Resep Tips Trick Menciptakan Tahu Bundar Kopong Crispy Mengembang

Pasti banyak sekali dari kita yang belum tahu bahwa bahwasanya tutorial menciptakan tahu lingkaran yang kita beli tersebut dibuat dari ampas tahu. Jadi tahu putih yang sudah kita siapkan dihancurkan terlebih dahulu. Setelah itu baru diambil ampasnya dengan tutorial memeras dan mengeluarkan kandungan airnya. Makanya pecahan dalam nya bisa crispy dan kopong atau berongga bukan. Resep tahu lingkaran rasanya juga gurih dan yummy sebab dicampur juga memakai bumbu tahu lingkaran yang spesial. Makanya rasa tahu yang kita beli dari penjualnya yummy dan gurih. Berbeda dengan tahu goreng yang biasa kita buat di rumah bukan.


Tutorial menciptakan tahu lingkaran supaya mengembang dan crispy ternyata memakai materi aksesori lho. Seperti juga tutorial menciptakan cake supaya mengembang, resep tahu lingkaran yang kita buat ini juga memakai baking powder. Bisa juga memakai baking powdernya yang versi double action ya. Baking powder jenis ini memang mempunyai kemampuan untuk berbagi makanan lebih baik dari yang versi biasa. Mungkin banyak diantara kita yang sudah pernah mencoba menciptakan tahu lingkaran ini sendiri di rumah tetapi gagal. Nah kini tahu kan ternyata bentuk tahunya bisa mengembang tepat tersebut sebab baking powder ini.


Tahu lingkaran digoreng dadakan


Pasti pernah mendengan lagu atau lirik tahu lingkaran digoreng dadakan maknyos. Memang supaya rasanya crispy dan renyah, campuran tahu yang sudah dibuat dan sudah didinginkan hanya digoreng ketika akan dimakan saja. Apalagi menggorengnya dengan minyak yang banyak di wajan besar sehingga tahunya bisa terendam semua. Karena karateristik tahu lingkaran yang mengagumkan itu kopong atau berongga di pecahan dalam, maka apinya jangan memakai api besar ya. Cukup api kecil saja. Soalnya kalau apinya besar nanti resep tahu lingkaran yang kita buat nanti bisa gosong. Padahal pori pori didalamnya juga belum mengembang sempurna. Untuk tips dan belakang layar tutorial menciptakan tahu lingkaran kopong dan mengembang tepat bisa dilihat dibawah ini.


Tips tutorial menciptakan tahu lingkaran supaya mengembang dan crispy


Gunakan tahu putih yang kualitasnya mengagumkan sekali. Jangan memakai tahu kuning ya. Tahu putih ini biasanya teksturnya lebih lembut sehingga pas sekali untuk dibuat menjadi tahu lingkaran digoreng dadakan.


Kurangi kandungan air tahu dengan tutorial diperas airnya sehingga pori-pori nya bisa mengembang dan kosong atau kopong di pecahan dalam. Tutorial memerasnya bisa memakai serbet biasa saja. Peras airnya sampai kering setelah tahu dihaluskan.


Supaya bisa mengembang sempurna, sebaiknya memakai baking powder mirip yang digunakan untuk menciptakan resep makanan ringan bagus bolu. Bisa juga yang double action, cuma ukuran harus disesuaikan.

Adonan yang sudah dicampur dengan bumbu tahu lingkaran harus di dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan wajan penggorengan. Bisa dimasukkan kedalam lemari pendingin, kulkas ataupun cooler box (seperti penjual keliling). Tetapi jangan dimasukkan ke lemari pembeku atau freezer ya.


Tambahkan kaldu debu ayam atau daging supaya rasanya lebih gurih dan enak. Sebaiknya kita pakai yang kaldu non MSG ya supaya lebih menyehatkan.


Wajan penggorengan yang digunakan sebaiknya besar atau cukup untuk menggoreng banyak tahu sekaligus.


Minyak untuk menggoreng campuran tahu nya sebaiknya minyak baru dan api nya kecil saja ya.


Seperti resep makanan yang dibuat dari campuran dan digoreng lainnya, sebaiknya kita menciptakan resep tahu lingkaran ini sekali masak. Artinya campuran yang sudah dibuat dan didinginkan langsung digoreng. Kalau disimpan lagi biasanya nanti kurang renyah dan tidak bisa mengembang tepat lagi. Biasanya cenderung bantat dan tidak kopong di tengahnya. Sebagai materi tambahan, kita bisa juga bisa menciptakan tahu lingkaran isi sosis, isi mie, telur puyuh, bakso dan lainnya. Untuk materi yang dibutuhkan ada dibawah ya.





Bahan



  • Bahan utama ialah tahu putih kualitas mengagumkan kurang lebih sebanyak 700 gram saja.

  • Bawang putih ukuran sedang kurang lebih sebanyak 3 pcs. Bisa juga memakai bawang putih halus atau debu supaya lebih praktis.

  • Baking powder kurang lebih sebanyak 1 1/2 sendok kecil. Kalau memakai baking powder double action harap dikurangi ya.

  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.

  • Telur ayam diambil pecahan kuningnya saja kurang lebih sebanyak 3 butir.

  • Kaldu debu ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Sebaiknya memakai yang non MSG supaya lebih sehat.

  • Merica halus atau debu kalau suka.



Bahan tambahan



  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

  • Buah cabe rawit secukupnya.

  • Saus sambal atau sambal petis untuk colekan tahunya.

  • Kain untuk memeras tahu putihnya.



Cara menciptakan tahu bulat



  • Pertama cuci higienis tahu putih yang akan diperas dengan air mengalir.

  • Hancurkan atau aluskan tahu putih diatas sampai benar-benar halus. Bisa pakai ulegan, sendok atapun cukup tangan asal benar benar halus.

  • Ambil satu lembar kain atau serbet lalu peras tahu halus tadi sampai keluar airnya dan tidak ada lagi air yang keluar.

  • Masukkan kedalam wadah cukup besar lalu sisihkan.

  • Uleg dan haluskan bawang putih bersama dengan merica, garam dapur beryodium sampai tercampur rata.

  • Masukkan bumbu tahu lingkaran diatas kedalam wadah bersama dengan telur ayam, baking powder dan kaldu bubuknya.

  • Campur dan aduk-aduk semua materi tadi sampai benar benar tercampur rata semua bagian.

  • Tes rasa dan tambahkan kaldu bubuk, merica atau garam dapur kalau diperlukan.

  • Setelah tercampur rata, ambil secukupnya lalu bulatkan mirip bola lalu sisihkan.

  • Tangan bisa diolesi sedikit minyak atau bisa juga membentuk bulatannya memakai plastik.

  • Masukkan campuran tahu lingkaran berbentuk bola tadi kedalam kulkas atau lemari pendingin. Tunggu sampai benar benar masbodoh supaya lebih crispy dan mengembang kurang lebih 3 jam sampai 4 jam.

  • Cara menciptakan tahu lingkaran berikutnya ialah proses menggoreng.

  • Siapkan wajan dengan diameter yang cukup besar ya. Masukkan minyak goreng baru yang banyak dan panaskan sampai minyak benar benar panas.

  • Setelah minyak benar-benar panas, kecilkan api dan masukkan campuran resep tahu lingkaran yang kita buat tadi.

  • Aduk aduk tahu di wajan sampai matang semua pecahan atau kurang lebih selama 11 menit sampai 17 menit saja atau sesuai jumlah yang dogoreng. Ciri tahu lingkaran kopong mengembang dan matang kalau sudah melayang atau mengambang di atas minyak wajan.

  • Setelah matang, angkat dan letakkan di saringan supaya kelebihan minyaknya habis.



Selesai sudah dan siap untuk disajikan. Bagaimana, ternyata tutorial menciptakan tahu lingkaran kopong yang mengembang mirip yang dijual itu sangat gampang dan sederhana bukan. Tetapi walaupun begitu, tetap saja banyak yang belum berhasil menciptakan tahu kopong khas Tasikmalaya Jawa Barat ini bukan.

Belum ada Komentar untuk "Resep Tips Trick Menciptakan Tahu Bundar Kopong Crispy Mengembang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel