3 Resep Kuliner Istimewa Khas Kawasan Maluku

Hari ini saya akan membagikan 3 resep pribadi yang akan kita coba menghidangkannya. Resep masakan tersebut berasal dari dearah ialah masakan Istimewa Maluku. Untuk yang ingin ikutan dalam edisi kreasi masakan khas tempat kali ini mari pribadi simak panduan memasak untuk Resep Spesial Khas Maluku tersebut.


1. Resep Kohu-Kohu Masak

Masakan pertama Resep Spesial Khas Maluku yang akan kita hidangkan ialah kohu-kohu masak. Yuk pribadi kita siapkan apa yang dibutuhkan mulai dari bahan, bumbu dan pribadi menuju ke tips trick menciptakan kohu-kohu masak tersebut. 


Bahan



  1. Sayur sawi hijau ½ kg

  2. daun kemangi 2 ikat

  3. taoge pendek 2 ons

  4. ikan tongkol bakar 1 ekor

  5. kelapa sedang tuanya, diparut, 1 buah



Bumbu



  1. cabai merah 5 buah

  2. cabai rawit 7 buah

  3. bawang putih 3 siung

  4. jeruk nipis 4 buah

  5. terasi ½ sdt

  6. garam secukupnya



Cara memasak



  • Sawi hijau dicuci bersih, kemudian diseduh dengan air panas, diamkan kira-kira 10 menit. Kemudian ditiriskan dan diremas-remas kemudian diranjang halus.

  • Daun kemangi diiris halus, cabe merah, cabe rawit dan bawang putih haluskan. Tongkol dipanggang diambil dagingnya kemudian dihaluskan. 

  • Seteah itu campur daging ikan dengan kelapa parut, daun kemangi, air jeruk nipis dan garam, kemudian disangrai sampai kecoklaatan. Kemudian masukkan potongan sawi dan terakhir tauge pendek. Aduk sampai rata dan siap dihidangkan.



2. Masakan Bidara Rica Maluku

Menu Resep Spesial Khas Maluku kedua yang akan kita siapkan ialah masakan bidara rica Maluku yang merupakan masakan dengan materi dasar ayam. Langsung siapkan saja materi dasar serta bumbu-bumbu yang dipakai seolah-olah pada daftar berikut!


Bahan



  1. Ayam 1 ekor

  2. Tomat 2 buah

  3. Daun kemangi 30 lembar



Bumbu



  1. bawang merah 5 buah

  2. bawang putih 6 siung

  3. Ketumbar ½ sdt

  4. buah kenari secukupnya



Cara memasak



  • Semua bumbu dihaluskan. Ayam sehabis dibersihkan kemudian dipotong-potong, sehabis itu dikukus kemudian dibakar, dan dimasukkan dalam tumisan bumbu.

  • Bumbu halus ditumis dengan minyak, kemudian diberi air kaldu ayam dan tambahkan bumbu penyedap

  • Tomat sehabis dipotong-potong, masukkan dalam campuran tersebut, kemudian angkat. Hidangan siap di sajikan dan hiasi dengan daun kemangi di atasnya



3. Sayur Ganemo Santan Campur Taoge Pendek

Resep selanjutnya ialah resep sayur ialah sayur ganemo santan campur taoge pendek. Bahan-bahan, bumbu serta panduan tips trick memasak masakan khas Maluku yang satu ini ialah sebagai berikut


Bahan dan Bumbu



  1. Ganemo (daun mlinjo muda) 1 kg

  2. santan 1 butir 750 cc

  3. taoge pendek 100g

  4. bawang merah 9 butir

  5. terasi 1 potong

  6. lengkuas 1 ruas jari

  7. daun salam 2 lembar

  8. garam secukupnya



Cara memasak



  • Bawang merah sehabis dibersihkan kemudian dihaluskan bersama garam dan terasi.

  • Masak santan sampai mendidih. Bila santan kental telah mengapung, disendok dan ditempatkan dalam satu tempat. Sisa santan dimasak terus sampai mendidih, kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas dan daun salam.

  • Masukkan genemo / daun melinjo sampai matang, baru tambahkan tauge. Aduk sebentar kemudian tuang campuran santan kental, diaduk terus sampai semua materi matang. Angkat dan siap disajikan.



Demikianlah tadi 3 Resep Khas Maluku yang akan kita hidangkan untuk edisi kreasi masakan khas tempat hari ini. Semoga bisa menambah pola resep masakan Istimewa yang kita miliki. Sampai disini, selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "3 Resep Kuliner Istimewa Khas Kawasan Maluku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel