Kelebihan Serta Kekurangan Baterai Li-Ion Dan Li-Po

Baterai merupakan salah satu elemen dan bisa dikatakan merupakan nyawa dari sebuah perangkat elektronik termasuk smartphone. Jika dulu baterai tidak bisa dicas dan masih memakai baterai kering, sekarang baterai sudah berkembang dan bisa di isi ulang berkali kali-kali sehingga bisa lebih ekonomis biaya. Saat ini ada 2 jenis baterai yang paling banyak dipakai dan sering kali dipakai pada kebanyakan perangkat smartphone, yaitu baterai jenis Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po ( Lithium Polymer).


Saat ini, jenis baterai Li-Ion paling banyak dipakai alasannya dirasa sangat cocok dengan perangkat smartphone. Meski begitu ada beberapa smartphone yang memakai baterai jenis Li-Po alasannya mempunyai kelebihan dibandingkan jenis Li-Ion. Saat ini aku memakai 2 buah smartphone yang memakai 2 jenis baterai yang berbeda yaitu jenis Li-ion dan Li-po.


Dari kedua baterai tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan amsing-masing dan ternyata hal tersebut masih diperdebatkan banyak orang alasannya ada yang menawarkan baterai Li-Ion lebih baik dan ada pula yang menawarkan sebaliknya yaitu baterai Li-Po lebih baik. Untuk menyikapi semua itu maka aku disini akan menawarkan sedikit isu yang dimana aku akan menjelaskan beberapa kelebihan, kekurangan serta perbedaan dari kedua jenis baterai tersebut.


Kelebihan dan Kekurangan Baterai Li-Ion


Kelebihan :



  1. Harga lebih murah

  2. Dapat menyimpan daya lebih besar

  3. Perawatan jauh lebih mudah ketimbang baterai jenis Li-Po

  4. Masa pakai baterai lebih usang dan bisa tahan sampai ratusan kali pengisian.

  5. Mudah di cabut dan dipasang


Kekurangan



  1. Tidak tahan suhu / Temperatur yang panas

  2. Tidak sanggup di isi secara berlebihan dan terlalu usang saat mengecas, bisa menimbulkan kekurangan daya baterai.

  3. Baterai jenis ini sangat mudah meledak, oleh alasannya adalah yaitu itu jangan coba-coba untuk mengutak atik baterai jenis ini apalagi terkena api.

  4. Jika disimpan dalam jangka yang usang tanpa di isi daya maka kemampuan penyimpanan daya baterai menjadi berkurang.



Kelebihan dan Kekurangan Baterai Li-Polymer



Kelebihan :



  1. Sangat ramah Lingkungan

  2. Lebih fleksibel dan sangat mudah dibuat alasannya berbentuk Gel , berbeda dengan baterai Li-Ion yang hanya bisa dibuat kotak saja.

  3. Lebih kondusif dipakai dan lebih tahan suhu panas

  4. Berat lebih ringan dibandingkan baterai Li-Ion

  5. Meski disimpan dalam jangka waktu yang usang dan tidak di isi daya maka kualitas penyimpanan daya berkurang hanya sedikit.


Kekurangan :




  1. Harga jauh lebih mahal dibandingkan baterai jenis Li-Ion

  2. Biaya produksi mahal dan materi pembuatan juga mahal.

  3. harus memperhatikan tutorial pengecasan (Jangan mengecas saat baterai benar-benar habis) Sisakan baterai 10% gres kemudian di cas supaya masa pakai baterai lebih lama.

  4. Usia baterai lebih pendek.

  5. Kebanyakan baterai jenis ini tidak bisa dicabut pada perangkat smartphone saat ini (Baterai Tanam) dan mengharuskan kita untuk pergi ke tempat service apabila ingin mengganti baterai.




Sumber https://www.informasiajib.info/


Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Serta Kekurangan Baterai Li-Ion Dan Li-Po"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel