Nikmatnya Sate Kelatak Khas Yogyakarta

Sate Kelatak Khas Yogyakarta – Seperti beberapa daerah lain di Indonesia, daerah ini memang cukup populer dengan banyak sekali variasi kuliner daerah yang cukup menarik. Salah satu kuliner unik yang populer dan banyak dicari dari daerah ini yaitu “Sate Kelatak”. Pernahkah anda mencicipi kuliner khas daerah ini dan mencicipi nikmatnya? Kalau belum anda sanggup berwisata kuliner ke Yogyakarta atau membuat Sate Kelatak sendiri di rumah.


Bagi yang suka travelling, berwisata sambil menikmati banyak sekali kuliner khas yang ada di daerah wisata mungkin hal yang simpel dan menyenangkan untuk dilakukan. Namun untuk sebagian orang, khususnya yang tidak suka bepergian, mengunjungi satu daerah hanya untuk mencicipi suatu kuliner merupakan hal yang berat.


Untuk alasan di atas kali ini kita akan membahas mengenai “resep Sate Kelatak” sebagai acuan bagi anda semua yang ingin mencicipi rasa kuliner dari Jogja tersebut. Dengan panduan ini tentu anda semua sanggup belajar menyajikan sendiri jenis kuliner unik ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke daerah asal kuliner ini.


Sate Kelatak adalah satu varian sate yang tidak berbeda jauh dari sate-sate lain. Yang berbeda dari sate ini yaitu kombinasi penyajian yang memakai materi pelengkap yang tidak ditemukan pada jenis kuliner sate dari daerah lain. Untuk tutorial memasaknya tidak terlalu sulit dan pastinya anda semua sanggup dengan simpel menyajikannya sendiri.


Bahan dan Bumbu Sate Kelatak


Jika anda berniat belajar menyajikan sendiri kuliner ini silahkan mulai dengan menyiapkan materi dan bumbu yang diharapkan sebagai berikut. Bahan-bahan tersebut terdiri dari materi dasar, materi olesan, materi bumbu dan juga materi kuah, selengkapnya silahkan siapkan seakan-akan pada daftar di bawah ini.



Bahan Dasar

500 gr Daging Kambing muda

50 gr Bawang Putih, dihaluskan

15 gr Bawang Merah, dihaluskan

1 butir Jeruk Limo, airnya saja

Garam , secukupnya


Bahan-bahan olesan sate klatak

250 gr Margarin

50 gr Bawang Putih, dipanggang dan dihaluskan

25 gr Jahe, dihaluskan

150 gr Kecap Manis Bango


Bahan Bumbu

2 siung Bawang Merah

5 Siung Bawang Putih

2 cm Jahe

2 cm Kunyit

3 butir Kemiri

3 cm Lengkuas

Garam dan Merica , secukupnya

Bawang Goreng, secukupnya


Bahan Kuah

300 gr Tetelan Daging Kambing, di iris tipis-tipis

1/2 SDT Cengkeh bubuk

1/2 SDT Kayu Manis bubuk

1 sdm Ketumbar bubuk

1/4 SDT Jintan bubuk

2 batang Serai

3 lembar Daun Jeruk

1 sdm Air Asam Jawa

3 sdm Minyak Goreng

500 ml Santan cair

200 ml Santan kental



Tutorial Membuat Sate Kelatak Khas Yogyakarta


Sekarang dengan sudah siapnya seluruh materi yang diharapkan anda sanggup memulai untuk memasak sajian Istimewa ini. Tutorial menciptakan sate klatak selengkapnya sesuai pada langkah di bawah ini:




  1. Potong daging kambing dengan ukuran untuk sate.

  2. Dalam wadah, bumbui daging kambing tadi dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan.

  3. Tambahkan air jeruk limo dan garam secukupnya, diamkan didalam lemari pendingin untuk beberapa usang sebelum ditusuk dengan tusukan sate ( diusahakan tusukan sate terbuat dari materi besi/stainless steel ).

  4. Bakar diatas bara dengan sesekali diolesi dengan materi pengoles hingga matang.

  5. Sajikan dengan kuah gulai.

  6. Cara menciptakan sate klatak: Tumis bumbu halus, serai dan daun jeruk hingga agak harum, kemudian masukkan irisan tetelan daging dan lanjutkan ditumis hingga tetelan daging agak matang.

  7. Masukkan bumbu-bumbu kering ( debu ), tambahkan santan cair dan masak hingga agak mengental dan bumbu terasa matang.

  8. Tambahkan santan kental dan lanjutkan dimasak dengan api sedang.

  9. Siap disajikan melengkapi sate Klatak.


Sekarang anda sanggup belajar menyiapkan sendiri Sate Kelatak Khas Yogyakarta tersebut. Mudah-mudahan dengan adanya buku resep khas daerah kali ini anda sanggup lebih banyak berkreasi dengan resep-resep dan sajian baru yang sudah ada. 

Nantikan juga banyak sekali resep lain yang akan segera di bahas esok hari. Jangan lupa tetap jadikan cinta sebagai bumbu rahasia disetiap kuliner yang anda buat. Terima kasih telah bersama kami, selamat mencoba sajian enak dari Yogyakarta tersebut!

Belum ada Komentar untuk "Nikmatnya Sate Kelatak Khas Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel