Resep Nugget Sayur Ayam Yummy Renyah Sederhana Tips Trick Membuat

Pada awal mula nya memang yang masuk dan populer yaitu resep nugget ayam. Tetapi seperti juga makanan lainnya, alhasil timbul aneka macam macam pandangan gres lainnya yang membuatnya lebih menarik. Salah satunya yaitu resep nugget sayur ayam ini. Sebenarnya resep nugget sayur ini juga sama dengan yang versi ayam. Cuma alasannya yaitu yaitu biasanya anak anak kecil di rumah itu susah makan sayuran. Sedangkan sayur merupakan salah satu sumber vitamin dan gizi penting buat kebutuhan tubuh mereka. Nah alhasil keluar pandangan gres bagaimana jikalau menambah sayuran sehat seperti wortel ini kedalam makanan yang anak anak suka. Salah satu makanan yang anak anak suka memang nugget bukan. Apalagi tutorial menciptakan nugget sayur ini juga mudah dan praktis. Tinggal mencampur aneka materi dan bumbu nugget sayur yang diperlukan kemudian kukus dan simpan di freezer. Nah buat sobat teman yang belum pernah membuatnya sendiri, kali ini saya akan memperlihatkan resep menciptakan nugger sayur sehat sederhana.


Resep menciptakan nugget sayur gotong royong sangat mudah praktis. Pas sekali untuk sarapan pagi, makan siang, makan malam, sajian buka puasa ataupun sahur jikalau tidak sempat masak. Sama seperti tutorial menciptakan nugget ayam, nugget tahu atapun nugget ikan, perkedel jagung atau cemilan lainnya, resep nugget ayam sayur ini juga tidak membutuhkan peralatan dapur yang banyak dan ribet. Cukup peralatan sederhana dan standar untuk memasak, seperti blender atau food processor untuk menghaluskan materi dan bumbu nugget sayurnya nanti. Untuk sayurannya sendiri gotong royong sanggup disesuaikan dengan selera dan stok yang ada. Misalnya wortel, brokoli, selederi ataupun nugget sayur bayam. Kalau bumbunya paling cuma garam dapur, bawang putih dan kaldu ayam non MSG biar aroma dan rasanya lebih gurih dan lezat.


Banyak ibu ibu yang menyukai resep nugget sayur ayam ini alasannya yaitu yaitu memang sangat simpel dan simpel. Tanpa butuh banyak waktu kita sanggup menyiapkan hidangan makanan cepat saji setiap saat. Tidak perlu lagi waktu usang untuk berkutat dengan aneka bumbu dapur dan materi bahannya. Tinggal ambil dari freezer kemudian goreng deh untuk lauk ataupun sekedar cemilan pengganjal perut lapar.Tetapi walaupun begitu, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tips tutorial menciptakan nugget sayur ini biar rasanya enak, gurih dan tahan lama.


Salah satu ciri khas resep nugget yaitu rasanya yang cruncy dan renyah. Kerenyahan ini berasal dari tepung panir yang digunakan untuk melapisi resep nugget sayur yang sudah akhir dipotong. Untuk itu gunakan tepung panir kualitas indah biar lebih renyah dan disukau anak anak. Daging ayam juga harus benar benar fresh dan segar. Bisa memakai ayam fillet atau daging ayam yang sudah dicincang halus. Kalau tertutup rapat dan tidak dibuka, resep nugget ayam sayur yang kita simpan di freezer sanggup sampai hampir 1 sampai 1.5 bulan lho. Tips tutorial menciptakan nugget sayur lengkap dengan materi dan bumbu yang diperlukan ada dibawah ya.





Tips menciptakan nugget sayur


Daging ayam filler utuh ketika dihaluskan jangan ditambah air ya. Lebih indah memakai food processor atau blender yang buat bumbu.

Ukuran gabungan jangan terlalu tebal ketika memasukkan di loyang dan akan dikukus. Supaya ketika digoreng nanti matangnya merata.

Saat mengukus gabungan resep nugget sayur nya jangan lupa panci kukusan di atasnya diberi selembar kain ya. Hal ini mencegah tetesan air dari uap kukusan dan biar adonannya nanti tidak terlalu lembek.

Loyang yang digunakan harus dialasi kertas minyak atau roti ya biar mudah ketika akan mengeluarkannya nanti. Di atasnya lebih indah diolesi kembali dnegan sedikit minyak goreng gres biar nanti tidak melekat dan kertasnya ikut terambil.

Proses pembentukan kulit luar sanggup 1 atau 2 kali. Kalau ingin lebih cruncy dan krispi, sebaiknya gabungan nugget dibalut dengan tepung panir sebanyak 2 kali.

Sayuran wortel sebaiknya diparut biar mudah ketika dipotong-potong nantinya.

Untuk yang suka brokoli, sebaiknya brokolinya dikukus dahulu setengah matang biar tidak terlalu bau.

Kalau mau disimpan di frezer, nugget sebaiknya di tata dengan rapi di wadah tertutup. Jangan sampai nempel ya. Soalnya nugget disini kan masih belum beku, jadi masih mudah terkelupas kulit luarnya.


Bahan Nugget Sayur



  • Bahan utama berupa daging ayam fillet segar kurang lebih sebanyak 1/2 kg.

  • Tepung panir halus biar lebih renyah kurang lebih sebanyak 4 sendok makan.

  • Tepung tapioka atau tepung sagu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.

  • Buah wortel segar yang sudah diparut halus kurang lebih sebanyak 0.5 pcs ukuran sedang besar.

  • Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 0.5 buah. Kupas kulitnya kemudian serut halus juga.

  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs.

  • Mayonise kurang lebih sebanyak 5 sendok makan.



Bumbu Nugget



  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kemudian haluskan atau diparut juga bisa.

  • Kaldu ayam debu non MSG secukupnya jikalau suka atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.

  • Kecap ikan kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.

  • Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.

  • Merica halus jikalau suka secukupnya sesuai selera.



Bahan lapisan luar


Tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.

Telur ayam kocok lepas secukupnya sesuai kebutuhan.



Cara menciptakan nugget sayur



  • Pertama siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus gabungan nugget sayur ayamnya dan beri ganjal kertas roti diatasnya.

  • Olesi permukaan kertas roti dengan sedikit minyak goreng yang gres kemudian sisihkan.

  • Haluskan daging ayam fillet yang akan digunakan sampai halus. Bisa juga memakai blender bumbu ya.

  • Siapkan wadah agak besar buat gabungan utama nugget nya.

  • Masukkan daging ayam halus tadi bersama dengan parutan wortel parutan bawang bombay, tepung panir dan tepung tapioka. Aduk sebentar semua materi tadi.

  • Tuang mayonise, telur ayam dan bumbu nugget sayur nya. Aduk kembali semua materi sampai benar-benar tercampur rata.

  • Tuang gabungan nugget ayam sayur tadi keatas loyang dan ratakan biar lebih rapi.

  • Masukkan loyang kedalam panci kukusan dan kukus sampai matang (kurang lebih selama 1/2 jam).

  • Setelah matang keluarkan dari panci kukusan dan tunggu sampai agak dingin.

  • Keluarkan nugget yang sudah dikukus tadi dari loyang dengan hati-hati.

  • Potong gabungan jadi nugget tadi sesuai keinginan. Supaya mudah ketika memotongnya, pisau atau alat potongnya sebaiknya diolesi terlebih dahulu dengan sedikit minyak.

  • Masukkan cuilan nugget diatas kedalam wadah berisi telur yang sudah dikocok sampai semua permukaan tertutup rata.

  • Angkat dan gulirkan kedalam wadah berisi tepung panir sambil agak ditekan sedikit sampai tertutupi dengan rapi.

  • Kalau ingin lebih cruncy dan renyah, proses tadi sanggup diulang kembali.

  • Setelah tertutup rata, resep nugget sayur siap untuk digoreng atau dimasukkan kedalam freezer untuk stok.


Belum ada Komentar untuk "Resep Nugget Sayur Ayam Yummy Renyah Sederhana Tips Trick Membuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel