Resep Ikan Bakar Kecap Bumbu Sederhana Enak Lezat

 Negara kita memang memiliki kekayaan ayam yang melimpah. Mulai dari yang ada di perut bumi sampai kekayaan yang ada diatas bumi, seakan-akan pertanian, perkebunan dan yang lainnya sanggup kita nikmati bersama. Selain itu Indonesia juga memiliki kekayaan di perairan sungai dan maritim yang menciptakan iri bangsa lain. Nah, untuk mensyukuri semua itu, kali ini kita akan menciptakan resep makanan ikan yang sederhana, tetapi rasanya enak dan lezat, yakni resep ikan bakar bakar dengan bumbu kecap. Selain rasanya enak dan lezat, resep makanan ikan bakar ini juga banyak mengandung protein dan zat gizi yang banyak yang sangat diharapkan oleh badan kita. Teman sobat tidak perlu khawatir, bumbu ikan bakar kecap ini lebih sederhana kok daripada resep ikan bakar bumbu kuning, ikan bakar cianjur atau yang lainnya. Selain itu cara menciptakan makanan ikan bakar bumbu kecap dan cara bakar nya juga lebih praktis sehingga cocok sekali untuk hidangan makanan di program tahun baru nanti atau dikala kumpul kumpul bersama sobat sobat atau keluarga yang lain.


Selain cara bakar ikan dengan bumbu kecap ini cukup praktis dan praktis dilakukan, kandungan gizi nya juga cukup banyak lho. Bukan hanya untuk kebutuhan anak anak saja, kandungan gizi, vitamin dan zat penting lainnya dalam resep ikan bakar kecap ini juga baik buat orang dewasa ataupun manula. Selain protein hewaninya cukup tinggi, ikan juga banyak mengandung asam amino yang sangat diharapkan untuk kesehatan kita. Selain itu, di makanan ikan bakar dengan bumbu kecap ini juga banyak mengandung vitamin B dan zat mineral lainnya, seakan-akan magnesium, zat besi, selenium dan zat zat penting lainnya. Untuk itu, tidak ada salahnya bukan kita menciptakan ikan bakar ini untuk hidangan makanan sehari hari atau dikala pergantian tahun nanti.


Tentu saja, tidak semua jenis ikan memiliki kandungan gizi, protein, mineral dan vitamin yang sama. Itu juga tergantung dari jenis ikannya sendiri. Tetapi tidak terlalu beda jauh kok. Ada 2 macam jenis ikan yang sanggup kita buat untuk materi utama yang diharapkan untuk menciptakan resep makanan ini, yakni ikan air tawar dan ikan laut. Tentu saja pilihannya tergantung di selera masing masing dan stok yang ada di rumah. Kalau kasus harga, tentu jenis ikan tawar seakan-akan mujair, nila, ikan mas atau tawes yang lebih murah atau ikan gurame yang dagingnya lebih tebal sedikit lebih mahal. Tetapi jenis ikan laut, seakan-akan ikan kakap, baronang, cue atau tengir tentu lebih enak dan enak rasanya jikalau dibakar walaupun dengan bumbu kecap yang sederhana.


Tidak seakan-akan ikan dengan bumbu rujak, asam manis, tiram ataupun lainnya, resep ikan bakar bumbu kecap ini sangat sederhana sekali materi materi yang dibutuhkannya. Hanya beberapa bumbu dasar yang diharapkan untuk sanggup menciptakan makanan ikan bakar yang enak dan enak untuk santapan bersama sobat sobat ataupun keluarga di rumah. Tentu saja, selain bumbu kecap yang digunakan, cara bakar dan masak ikannya juga harus diperhatikan. Tips biar rasanya enak sampai di dalam dagingnya, sebelum dibakar, ikan harus dibumbui terlebih dahulu dan diamkan selama beberapa jam biar meresap. Selain itu cara bakar ikannya juga harus diperhatikan. Selama proses pembakaran, ikan harus dibolak balik sambil diolesi bumbu lagi biar lebih maknyus. Untuk selengkapnya, silahkan melihat materi materi dan cara menciptakan resep ikan bakar kecap dibawah ini.














Bahan dan Bumbu Ikan Bakar Bumbu Kecap



  • Bahan utama yang diharapkan yakni ikan segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 ekor. Bisa menggunakan ikan bawal, ikan gurame, kakap atau jenis lainnya. Cuci higienis ikan dan buang kotoran dan sisiknya jikalau masih ada kemudian iris iris atau kerat kerat ikannya biar bumbunya nanti praktis meresap. Buat ikan maritim sanggup diberi sedikit perasan air jeruk untuk membantu menghilangkan bau amisnya.

  • Kecap bagus kental kualiats indah kurang lebih sebanyak 4 sendok makan saja. Bisa ditambahkan sedikit jikalau suka (bahan olesan).

  • Gula merah yang sudah disisir halus untuk memperkuat aromanya kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja (bahan olesan).

  • Minyak goreng yang baru sedikit saja atau kurang lebih 2 sendok kecil untuk materi adonan olesannya (bahan olesan).

  • Bisa ditambahkan juga sedikit air asam jawa dan jeruk nipis untuk mengurangi bau bau khas ikan. Kalau tidak ada juga sanggup dihilangkan dan tetap gurih dan enak rasanya (bahan olesan).

  • Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja untuk adonan materi olesannya (bahan olesan).

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 siung. Kupas kulit luarnya kemudian potong potong biar praktis dikala akan dihaluskan nanti (bumbu halus).

  • Ketumbar kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja untuk materi adonan bumbu ikan bakarnya (bumbu halus).

  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 4 cm saja. Kupas kulit luar jahenya kemudian potong potong biar nanti praktis dikala akan dihaluskan (bumbu halus).

  • Kunyit yang sudah dikupas kulit luarnya kurang lebih sebanyak 4 cm saja untuk adonan bumbu halusnya (bumbu halus).

  • Garam dapur beryodium seckupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja (bumbu halus).


Cara Mudah Membuat Resep Ikan Bakar Kecap Yang Mudah dan Cepat


  • Setelah ikan dibersihkan dan dikerat kerat bab luarnya, kini kita akan menghaluskan dan menguleg bawang putih, jahe, ketumbar, kunyit dan beri 2 sendok kecil garam dapur sampai benar benar halus.

  • Ambil dan lumurkan bumbu yang sudah dihaluskan diatas daging ikannya sampai benar benar merata ke seluruh badan ikannya.

  • Biarkan bumbu meresap sampai ke dalam dagingnya kurang lebih selama 3 jam – 3.5 jam saja. Sebaiknya diletakkan di dalam kulkas biar kesegaran ikannya terjaga. Kalau mau cepat, sanggup diungkep sebentar selama kurang lebih 3-4 menit saja.

  • Sambil menunggu bumbunya meresap, ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan sisa bahannya, seakan-akan kecap manis, minyak, garam dapur, gula merah dan beri sedikit air jeruk dan air asam.

  • Aduk aduk semua materi tersebut sampai benar benar tercampur rata untuk materi olesannya.

  • Siapkan kawasan bakaran ikan. Olesi ikan dengan bumbu olesan diatas sampai benar benar rata kemudian bakar dari satu sisi ke sisi yang lain.

  • Jangan lupa sesekali diberi olesan bumbu lagi dan dibolak balik biar tingkat kematangannya merata dan tidak gosong.

  • Setelah tingkat kematanganya merata angkat dan letakkan di piring sajian.


Buat sobat sobat yang hobi makan pedas, resep ikan bakar diatas juga cocok sekali jikalau dipadukan dengan sambal ikan bakar kecapnya. Berikut materi dan cara membuatnya :


1. Buah cabe rawit merah dan hijau secukupnya sesuai selera. Cuci higienis kemudian iris iris kecil.
2. Kecap bagus secukupnya atau sanggup juga menggunakan kecap bagus pedas jikalau suka.
3. Air jeruk nipis secukupnya sebagai materi tambahannya.
4. Bawang merah secukupnya yang sudah dicincang halus untuk campurannya.
5. Bawang putih secukupnya yang sudah dicincang halus.
6. Beberapa buah bab dan irisan tomat segar.
7. Tutorial membuatnya tinggal mencampurkan semua materi diatas dan diaduk aduk biar tercampur rata semua bahannya.


Selesai sudah cara menciptakan ikan bakar dengan bumbu kecap beserta sambal nya diatas. Cukup sederhana bukan. Bahkan resep ikan bakar kecap ini membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan resep ayam bakar bumbu kecap yang sanggup dibaca disini.


Belum ada Komentar untuk "Resep Ikan Bakar Kecap Bumbu Sederhana Enak Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel