Resep Asem Asem Daging Buncis Sederhana Dan Tutorial Membuatnya

Suka dengan citarasa asam yang dipadu dengan rasa elok legit? Banyak sekali resep makanan Indonesia yang populer dengan kelezatan rasa asam yang dipadu dengan rasa elok alami dari bumbu dan materi tradisional. Pada umumnya, makanan yang berasal dari pulau Jawa lah yang banyak mengatakan citarasa asam yang lezat, menyerupai resep sayur asem, resep garang asem dan yang lainnya. Kali ini kita akan mencoba menciptakan salah satu resep makanan yang menggunakan asam jawa untuk memerikan citarasa asem yang enak, yaitu resep makanan asem asem daging sapi dengan buncis. Selain menggunakan asam jawa, sesungguhnya kita juga mampu menciptakan resep asem asem daging dengan belimbing wuluh atau juga menggunakan daging kambing.


Tutorial menciptakan asem asem daging sapi ini hampir menyerupai dengan tutorial menciptakan garang asem daging dari Pekalongan yang juga cukup populer tersebut, cuma bedanya kali ini kita menggunakan asam jawa untuk citarasa asamnya. Ada juga beberapa resep makanan asem asem yang menggunakan belimbing wuluh untuk rasa asemnya (seperti materi untuk menciptakan resep garang asem ayam), tetapi berdasarkan saya eksklusif sih rasa resep asem asem daging sapinya lebih terasa kalau kita menggunakan air asam jawa yang didapat dari pencampuran asam jawa dan air bersih.


Selain itu beberapa bumbu rempah orisinil negara kita, menyerupai lengkuas, daun salam, gula merah dan beberapa materi lain juga dipakai untuk memperkuat rasa otentik di resep asem asem daging sapi ini. Untuk hasil terbaik, sebaiknya sobat teman menggunakan daging sengkel yang terletak di potongan kaki depan sapi sebelah atas. Bagian lain sih sesungguhnya mampu juga digunakan, tetapi untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan potongan tersebut. Selain gula merah, resep makanan daging kali ini juga menggunakan kecap elok kental. Gunakan yang benar benar kental biar lebih terasa sampai ke dalam dagingnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat tutorial menciptakan asem daging dan materi materi apa saja yang dibutuhkan di bawah ini.




Bahan materi Resep Asem Asem Daging Sapi Enak Dengan Buncis



  • Sesuai namanya, kali ini kita menggunakan daging sapi sengkel atau daging potongan atas depan kaki sapi kurang lebih sebanyak 0.5 kg. Potong daging sengkelnya sesuai selera (jangan terlalu besar biar bumbunya cepat meresap ke dagingnya).

  • Kecap elok yang kental dan berkualitas elok biar legit, menyerupai kecap bango atau merek lainnya kurang lebih sebanyak 3-4 sendok makan saja.

  • Gula merah atau mampu juga memaki gula jawa kurang lebih sebanyak 25 gram saja. Potong sisir halus biar praktis dikala dicampur dengan bumbu asem daging yang lain.

  • Air asam jawa kurang lebih sebanyak 4 sendok kecil saja (campurkan kurang lebih 4 sendok air higienis dengan 2 sendok kecil asam jawa).

  • Tomat hijau ukuran sedang kurang lebih sebanyak 4 buah (bisa juga menggunakan tomat merah). Cuci higienis kemudian belah tomat menjadi 4-5 potongan per buahnya.

  • Sayuran buncis kurang lebih sebanyak 40-60 gram saja. Cuci higienis kemudian potong potong kecil sesuai selera.

  • Buah cabe hijau besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci higienis dan potong potong sesuai selera.

  • Buah cabe merah besar kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Cuci higienis cabainya kemudian potong kecil kecil sesuai selera.

  • Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sebanyak sepanjang 1 cm saja. Tidak perlu dikupas, cukup cuci higienis saja kemudian memarkan biar praktis meresap.

  • Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Bisa ditambahkan atau dikurang kalau diperlukan.

  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 lembar saja untuk menyedapkan bumbu asem asem dagingnya.

  • Air higienis kurang lebih sebanyak 2 liter saja.

  • Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya kemudian iris iris untuk ditumis.

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Kupas kulit kemudian iris iris juga untuk ditumis nantinya.

  • Minyak goreng atau minyak sayur untuk menumis bumbu asem asemnya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan.


Cara Membuat Resep Masakan Asem Asem Daging Sapi Sederhana


  • Langkah pertama yaitu siapkan panci untuk merebus dagingnya dan hidupkan kompor dengan api sedang kecil saja.

  • Masukkan 2 liter air higienis dan penggalan daging sengkelnya kemudian masak sampai daging hampir matang (kira kira tingkat kematangannya sekitar 75%) kemudian matikan apinya.

  • Ambil penggorengan kemudian beri minya secukupnya. Masukkan bawang putih yang sudah diiris, buah cabe merah, irisan buah cabe hijau, daun salam, irisan bawang merah dan lengkuasnya. Aduk aduk sebentar biar semua materi tercampur dengan rata. Masukkan penggalan buah tomatnya kemudian aduk aduk lagi sampai tercium anyir harum bumbu tumisannya kemudian angkat.

  • Hidupkan panci yang berisi daging sengkelnya kemudian masukkan tumisan bumbu asem asem dagingnya ke dalamnya. Aduk aduk biar tercampur rata dan masak sampai mendidih sambil sesekali diaduk aduk.

  • Masukkan garam dapur beryodium dan gula merah yang sudah di iris iris kemudian aduk aduk biar semua materi tercampur rata.

  • Masukkan kecap kental manisnya kemudian aduk aduk lagi biar tercampur merata.

  • Masukkan sayuran buncis yang sudah dipotong potong dan tuang air asam jawanya ke dalam panci. Masak sampai semua materi matang sambil sesekali diaduk aduk.


Ternyata tidak terlalu sulit bukan tutorial menciptakan Asem Asem dari Daging Sapi Sengkel dan Buncis diatas? Bahan materi Resep Asem Asem Daging pun cukup sederhana dan praktis didapat di toko toko sekitar rumah. Perpaduan citaras elok dari gula jawa dan kecap elok ditambah rasa asam khas asem jawa memang benar benar menciptakan resep makanan asem asem daging ini sangat menggoda setiap orang yang sudah mencobanya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Asem Asem Daging Buncis Sederhana Dan Tutorial Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel