Manfaat Khasiat Bunga Melati Sebagai Obat Tradisional


Manfaat Bunga melati – Melati (Jasminum sambac, Ait.) merupakan bunga yang populer karena yaitu baunya yang harum. Di Indonesia, pohon bunga melati sering dijumpai di pekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar. Bunga melati mempunyai banyak manfaat dan sudah dipakai untuk aneka macam keperluan sejak zaman dahulu. Baunya yang wangi menjadikan melati sebagai bunga yang wajib untuk hajatan dan ritual-ritual tertentu. Dari yang berbau adat, agamis, sampai mistis.


Khasiat bunga melati sebagai obat tak lepas dari kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzyl, dan livalylacetaat. Bagian yang dipakai untuk pengobatan yaitu daun, akar dan bunganya.


merupakan


Manfaat Khasiat Bunga Melati Sebagai Obat Tradisional


1. Menghentikan ASI Berlebihan

Terkadang, ada ibu menyusui yang ASI-nya keluar terlalu banyak. Bahkan ketika sang bayi tidak menyusu pun ASI tetap keluar. Hal ini tentu cukup merepotkan, namun sanggup diatasi dengan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati dipipis halus, kemudian ditempelkan pada sekitar buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.


2. Sesak Nafas

Rebuslah 20 lembar daun melati dan garam secukupnya dengan memakai 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati tersebut disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore.


3. Sakit Mata

Anda pernah mengalami sakit mata, seolah-olah mata merah karena yaitu iritasi ataupun belekan? Sebenarnya kondisi tersebut sanggup diatasi dengan daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, kemudian dipipis halus. Tempelkan pada dahi diatas mata, jikalau kering ganti dengan ramuan baru.


4. Disengat Lebah atau Serangga Lain

Jika Anda tiba-tiba disengat lebah, ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati yang sudah diremas tersebut ke episode tubuh yang digigit serangga atau disengat lebah.


5. Demam dan Sakit Kepala

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami demam, jangan panik. Ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas-remas dengan tangan. Setelah layu dan agak hancur, rendam dalam air. Air rendaman ini dipakai untuk mengompres dahi. Tutorial ini juga sanggup dilakukan untuk mengobati sakit kepala ringan.


Itulah beberapa Manfaat dan Khasiat Bunga Melati yang sanggup dipakai sebagai obat tradisional. semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Khasiat Bunga Melati Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel