan yang terbiasa menamakannya martabak manis, maka penganan martabak terbagi dua menjadi martabak manis (seperti yang terdapat dalam gambar) atau martabak asin. Di Malaysia penganan ini dinamakan apam balik, kudapan manis atau martabak terang bulan, Martabak Bangka, kudapan manis pinang, bandung, atau Martabak Jepang. Di Pontianak kuliner ini dinamakan apam pinang. 


Yasudah, dari pada panjang lebar tidak karuan kita pribadi saja belajar Cara Membuat Martabak Manis tersebut. Bahan-bahannya tidak banyak dan tips trick membuatnya juga tidak sulit, silahkan di coba.


Bahan Bahan Martabak Manis

350 gram tepung terigu

75 gram gula pasir

3 butir telur, dikocok sebentar

500 ml susu hangat

5 gram ragi instant

½ sendok teh baking powder

½ sendok teh garam


Cara Membuat Martabak Manis



  1. Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder dan garam

  2. Masukkan telur, aduk rata. Tambahkan susu hangat, aduk kembali. Tutup dengan lap. Diamkan adonan hingga mengembang selama 2 jam

  3. Masukkan dalam wajan anti lengket (atau wajan yang tebal) dengan api sedang. Jika sudah tampak lubang-lubang baru tutup (jika api kurang panas adonan mampu tidak berlubang)

  4. Untuk taburan diatasnya mampu divariasikan dengan keju, kacang, coklat mesis atau wijen sesuai selera


Praktis bukan, kini dengan panduan Cara Membuat Martabak Manis tersebut anda mampu menghidangkan sendiri jenis jajanan ini di rumah. Semoga pembahasan kita mengenai Resep Martabak Manis ini mampu bermanfaat. Kalau sudah simpulan silahkan coba juga jajanan lainnya!

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Martabak Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel