Resep Dan Tutorial Menciptakan Binte Bilulutan Unik

Resep Masakan Sayur (Resep Masakan Khas Gorontalo) – Halo Sahabat Resep, ada yang sudah pernah mencoba kuliner Binte Bilulutan tidak nih? Atau mungkin anda baru mendengar nama kuliner ini bahkan? Ya, kali ini saya akan sedikit mengulas perihal kuliner yang berasal dari kawasan Gorontalo.


Binte Bilulutan merupakan sejenis kuliner sayur yang sangat unik berdasarkan saya, Itulah kenapa saya beri judul gesekan pena ini demikian. Ya, unik karena namanya juga, dan unik karena rasanya yang unik dan berbeda dari sayur lain yang pernah saya coba.


Masakan ini mampu jadi hanya mampu anda dapatkan di Gorontalo, karena ini memang merupakan kuliner khas dari masyarakat Gorontalo. Tetapi dengan resep yang akan saya bagikan kali ini, anda tidak perlu repot pergi jauh-jauh ke Gorontalo sana.


Anda tinggal catat resep dan tutorial membuatnya, praktikkan dan selesai. Anda dan sekeluarga mampu mencicipi kuliner ini.


Kalau anda melihat sekilas tampilannya, anda mungkin berpikir ini sayur sop atau sejenisnya. Bisa jadi, tapi materi yang dipakai untuk menciptakan kuliner ini berbeda dari sayur sop, bahan-bahannya seperti, jagung elok yang dipipil, udang, ada parutan kelapanya juga, buah belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi yang harum, bawang merah dan jeruk nipis.


Dengan sebagian bahan-bahan yang saya sebutkan diatas, mungkin anda sudah mampu membayangkan kira-kira bagaimana rasa dari Binte Bilulutan ini.


Ya, rasanya gurih, dan kuahnya benar-benar segar. Dan yang terperinci anda wajib mencobanya.


Langsung saja, berikut ini saya uraikan Resep dan Tutorial menciptakan Binte Bilulutan bagi anda yang sudah tidak tabah ingin mencoba kuliner ini.











ada
(Binte Bilulutan, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 20 menit

: 30 menit

: 50 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Sedang


 


Bahan-bahan:



  • 425 gram jagung elok pipilan

  • 750 ml air

  • 400 gram udang, buang kepalanya

  • ½ butir kelapa setengah tua, kupas kulitnya dan parut memanjang

  • 10 buah belimbing sayur kemudian potong-potong

  • 1 batang daun bawang kemudian iris-iris tipis

  • 20 helai daun kemangi yang sudah disiangi

  • 8 buah bawang merah kemudian di iris-iris halus

  • 2 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya



Bahan bumbu halus:



  • 3 buah cabe merah

  • 15 buah cabe rawit

  • 1 sendok teh garam

  • (bumbu diulek sampai halus)



Tutorial menciptakan Binte Bilulutan:



  1. Pertama, siapkan wajan atau panci kemudian masukkan 750 ml air, panaskan dan masukkan pipilan jagung manis. Rebus pipilan jagung elok tersebut sampai matang.

  2. Selanjutnya masukkan bumbu halus yang sudah diulek tadi, tambahkan udang, kelapa yang sudah diparut, potongan belimbing, irisan daun bawang, daun kemangi dan irisan halus bawang merah. Aduk-aduk semua materi tersebut dan masak sampai benar-benar matang.

  3. Dan langkah terakhir sebelum kuliner diangkat, masukkan air perasan jeruk nipis. Aduk sebentar.

  4. Angkat sayur dan sajikan selagi hangat.



Rekomendasi Resep : Cap Cay Seafood Gurih Nikmat



Bagi anda yang sudah sering memasak, langkah-langkah diatas bukan merupakan sebuah persoalan yang besar bukan? Jadi, tunggu apalagi, ayo segera praktikkan resep Binte Bilulutan ini.


Masakan ini akan terasa lebih nikmat bila disajikan daam keadaan hangat dan dimakan dengan nasi yang hangat pula. Apalagi ditambah dengan kondisi atau cuaca di sekitar rumah yang dingin ataupun hujan. Mantap sudah menikmati kuliner ini.


Seperti biasa bila anda mempunyai pertanyaan seputar resep yang ssaya berikan anda mampu langsun memberikannya dikolom komentar. Dan jangan lupa untuk Like and Share resepnya ya.


Baiklah Sahabat Resep, itu saja mungkin yang mampu saya bagikan untuk kali ini. Semoga Resep dan Tutorial Membuat Bite Bilulutan ini mampu bermanfaat untuk anda semua.


Belum ada Komentar untuk "Resep Dan Tutorial Menciptakan Binte Bilulutan Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel