Resep Bubur Sumsum Khas Yang Nikmat

Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah mencoba resep bubut Manado sebagai salah satu alternatif sajian di rumah. Sekarang kita akan menciptakan bubur sumsum yang konon berasal dari pulau Jawa. Dengan adanya pembahasan mengenai resep bubur ini biar saja akan menambah daftar sajian sehat yang bisa disajikan bagi seluruh anggota keluarga. 


Seperti kita ketahui, bubur sumsum merupakan bubur lembut yang dibentuk dengan memakai tepung beras yang lalu disajikan bersama dengan kuah. Bubur sumsum ini berasal dari kebiasaan susila istiadat masyarakat yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Nama Bubur Sumsum sendiri berasal dari kata sumsum tulang, ini dikarenakan penampilannya yang seakan-akan dengan sumsum tulang.


Bahan – Bahan Bubur Sumsum


Bahan untuk menciptakan bubur khas yang nikmat ini terdiri dari dua jenis materi yakni materi untuk menciptakan bubut dan juga materi untuk membuah saus atau kuahnya. Bahan-bahan tersebut silahkan disiapkan sesuai yang tercantum di bawah ini.






















Bahan Bubur Sumsum



Tepung beras

Santan

Garam

Daun pandan, ikat simpul



100 gr

800 ml

1/4 sdt

2 lembar




Bahan Saus (Kuah)



Gula merah, sisir

Gula pasir

Air

Daun pandan, potong-potong



200 gr

50 gr

250 ml

1 lembar






Jangan kaget alasannya yakni materi materi untuk jenis masakan tempat ini memang sangat sedikit dan tidak susah dalam menyiapkannya. Jenis masakan ini memang masakan yang tidak rumit tetapi banyak digemari oleh masyarakat seakan-akan juga jenis masakan bubur gunting dari Samarinda dan juga Bubur Mengguh dari Bali.


Tips Trick Membuat Bubur Sumsum Nikmat


Karena tips trick menciptakan bubur ini tergolong praktis maka saya yakin anda semua bisa dengan praktis mengikutinya. Langkah-langkahnya yaitu:



  • Campur tepung beras dengan sebagian santan dan garam, aduk rata

  • Masak sisa santan dan pandan sambil terus diaduk sampai mendidih. 

  • Tuang ke larutan tepung beras , aduk terus sampai kental dan mendidih. 

  • Angkat

  • Saus : Masak semua materi sampai mendidih dan gula larut. Angkat, saring. 

  • Sajikan bubur dengan sausnya, untuk porsi 6 orang 


Saran penyajian: dalam menyajikan bubur semacam ini kita bisa mengkombinasikan beberapa perhiasan yang sesuai dengan selera kita. Terkadang ada juga yang menghidangkannya dalam keadaan hirau taacuh dengan menambahkan es batu. Bisa juga kita menyajikannya dengan dampingan cemilan yang rasanya seirama dengan rasa bubur tersebut. Pokoknya semua kreasi penyajian akan sangat tergantung dengan selera dan kebiasaan kita dalam menghidangkan masakan ringan seakan-akan ini.











sebagai
Resep Bubur Sumsum Khas yang Nikmat


Selesai sudah bubur nikmat yang kita buat, kini giliran menikmatinya sebagai sahabat bersantai bersama keluarga di rumah. Meski resep ini bukan sesuatu yang bisa disajikan setiap waktu namun bubur ini tentunya bisa kita sajikan dikala senggang seakan-akan pagi hari saat liburan atau sore hari sambil bersantai. Saya rasa cukup sampai disini saja resep kali ini, silahkan mencoba resep Istimewa dari blog masakan-khas-daerah tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Resep Bubur Sumsum Khas Yang Nikmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel