Resep Dan Tips Trick Menciptakan Lempok Manis

Resep Masakan Khas Jambi – Halo Sahabat Resep, sudah siap dengan resep terbaru selanjutnya? Pada kesempatan kali ini, saya akan mengatakan resep makanan yang cukup sederhana yakni resep dan tutorial menciptakan lempok manis. Lempok merupakan salah satu makanan khas dari tempat Jambi.


Lempok yakni makanan yang terbuat dari singkong dan kelapa yang diparut, dicampur dan dibuat bulat-bulat dengan sisiran gula merah di dalamnya. Lebih tepatnya makanan ini sanggup disebut sebagai cemilan.


Ya, karena cemilan ini sangat cocok jikalau anda sajikan pada acara-acara keluarga atau ketika keluarga sedang berkumpul, menonton kegiatan televisi bersama. Suasana yang pas untuk menikmati lempok yang gurih dan manis.


Dengan adanya gula pasir di dalamnya, ketika digigit, pertama akan terasa gurih dan elok di dalam. Hmm…kalo orang sunda menyebut makanan ini dengan “Misro” alias “Amis di Jero” / elok di dalam. Cukup unik bukan?


Lempok memang makanan tradisional khas Jambi, tapi mengenai rasa tidak akan kalah dengan cemilan yang berasal dari luar negeri. Bahkan mungkin orang luar negeri akan menyukai makanan seperti ini.


Karena selain enak, makanan ini juga sehat karena dibuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari hasil bumi kita. Bahkan jikalau anda mempunyai kebun singkong dihalaman rumah, anda sanggup ko menciptakan singkong tersebut menjadi Lempok.


Lumayan untuk cemilan anda dan keluarga di rumah. Hemat pula, karena anda cukup mengambil singkong tersebut dari pekarangan rumah.


Lalu, bagaimana tutorial membuatnya?


Sederhana ko, bahkan mungkin anak SD saja sanggup membuatnya. Bahan utama seperti singkong dan kelapa tinggal diparut, dicampurkan dan dibuat bulatan dan masukan gula merah yang sudah disisir atau diiris-iris ke dalamnya.


Kemudian tinggal digoreng dan angkat jikalau lempok sudah berwarna kuning kecoklatan tandanya matang.


Oh ia, mengajak anak anda untuk menciptakan cemilan ini sanggup menjadi inspirasi mengagumkan loh. Hubungan anda dan anak anda akan lebih erat, dan ini akan menjadi pengalaman yang sangat mengasyikan bagi anak anda.


Langsung saja, berikut ini saya uraikan Resep dan Tutorial Membuat Lempok Manis khas Jambi. Dicatat ya Sahabat Resep.











sudah
(Lempok, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 20 menit

: 40 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 – 10 orang

: Mudah



Bahan-bahan:



  • 500 gram singkong parut

  • ¼ butir kelapa muda, kupas kemudian parut

  • ¼ sendok teh garam

  • 100 gram gula merah kemudian sisir tipis-tipis

  • 100 gram gula pasir

  • 100 ml air

  • Minyak secukupnya untuk menggoreng



Tutorial menciptakan Lempok:



  1. Pertama aduk-aduk singkong yang sudah diparut tadi dicampur dengan kelapa parut, dan juga garam. Setelah dirasa sudah tecampur dengan rata, bentuk campuran menjadi bulatan (besar bulatan sesuai selera anda).

  2. Setelah dibuat bulatan kemudian masukkan gula merah yang sudah disisir ke dalam bulatan tersebut.

  3. Kemudian, panaskan minyak dan goreng bulatan-bulatan tersebut sampai benar-benar matang kemudian angkat dan sisihkan.

  4. Selanjutnya siapkan panci, masukkan gula pasir beri air dan masak sampai berambut.

  5. Lalu masukkan lempok (bulatan-bulatan) yang sudah digoreng kemudian aduk sampai gula menjadi kering.

  6. Dan lempok pun sudah sanggup disajikan, jadi segera sehabis matang angkat lempok dan sajikan.



Sahabat Resep, cemilan tradisional yang sederhana ini merupakan makanan turun temurun di wariskan dari nenek moyang. Jadi, sudah sepantasnya kita melestarikan makanan ini biar tidak punah dan kalah dari masakan-masakan luar yang berdasarkan saya kurang sehat dan menyehatkan.


Baiklah, Resep dan Tutorial Membuat Lempok Manis ini saya sudahi sampai disini. Selalu saya berharap, setiap apa yang saya bagikan di blog ini sanggup bermanfaat untuk anda semua pembaca setia ResepMasakanIndonesiaku.com.


Terus tunggu update resep makanan terbaru selanjutnya. Dan jangan lupa untuk Like and Share ya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tips Trick Menciptakan Lempok Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel