42 Tempat Wisata Di Padang Terbaru Yang Paling Bagus

Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat – Ketika kita mendengar kata padang, niscaya yang ada di bayangan kita yakni masakan padangnya yang begitu lezat. namun jangan salah, kota padang tak hanya mempunyai masakan yang enak tapi juga mempunyai tempat wisata yang rupawan dan tak kalah keren dengan tempat wisata lainnya di indonesia. Kota Padang yakni ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya ini berbatasan langsung dengan maritim dan perbukitan.

Sehingga secara otomatis mempunyai bermacam-macam tempat wisata menarik. Kota Padang mempunyai kultur yang beragam, tipe orangnya pun juga beragam, adab bersandi sarak, sarak bersandi Kitabullah itulah semboyan masyarakat minang yang menempel sampai kini. Kota sangat terkenal dengan kulinernya yang luar biasa enaknya. Kita bisa dengan praktis menemukan restoran di Kota Padang, dari yang kecil sampai yang mewah.


Baca ini : Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi


Selain itu, Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Padang sendiri semakin berkembang tiap tahunnya, dan makin menyampaikan tempat ini siap menyaingi Medan sebagai metropolisnya Sumatera. Namun demikian, Padang tetap menyimpan kearifan lokal yang membuatnya tetap bersahaja dalam segala modernitas yang mulai tumbuh di sana. Banyak orang yang bilang beruntung sekali jadi orang Padang lantaran diberkahi banyak keistimewaan.


Tempat Wisata di Padang Terbaru Yang Paling Bagus
Berikut 41 daftar Tempat Wisata di Padang yang wajib harus anda kunjungi jikalau anda sedang berkunjung ke Padang.


1. Tempat Wisata Pantai Nirwana 











Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan salah satu pantai di padang yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan lokal. Aksesnya yang praktis dan jaraknya yang tidak terlalu jauh yakni sekitar 14 KM menjadi alasan kenapa wisatawan menyukai tempat ini. Selain aksesnya yang praktis pantai ini juga tak kalah anggun dengan pantai – pantai lainnya.


Nah waktu yang sempurna untuk mengunjungi pantai surga yakni pada dikala sore hari lantaran pada dikala itu anda bisa menikmati keindahan sunset, dan pada dikala malam hari lampu sorot dari pelabuhan teluk bayur akan terlihat.


2. Tempat Wisata Pantai Padang











Pantai Padang

Pantai Padang Taplau berada di pusat kota Padang. Ke Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat, dari luar Pulau Sumatera, bisa melalui pesawat menuju Bandara Internasional Minangkabau. Pantai Padang Taplau memang biasa dipadati masyarakat setempat maupun para pelancong yang kebetulan berwisata atau dalam rangka urusan bisnis di Padang. Pantai Padang Taplau menjadi temapat terbaik untuk menhilangkan penat. Di Pantai Padang Taplau kita bisa mengamati matahari yang perlahan-lahan turun. Lalu mulai menyentuh cakrawala dan menebar sinar terakhir. Kemudian, tanpa disadari, hari mulai gelap.


Pantai Padang Taplau mempunyai garis pantai yang panjang. Di salah satu sisi, latar belakang maritim dilengkapi dengan sebuah bukit yang disebut sebagai Gunung Padang. Pantai Padang Taplau juga mempunyai beberapa warung tenda berdiri berjejer di tepi pantai, terutama pantai di depan Taman Budaya. Anda bisa menikmati minuman masbodoh berupa minuman bersoda dan kelapa muda. Sebagai sobat minum, bisa beli kacang rebus ataupun telur rebus. Makan rujak khas Padang seru juga dinikmati di sore hari. Coba juga pisang bakar yang biasa dijual di Pantai Padang Taplau ini.


Di salah satu sisi Pantai Padang Taplau terdapat area bermain untuk anak-anak. Anda bisa mengajak si kecil untuk mencoba aneka macam wahana permainan. Pun, naik mobil berbentuk kereta untuk menelusuri Pantai Padang Taplau. Sayangnya, Pantai Padang Taplau tak berpasir. Kalaupun ada, hanya tersisa sedikit di beberapa bagian. Pantai Padang Taplau ini telah mengalami pengikisan menahun. Tembok watu menjadi pemisah antara maritim dengan tepi jalan, sekalligus berfungsi sebagai pemecah ombak. Batu-batu karang dengan ukuran besar terdapat di sekitar bibir Pantai Padang Taplau.


3. Tempat Wisata Pantai Pasir Jambak











Pantai Pasir Jambak

Di Padang aneka macam tempat wisata pantai contohnya saja Pantai Pasir Jambak. Untuk sampai di pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sepanjang 20 km dari pusat Kota Padang, dari pusat kota pengunjung bisa menuju ke arah jalan lintas Padang-Pariaman. Ciri khas dari pantai ini yakni pasirnya yang putih, pantainya yang lebar, landai dan sejuk lantaran banyak pohon kelapa yang ada di pesisir pantai. Pintu gerbang yang menuju ke pantai ini menciptakan tempat wisata semakin nyaman.


Tidak hanya itu saja fasilitas lainnya berupa tempat parkir yang nyaman, panggung hiburan, warung makan, home stay bagi wisatawan yang ingin menginap, gazebo dan juga penyewaan perahu. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa berjemur, berenang, berperahu, bersantai dan bisa melihat sunset di pinggir pantai. Pantai ini pemadangannya tidak jauh beda denan pantai yang ada di kota Padang lainnya. Pasir yang ada di pantai ini putih agak kecoklatan dan pantai ini juga dipenuhi pohon cemara juga pohon kelapa.


4. Tempat Wisata Pantai Air Manis











Pantai Air Manis

Pantai Air Manis menjadi lokasi wisata favorit yang ada di Kota Padang. Akses menuju tempat wisata Pantai Air Manis dengan melewati sebuah bukit, jikalau akan ke Pantai Air Manis kita dihadapkan dengan tanjakan yang dibilang agak tinggi dan curam, kemudian sebelah kiri kita bisa melihat pemandangan Kota Padang dan pabrik Semen Padang, dengan tikungan yang agak tajam dan di samping kiri kanan masih ditumbuhi rumput liar, sehingga agak menyusahkan para sopir, dan juga ukuran jalannya yang sempit sampai muat untuk satu mobil saja.


Pantai Air Manis yang terletak di Kecamatan Padang Selatan tersebut, bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 30 menit dari pusat kota. Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang di Sumatera Barat. Malin Kundang yakni huruf dalam dongeng yang bermetamorfosis batu, bahwasanya dengan kapalnya, setelah durhaka kepada ibunya. Di tepi Pantai Air Manis, terdapat watu Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapalnya, yang juga bermetamorfosis batu. Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk oleh ibunya lantaran menolak untuk mengakui ibunya setelah bepergian ke tempat lain dan menjadi kaya.


Pantai Air Manis yakni tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan asing lantaran mempunyai gelombang yang rendah dan pemandangan rupawan Gunung Padang. Ada juga sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Dari pagi sampai sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang mempunyai luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan bahtera untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.


5. Tempat Wisata Pantai di Mentawai











Pantai Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan ibu kota Tua Pejat – Sipora berada lebih kurang 135 km dari Kota Padang bisa dicapai melalui maritim dengan memakan waktu antara 6-10 jam. Selain memilki pantai yang rupawan dengan hamparan pasir putihnya, jadwal wisata atraksi atau maritim yang terkenal yakni kegiatan selancar (surfing) yang bisa dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan.


6. Tempat Wisata Pantai Caroline











Pantai Caroline

Pantai Caroline mempunyai kharisma tersendiri. Pasir putih di tepi pantai Padang ini semakin lengkap dengan pepohonan hijau yang berbaris dipinggirannya. Mayoritas pepohonan tersebut yakni pohon kelapa yang landai. Jika Anda berkunjung pada dikala cuaca cerah, riak ombak akan memanggil-manggil jiwa petualangan Anda untuk merasakan riuhnya air laut. Pantai di Sumatera Barat ini juga merupakan surga bagi Anda yang gemar surving.


Ombaknya sangat menantang untuk ditaklukkan. Tidak hanya itu saja, memancing atau sekedar bermain sepak bola bersama teman-teman Anda juga akan menjadi jadwal menyenangkan, yang bisa Anda lakukan di Pantai Caroline. Pantai Caroline juga menyimpan panorama kekayaan alam bawah laut, berupa terumbu karang aneka macam dan ikan hias yang sangat menawan. Sehingga cocok sekali untuk sejenak Anda sapa dengan menyelam.


Seni alam ini akan terasa lebih lengkap dengan turut menjelajahi pulau-pulau kecil di tempat Teluk Bunguih dan Perairan Kota Padang Sumatera Barat. Diantaranya menyerupai Pulau Pisang Ketek, Pulau Pisang Gadang, Pulau Kasiak, Pulau Talena, Pulau Pasumpahan dan Pulau Sirandah. Cocok untuk para peselancarJika Anda merasa cukup penat dengan berkeliling pantai di Sumatera Barat ini, Anda bisa beristirahat di tepi pantai. Angin sepoi-sepoi bisa membujuk mata Anda untuk segera beranjak ke alam mimpi. Tetapi, sayang sekali bila Anda justru menghabiskan waktu untuk tidur di Pantai Caroline, lantaran Anda akan kehilangan momen untuk menikmati keindahan pantai.


Untuk masuk tempat wisata Pantai Caroline hanya dibebankan biaya Rp.5000 per orang. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil langsung ataupun mobil rental, juga dikenakan biaya parkir Rp.5000. Penggunaan speedboat dari Pantai Caroline menuju Pulau Sikuai dipasok dengan tarif Rp.500.000 sampai Rp.600.000. Serta Rp.800.000 untuk ke Pulau Cibadak yang juga tidak jauh dari lokasi pantai Caroline.


Alamat: Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Bungus Sel., Bungus Tlk. Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat 25226.


7. Tempat Wisata Air Terjun Tigo Tingkek












Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek terletak di tempat kota Padang, objek wisata Alam ini terletak di kaki Bukit Barisan. Ketinggian dari atas permukaan laut, sekitar 600 m. Pesona Air Terjun dengan tiga tingkatan yang anggun merupakan proposal wisata untuk anda di sini. Masyarakat Cindakir memberi nama Air Terjun ini Lubuk Hitam. Kita bisa mengunjungi Air Terjun ini dengan tiba langsung ke Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang. Sumbar. Jika Anda penggila Wisata Alam yuk coba takluk kan perjalanan menuju Air Terjun ini.


Untuk bisa menikmati Keindahan Air Terjun ini, butuh kesenangan sendiri dalam menghadapi jalan yang terjal. dikala berjalan kita bisa berpengan pada tali dan tonggak-tonggak yang berada di sisi jalan. Perjalanan diawali dengan mengunjungi tingkat pertama, jalannya tidak mengecewakan masih belum rumit. Jika ingin melanjutkan ke tingkat dua dan tiga. kita harus mempersiapkan diri dengan menempuh jalan yang terjal dan licin. Ketinggian penderasan di tingkat tiga ini mencapai 1080 meter. benar-benar penderasan yang sangat indah.


Bagi wisatawan Pecinta Alam, ini merupakan destinasi wisata yang tidak akan rugi jikalau dikunjungi. Setelah merasakan adrenalin perjalanan yang terjal, kelelahan kita akan langsung terbayar dengan keindahaan alam yang ditawarkan Air Terjun Tigo Tingkek ini. suasana alam yang alami dan sejuk menambah releksasi kita dalam menghilangkan stres selama malaksanakan kegiatan sehari-hari. Keindahan penderasan yang memukau dan hiasan pohon-pohon disekitarnya tidak akan menciptakan anda ragu untuk tiba kesini.


8. Tempat Wisata Air Terjun Nyarai











Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai merupakan salah satu penderasan terindah yang kami temukan di Sumatera Barat. Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk mencapai air terjun, jikalau mulai berjalan dari mulut hutan. Air Terjun Nyarai, jikalau dideskirpsikan tinggi penderasan ini kira-kira 7-8 meter, jikalau musim panas guyuran airnya tidak terlalu deras. Hal yang menarik dari penderasan ini yakni kolam besar, dengan air bewarna kehijauan, kolam ini sempurna berada di depan air terjun.


Aliran air dari penderasan ke kolam, di bendung oleh dua watu menyerupai pintu, menyerupai bendungan yang mengatur debit air yang masuk dari kolam. Semua sisi yang saya ceritakan terbuat secara alami. Air Terjun Nyarai juga menyimpan potensi menarik lainnya, di dalam kolam hijau tersebut ada ikan, ikan bisa ditangkap dengan pistol tombak atau dengan memancing.


Dibutuhkan keahlian khusus untuk menangkap ikan dengan pistol tombak, karna harus menyelam sambil kejar-kejaran dengan ikan. Rasa ikannya luar biasa, enaaak !. Dagingnya lembut sekali, manis dan gurih. Manis lantaran rasa dagingnya dan gurih lantaran kulitnya. Makara disini kita bisa berenang sepuasnya, menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pohon. Waktu tidak akan terasa selama di air terjun, yang dirasakan yakni rasa bahagia dan ucap syukur kepada Maha kuasa atas ciptaannya.


Alamat: Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat 25581

9. Tempat Wisata Air Terjun Sarasah Banyak Gariang











Sarasah Banyak Gariang

Sarasah Banyak Gariang terletak di desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan.Kawasan Sarasah Banyak Gariang berjarak 17 km sebelah Timur Kota Padang atau 2 km dari LIK Gadut dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Akses ke lokasi ini bisa ditempuh dengan manaiki angkutan kota Jurusan Pasar Raya – Ulu Gadut, atau dengan Taksi. Setelah sampai di LIK Gadut lanjutkan perjalanan dengan menggunakan oplet Kuning Jurusan Koto Baru.


Sampai dipemberhentian oplet terakhir, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak memakan waktu ± 1 ½ jam, dengan jarak tempuh ± 6 km. Sarasah Banyak Gariang melewati perkebunan pisang, durian dan hutan. Sarah Banyak Gariang mempunyai penderasan dengan ketinggian sekitar 40 meter dikaki Bukit Barisan.Dahulunya kolam penderasan tersebut banyak ikan Gariang, lantaran itu masyarakat Ulu Gadut menamakannya Air Terjun Sarasah Banyak Gariang.


10. Tempat Wisata Danau Singkarak











Danau Singkarak

Danau Singkarak menjadi salah datu tempat wisata yang ramai dikunjungi warga sekitar dan juga dari luar kota. Keindahan tempat wisata ini pertama kali dikenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haeckel, seorang peneliti dari Jerman. Tak hanya meneliti ekosistem Danau Singkarak dan sekitarnya, Haeckel juga terkagum-kagum dengan keindahan danau ini, sehingga membuatnya merangkum keindahan Danau Singkarak dalam sebuah lukisan.


Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menikmati Danau Singkarak. Anda bisa berenang di air danaunya yang jernih, naik sampan berkeliling danau, memancing di tepi danau atau ikut nelayan menangkap ikan. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan keindahan tempat wisata ini. Danau luas dengan latar Bukit Barisan yang hijau di seberangnya sayang sekali untuk dilewatkan.


Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Anda juga bisa melakukan wisata masakan di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata ini. Jika makan di warung kurang memuaskan, cobalah memancing atau menangkap ikan dan membakarnya di tepi danau bersama teman-teman. Hal ini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan.

11. Tempat Wisata Danau Di Atas dan Di Bawah











Danau Kembar

Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Keunikan dari danau kembar tersebut yakni untuk menuju Danau Di atas, kita harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kita harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang.


12. Tempat Wisata Danau Maninjau











Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan adegan dari wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Danau Maninjau bisa didatangi dari arah Kota Padang maupun Lubuk Basung. Tapi perjalananmu niscaya akan lebih menarik kalo kamu mendatangi Danau Maninjau dari arah Bukittinggi, lantaran di jalur ini kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan di sepanjang jalan yang berkelok-kelok atau yang terkenal disebut Kelok 44.


Danau Maninjau ada di ketinggian 461,5 meter dari permukaan maritim sehingga udara di sekelilingnya cukup sejuk dan menyegarkan. Suasana di sekitar Danau Maninjau yang masih alami dan rapat dengan aneka pepohonan cocok buat kamu yang pengen menyepi mencari ketenangan atau ketenangan batin. Di Danau Maninjau yang damai inilah salah satu sastrawan ternama Indonesia, Buya Hamka, lahir dan dibesarkan. Dan keindahan Danau Maninjau menjadi wangsit bagi novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wick yang membesarkan namanya sampai dikala ini.


13. Tempat Wisata Pulau Sikuai 











Pulau Sikuai

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang letaknya di sisi barat Pulau Sumatera. Tepatnya di wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Pulau Sikuai merupakan salah satu dari 19 pulau yang terletak di tempat administratif kota Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 kilometer persegi atau kurang lebih sekitar 44,4 hektar. Pulau ini dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata maritim sejak tahun 1994.


Di sini para wisatawan bisa menikmati keindahan maritim dari mulai snorkeling, diving, berenang, memancing, trekking atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pantai. Bagi para penikmat keindahan bawah laut, bisa dipastikan akan sangat kagum dengan pulau ini lantaran di pulau ini para penyelam bisa menyaksikan lukisan alam bawah maritim yang sangat memukau. Pemandangan yang bisa dikatakan sangat eksotik ini bisa ditemukan di kedalaman beberapa meter saja.


Dari mulai terumbu karang yang berwarna – warni, ikan-ikan yang berenang kesana kemari sampai biota-biota maritim yang sangat eksotik. Pulau ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat asri dan alami. Selain banyak terdapat pohon-pohon kelapa yang berjejer di bibir pantai, di pulau ini juga terdapat hutan tropis yang masih sangat alami, asri dan tentunya terpelihara. Bahkan hutan Tropis ini merupakan salah satu daya tarik wisatawan lantaran di hutan tropis ini juga terdapat sebuah bukit yang bisa dinaiki.


Terdapat resor yang menjadi satu-satunya resor di pulau ini yang bernama New Sikuai Island Resort. Tarif menginap di resor ini mulai dari Rp 750.000 per malam. Namun bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan pulau ini selama satu hari tanpa menginap juga disediakan paket wisata satu hari dengan biaya yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 250.000 per orang.


14. Tempat Wisata Pulau Cubadak











Pulau Cubadak

Pulau Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil yang terletak di lepas pantai Sumatera Barat, sempurna nya di jarak 24 mil lepas pantai Padang. Pulau ini mempunyai luas wilayah sekitar 5.749 km persegi dan berada di ketinggian 0-1000 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini, para pengunjung bisa menikmati udara yang bersih, maritim yang biru, angin pantai yang semilir, rindangnya pohon kelapa yang tentu nya akan mengakibatkan imbas relaksasi.


Selain itu, keistimewaan dari pulau ini yakni terdapat beberapa spot menyelam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika Pantai Senggigi merupakan surga bagi para peselancar, maka Pantai Pulau Cubadak merupakan salah satu surga bagi para penyelam. Pulau ini mempunyai bermacam-macam terumbu karang dan biota maritim yang berwarna warni dan memukau. Bagi yang hanya ingin menikmati keindahan pantai, bisa berjemur di sepanjang pantai di Pulau Cubadak ini.


Tidak hanya pantainya saja yang menawan, di Pulau Cubadak ini pengunjung yang mempunyai hobi berpetualang di alam bisa menjelajahi hutan yang terdapat di pulau ini. Banyak terdapat hewan-hewan liar menyerupai monyet, rusa, babi, burung dan aneka macam macam satwa lainnya. Dikarenakan masih terdapat binatang liar, sangat dianjurkan bagi wisatawan yang ingin menjelajahi hutan ini menggunakan jasa guide sebagai penunjuk jalan.


15. Tempat Wisata Lembah Anai











Lembah Anai

Lembah Anai merupakan tempat hutan lindung yang berada di Sumatera Barat, tempat ini mempunyai hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis tanaman dan fauna. Keindahan alam serta tanaman dan fauna yang langka yakni daya tarik dari Lembah Anai, keindahan alam tersebut di antaranya terdapat tiga penderasan dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu penderasan tersebut berada di pinggir jalan, sedangkan dua diantaranya masih tertutup oleh rerimbunan pohon yang lebat namun masih bisa di jangkau sekitar 15 menit perjalanan dari penderasan Lembah Anai, selain itu jikalau kamu ingin pergi ke telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.


Lembah Anai Sedangkan untuk floranya sendiri, bisa di jumpai antara lain, Bunga Bangkai ( Amorphyphalus titanum), Sampek, Cangar, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/ cempedak air (Artocarpus sp), madang babulu (Gironneira nervosa) dan masih banyak lagi, dan untuk faunanya antara lain harimau sumatera (phantera tigris sumatrensis), siamang (hylobates syndactylus), rusa (cervius timorensis), , beruk (macaca nemestrena), simpanse ekor panjang (macaca fascicu- laris) trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), biawak dan tapir ada juga aneka burung seperti, burung balam (bolumbidae), burung puyuh burung punai, dan elang (accipitriade sp) dan juga kupu-kupu.


16. Tempat Wisata Jembatan Siti Nurbaya











Jembatan Siti Nurbaya

Berkunjung ke kota Padang maka belum lengkap rasanya jikalau belum menikmati keindahan jembatan siti nurbaya. Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan kota renta Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari dongeng terkenal Siti Nurbaya. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menjanjikan panorama yang memukau ketika senja mulai datang.


17. Tempat Wisata Museum Adityawarman











Museum Adityawarman

Museum Adityawarman mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. layak disebut sebagai ‘Taman Mini’ ala Sumatera Barat. Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat. Museum tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah menyerupai cagar budaya. Museum Adityawarman ini terdapat seluk beluk kebudayaan khas Minang, mulai dari pakaian adab sampai alat-alat musik tradisional. Terletak di pusat Kota Padang, Museum Adityawarman ini tidak pernah sepi pengunjung. Baik wisatawan domestik atau pun mancanegara sampai masyarakat sekitar, selalu mengunjungi Museum Adityawarman ini.


Anda bisa menerima segala jenis informasi mengenai kebudayaan Minang di Museum Adityawarman yang namanya merupakan nama seorang Raja Minangkabau di kala ke-15 masehi ini. Koleksi museum terletak dalam sebuah bangunan rumah adab Minangkabau (Rumah Gadang) dengan satyle bangunan Gajah Maharam. Di depan bangunan museum tersebut, terdapat dua buah lumbung padi sebagai pemanis bangunan Rumah Gadang, kemudian dipadukan dengan miniatur pedati, bendi dan pesawat perang sisa peninggalan perang dunia ke-II.


18. Tempat Wisata Panorama Sitinjau Lauik











Sitinjau Lauik

Sitinjau Lauik atau sering disebut sebagai Padang Scenic Point, merupakan sebuah tempat dengan ketinggian kurang lebih 1,000 meter di atas permukaan laut. Sesuai dengan namanya, kegiatan wisata utama yang paling disukai di lokasi ini yakni menikmati pemandangan yang luas dan hijau, disertai dengan pemandangan Samudera Hindia di kejauhan. Ketika pagi sampai siang hari anda akan menerima view panorama khas pemandangan pegunungan.


Apabila Anda tiba pada malam hari, maka Anda juga bisa menikmati pemandangan kota Padang yang berkelap-kelip, anda bisa mengabadikan kelap-kelip lampu rumah penduduk kota Padang. Selain itu, terdapat juga tempat permandian umum bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari terjalnya jalanan di Panorama Sitinjau Lauik.


Sitinjau Lauik yang belum begitu terkenal sampai ke luar Sumatera Barat ini berada di kaki Gunung Talang yang masih termasuk wilayah kota Padang. Jarak Sitinjau Lauik dari pusat kota kurang lebih mencapai 30 km. Meskipun hanya berjarak 30 km saja harus membutuhkan waktu yang agak lama untuk mencapai Sitinjau Lauik. Dikarenakan kondisi jalan perbukitan yang terjal dan menanjak. Ketika anda hendak menuju kota Solok, anda terperinci akan melintasi jalan di punggung Bukit Barisan ini.

19. Tempat Wisata Pemandian Lubuk Minturun











Pemandian Lubuk Minturun

Bagi anda yang hobi bermain air tidak akan lengkap rasanya jikalau tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pemandian Lubuk Minturun yakni pemandian yang dibuka untuk umum. Pemandian ini sangat luas sehingga tidak mengherankan jikalau dikala liburan tiba pemandian ini selalu dipadati oleh pengunjung. Bagi anda yang mengunjungi Makkah mini, anda bisa menuju ke pemandian Lubuk Minuturun ini. Hal itu dikarenakan pemandian ini sejalan dengan Makkah mini atau miniatur Makkah.


Bagi yang tidak cukup puas dengan pemandian, anda bisa bermain air di Lubuk Camin atau Air sungai. Namun lokasinya agak jauh dari pemandian minturun. Pemandian Lubuk Minturun bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, anda bisa mengajak anak anak anda untuk bermain air di Pemandian Lubuk Minturun ini. Namun bagi yang ingin mandi di sungai, tetap menjaga kehati hatian terutama bagi orangtua yang membawa anak anak.


20. Tempat Wisata Tirta Alami











Tirta Alami

Tirta Alami merupakan objek wisata pemandian alam yang terkesan sangat alami. Menurut masyarakat setempat air yang mengalir ke kolam-kolam yang ada di sini bersumber dari Gunung Tandikat. Terbayang kan betapa higienis dan segarnya air di kolam ini. Untuk spot pemandiannya di sini dibagi atas beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda pada masing-masing kolam. Makara kita bisa menyesuaikannya antara kolam untuk belum sampaumur dengan orang dewasa.


Untuk menambah kesan alaminya, semua kolam di sini dibentuk dari susunan watu alam yang disusun sedemikian rupa. Jadi, jangan dibayangkan ya pemandian di sini sama menyerupai tempat pemandian pada umumnya yang menggunakan keramik untuk lantai dan dindingnya. Selain itu di sekitar kolam aneka macam tumbuh pepohonan yang rindang untuk melindungi kamu dari sinar matahari.


Fasilitas lainnya yang terdapat di sini antara lain tempat rekreasi bersama keluarga dengan menyewa tikar yang sudah disediakan. Beberapa warung-warung kecil juga tersedia di sini yang menyediakan masakan ringan, tapi sayangnya tidak ada rumah makan atau restoran yang terdapat di sini. Sangat disarankan kepada semua pengunjung untuk menyiapkan bekal sebelum masuk ke tempat wisata ini. Oh ya, kabarnya di sini juga terdapat beberapa arena bermain lainnya menyerupai Flying Fox dan fasilitas untuk outbound.


21. Tempat Wisata Puncak Anai











Puncak Anai

Puncak Anai merupakan salah satu pariwisata pemandian alam yang berada di Nagari Kayutanam, Kabupaten Padang Pariaman. Puncak anai mempunyai kolam kolam yang terisi oleh air jernih beserta sebuah air mancur yang muncul dari dalam tanah. 2 Puncak anai sendiri berada diketinggian yang dikelilingi oleh perbukitan asri yang terselimuti oleh embun pagi yang sejuk, dari puncak anai kita bisa melihat indahnya pesona pantai pariaman dari ketinggian yang tentunya hanya bisa dilihat pada siang hari dengan cuaca yang cerah.


Images Puncak anai juga dilengkapi dengan aneka macam fasilitas dan sarana yang mendukung liburan wisata anda, tak hanya pemandian alam, tempat puncak anai juga terdapat penginapan berupa Villa Park dan Anai Golf Resort. Untuk itu kunjungilah Puncak Anai Kayutanam Padang Pariaman. Padang Pariaman a place blessed with natural beauty and as a spiritual gateway.


22. Tempat Wisata Sungai Lubuk Paraku











Lubuk Paraku

Di beberapa kota besar, sungai mungkin tak menjadi objek menarik lantaran sudah kotor lantaran limbah polusi. Namun di Kota Padang, Anda masih bisa merasakan dinginnya air sungai yang masih asri di pinggiran Kota Padang. Kawasan wisata Sungai Lubuak Paraku terletak di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Tidak seberapa jauh dari pabrik Semen Padang yang terkenal itu. Air sungai Lubuk Paraku memang masih jernih sampai dasar sungai yang dipenuhi bebatuan kecil sangat terperinci terlihat.


Untuk mencapai objek wisata sungai Lubuak Paraku ini, Anda bisa menggunakan kendaraan langsung atau juga bisa menggunakan angkutan umum yang menuju ke Kota Solok. Iya, objek wisata sungai Lubuak Paraku ini terletak di tepian jalan antara Kota Padang dan Kota Solok. Di tempat wisata ini terdapat beberapa fasilitas untuk memanjakan para pengunjung mulai dari tempat duduk berkanopi payung sampai ruang ganti baju. Untuk memasuki tempat wisata sungai Lubuak Paraku, setiap wisatawan harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.


23. Tempat Wisata Batang Tabik











Batang Tabik

Batang Tabik Payakumbuh sekarang menjadi destinasi wisata yang menarik lantaran menyampaikan pengalaman yang tidak kalah dibandingkan Umbul Ponggok yang ada di Klaten. Di sini, para traveler pun bisa pula berpose dengan aneka macam macam gaya di dalam air. Dan pemandangan underwaternya pun tidak kalah cantiknya dengan Umbul Ponggok.


Batang Tabik Payakumbuh ini gotong royong sudah dikenal luas oleh masyarakat kota Payakumbuh dan sekitarnya. Tempat ini merupakan sebuah kolam pemandian umum yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik. Terlebih ketika berkunjung ke tempat ini pada final pekan. Akan ada banyak traveler yang menghabiskan waktu berliburnya di tempat ini. Menariknya lagi, di sini traveler tak hanya bisa berpose unik di dalam air.


Sebagai bonusnya, traveler juga bisa berfoto sembari berenang dengan ikan-ikan yang ada di sana. Ikan-ikan di Batang Tabik jumlahnya cukup banyak dan terdiri dari aneka macam jenis ikan. Termasuk di antaranya yakni ikan yang oleh masyarakat setempat disebut dengan nama ikan zebra. Para pengunjung yang tiba ke Batang Tabik Payakumbuh pun tidak boleh untuk menangkap ikan, apalagi memakannya.

24. Tempat Wisata Lubuak Mato Kuciang











Lubuak Mato Kuciang

Pemandian lubuk mato kuciang yakni kolam pemandian yang disediakan untuk umum yang terletak di kelurahan pasa lama yang berada di tempat kota Padang panjang. Pemandian ini juga menjadi salah satu alternative wisata bagi masyarakat yang ada di kota padang panjang dan sekitarnya. Lubuk mato kuciang ini tepatnya berada di kaki gunung singgalang yang diapit bukit surungan dan sungai batang anai. Air yang di gunakan juga langsung dari mata air pegunungan yang segar dan menyejukan.


Sejarah menyebutkan konon katanya lubuk mata kuciang ini di bangun pada dikala zaman penjajahan belanda atau sekitar tahu 1918. Lubuk ini di namakan mato kuciang lantaran jikalau dilihat dari atas warna air yang ada di kolam hampir menyerupai mata kucing. Hampir seluruh masyarakat yang ada di padang panjang mengenal tempat pemandian lubuak mato kuciang ini. Bahkan masyarakat yang berada di luar kota pun banyak juga yang mengenal tempat wisata ini. Biasanya pengunjung ramai tiba ketempat ini pada sore hari, mereka tiba bersama keluarga atau sobat hanya untuk sekedar mandi-mandi di lubuk mato kuciang ini.


Hal ini mereka lakukan lantaran lubuk mato kuciang mempunyai sumber mata air yang jernih, higienis dan langsung di ambil dari sumber mata air pegunungan.Jadi sangat cocok lubuk mata kucing ini di jadikan tempat melepas lelah dari kegiatan kita sehari-hari. Kalau hari libur tiba lubuk mato kuciang ini akan di penuhi oleh para pengunjung yang berasal dari dalam kota padang panjang dan banyak juga yang berasal dari luar kota menyerupai Bukittinggi, Solok, Padang dan kota-kota terdekat lainnya.


25. Tempat Wisata Lubuak Bonta











Lubuak Bonta

Lubuak Bonta terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam. Objek wisata Lubuak Bonta memang sudah dikenal sejak lama. Bahkan di era 70-80 an, objek pemandian ini begitu terkenal di kalangan masyarakat. Tidak hanya masyarakat Padang Pariaman, tapi juga masyarakat yang berasal dari aneka macam tempat di Sumatera Barat. Keindahan panorama alam pemandian Lubuak Bonta, terasa semakin lengkap dengan kehadiran penderasan mini.


Pemandian ini bersumber dari mata air Gunung Tandikek dan terdiri dari dua kolam utama. Salah satu kolam tersebut terletak di adegan bawah dan kolam lainnya berada di adegan atas. Kelebihannya yakni airnya jernih dan penuh dengan ikan-ikan yang berenang bebas. Beberapa tahun terakhir, pengunjung pemandian cenderung menentukan mandi di lubuk yang terdapat di adegan atas, lantaran di samping airnya tidak begitu dalam di tempat itu pengunjung juga bisa menikmati mata air dalam ukuran besar dan bergelombang yang langsung muncul dari permukaan tanah.


Untuk lokasi bisa diakses dengan menggunakan mobil ataupun motor. Jarak lokasi ke Jalan Raya Bukittinggi -Padang hanya berkisar 5 KM. Sangat praktis ditemui lantaran berdekatan dengan pabrik air minum kemasan. Apabila Anda yakni orang yang suka dengan wisata yang dekat dengan alam, maka Lubuk Bonta bisa menjadi destinsai Anda selanjutnya. Jangan lupa, paket tour AET Travel juga tidak kalah eksotisnya dibanding Lubuak Bonta, mari cek paket-paket wisata kami atau hubungi kontak kami.


26. Tempat Wisata Pemandian Alam Sako Tapan











Pemandian Alam Sako Tapan

Pemandian Alam Sako Tapan yakni sebuah lokasi objek wisata yang terkenal alami dan selalu dikunjungi oleh masyarakat Tapan dan sekitarnya terutama pada final pekan dan hari libur. Objek wisata ini menjadi tempat melepas lelah dan menghilangkan kesuntukan bagi masyarakat Tapan dan luar Tapan menyerupai dari Kab. Mukomuko Prov. Bengkulu dan tempat lain di Kab. Pesisir Selatan.


Disini pengunjung bisa melepas lelah sembari menikmati pemandangan dan menghirup udara pegunungan yang menyegarkan. Ditemani suara kicau burung dan gemercik air yang merdu pengunjung bisa mandi secara gratis di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polusi dan sampah di wisata sako ini pengunjung juga bisa menikmati makan empek-empek yang nikmat sekali.


27. Tempat Wisata Tapian Puti











Tapian Putri

Tapian Puti merupakan tempat pemandian berkonsep alami yang terbentuk lantaran proses alam dan tanpa campur tangan insan sedikitpun. Sebenarnya pemandian ini yakni sebuah aliran air yang berasal dari perbukitan yang mengalir di atas bebatuan dan membentuk beberapa kolam kecil di atasnya. Yang menarik dari pemandian ini yakni terdapatnya 7 tingkatan yang mana di setiap tingkatan tersebut mempunyai beberapa kolam dan membentuk penderasan kecil dan digenangi oleh air yang begitu jernih dan bersih.


Semua keunikan yang ditawarkan oleh pemandian yang satu ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia, sungguh luar biasa ciptaan-Nya. Terlepas dari keindahan dan keunikan yang dimilikinya, ternyata tempat ini mempunyai dongeng legenda tersendiri yang menceritakan kisah Malin Deman dan Putri Bungsu. Konon katanya tempat ini dulu merupakan tempat pemandian yang biasa dipakai oleh 7 putri khayangan.


Masyarakat setempat percaya bahwa ke tujuh putri tersebut mandi di masing-masing tujuh tingkatan kolam tersebut. Itulah sebabnya kenapa tempat ini dinamakan Tapian Puti yang artinya pemandian para putri. Bagi kamu yang suka berpetualang dan pencinta alam, mengunjungi tempat wisata yang cukup terkenal ini akan menyampaikan pengalaman tersendiri. Karena untuk mencapai tempat yang rupawan ini kita harus melakukan trekking ringan. Yang mana di sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang masih sangat asri.


28. Tempat Wisata Air Panas Bukik Kili











Air Panas Bukik Kili

Tempat wisata air panas Bukit Kili, Koto Baru di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, sekarang menjadi sebuah tujuan wisata kesehatan lantaran diyakini sebagian besar masyarakat bisa menyembuhkan aneka macam penyakit menyerupai rematik, asam urat, kram laut, lainnya. Banyak wisatawan dari sejumlah tempat menyerupai Sumbar, Kota Medan, Pekanbaru, Duri, Rengat, Natuna, Lombok berkunjung ke lokasi wisata kesehatan itu. Pada objek wisata tersebut tersedia kolam pemandian khusus untuk pria dan perempuan. Pengunjung bisa mandi pada kolam air panas yang airnya langsung dialirkan dari Gunung Talang.


Air panas pada kolam pemandian Bukit Kili pada hari biasa mempunyai suhu sekitar 42 derajat Celcius dan khusus pada hari selasa dan sabtu suhu air bisa mencapai 45 derajat Celcius. Kawasan wisata air panas Bukit Kili terletak di Kecamatan Kubung, berjarak sekitar delapan kilometer dari Solok menuju arah Kota Padang. Dari Kota Padang berjarak sekitar 44 KM. Bagi pengunjung yang ingin tiba ke objek wisata kesehatan itu, dari Kota Solok bisa menaiki angkutan umum dengan membayar Rp 2.000/ orang.


29. Tempat Wisata Jam Gadang











Jam Gadang

Jam Gadang yakni nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Menara jam ini mempunyai jam dengan ukuran besar di empat sisinya sehingga dinamakan Jam Gadang, sebutan bahasa Minangkabau yang berarti Jam Besar. Selain sebagai pusat penanda kota Bukittinggi, Jam Gadang juga telah dijadikan sebagai objek wisata dengan diperluasnya taman di sekitar menara jam ini. Taman tersebut menjadi ruang interaksi masyarakat baik di hari kerja maupun di hari libur.


Acara-acara yang sifatnya umum biasanya diselenggarakan di sekitar taman dekat menara Jam Gadang ini. Jam Gadang mempunyai bagan dasar seluas 13 x 4 meter. Bagian dalam Jam Gadang setinggi 26 meter ini terdiri dari beberapa tingkat, dengan tingkat teratas merupakan tempat penyimpanan bandul. Bandul tersebut sempat patah sampai harus diganti final gempa pada tahun 2007. Jam Gadang tersebut didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda melalui pelabuhan Teluk Bayur dan digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibentuk 2 unit di dunia, yakni Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris.


30. Tempat Wisata Lobang Jepang











Lobang Jepang

Tempat wisata di Sumatera barat yang bisa dikunjungi yakni Lobang Jepang. Dahulu kala penjajahan jepang sampai di tanah Minang. Bisa dikatakan Lobang Jepang ini yakni bangunan bekas peninggalan penjajahan Jepang yang ada di Bukittinggi. Lobang ini dipakai sebagai penjara dan juga benteng untuk pertahanan penjajah Jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada tahun 1942 sampai dengan 1945.


Lobang Jepang ini dibangun para Romusa, warga Indonesia yang ditahan oleh penjajah Jepang ini dikerja paksa untuk membangun lobang. Tips bagi wisatwan yang gres saja tiba kesini, sebaiknya menggunakan jasa tour guide. Tour guide itu mempunyai kegunaan untuk memandu wisatawan yang tiba ke Lobang Jepang pertama kali semoga tidak tersesat di lorong Goa Jepang yang kebanyakan mempunyai banyak lorong.


31. Tempat Wisata Ngarai Sianok











Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit bertebing curam yang dihiasi dengan aliran sungai kecil di tengahnya. Kontur Lembah Sianok terbentuk lantaran proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga mengakibatkan patahan berwujud jurang yang curam. Ngarai ini membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Koto Gadang sampai Nagari Sianok Enam Suku, dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter.


Patahan di Sianok ini merupakan adegan dari Patahan (Sesar) Semangko yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua adegan memanjang dari Aceh sampai Teluk Semangka di Lampung. Sesar Semangko sendiri merupakan lokasi patahan yang membentuk Pegunungan Bukit Barisan.


32. Tempat Wisata Anai Resort Golf Course











Anai Resort Golf Course

Tempat ini terletak di Provinsi Sumatera Barat Indonesia yang terkenal lantaran keindahan alam pegunungan berhutan tropis. Dari Bandara International Minangkabau (BIM) hanya berjarak 40 km menuju kota Bukittinggi atau sekitar 1 Jam perjalanan menggunakan kendaraan. Anai Resort seluas 400 ha terletak di kaki gunung Tandikat (2.439) pada ketinggian 600 sampai 700 m di atas permukaan maritim dan tentu nya suhu yang sejuk sangat menciptakan nyaman para Golfer.


Lapangan golf ini merupakan satu satu nya lapangan golf ditengah hutan tropis alami di Indonesia. Demikian pula dengan bangunan villa tetap mengedepankan keaslian alam sekitar, Anai Resort akan tetap menjadi natural mountain resort bagi pecinta alam. Adapun fasilitas yang tersedia yaitu:18 Holes Lapangan Golf dengan Panjang 6270 Meter dan Par 73, Club House dengan Restoran, Ruang Locker untuk Laki – Laki dan Perempuan, Proshop dan 6 Kamar di Club House, serta Restoran yang menyampaikan pilihan sajian atau buffeet sajian untuk perseorangan atau group.

33. Tempat Wisata Ngalau Indah











Ngalau Indah

Ngalau Indah merupakan sebuah gua yang terdapat di lereng perbukitan Kota Payakumbuh. Gua yang terletak di Kabupaten payakumbuh, Sumatera Barat ini mempunyai keeksotisan yang bisa menciptakan Anda berdecak kagum. Stalaktit dan stalakmit yang terbentuk final proses pengendapan kapur selama ratusan tahun siap menyambut Anda dikala memasuki Gua Ngalau Indah. Bebatuan yang berada di dalam gua mempunyai keunikan tersendiri dengan aneka rupa gesekan ditambah dengan ornamen-ornamen yang memukau.


Tidak hanya itu di tempat ini wisatawan akan banyak menemui jenis ukuran bebatuan dengan aneka macam macam ukiran. Terdapat watu tira yang berwarna putih dan akan memantulkan cahaya.Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Gua Ngalau Indah bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi darat. Sebelumnya Anda harus ke Kota Padang terlebih dahulu kemudian ke Kota Payakumbuh. Perjalanan bisa ditempuh selama 3 jam dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

34. Tempat Wisata Istana Pagaruyung











Istana Pagaruyung

Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Pagaruyung yakni lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan.


35. Tempat Wisata Lembah Harau











Lembah Harau

Lembah Harau terkenal lantaran mempunyai topografi yang sangat menarik dan merupakan adegan dari Cagar Alam Harau. Tempat ini berada di dataran tinggi berkisar antara 500 sampai 850 meter di atas permukaan laut. Dari Lembah Harau, para traveler pun akan bisa menyaksikan eksistensi lima penderasan indah. Keindahan alam Lembah Harau Payakumbuh pun ternyata sudah dikenal sejak dulu lho.


Dulu tempat ini bukan disebut Harau, tapi Arau. Bahkan orang-orang Belanda pun menyukai pemandangan di sini. Buktinya yakni eksistensi sebuah prasasti yang terletak di sekitar penderasan Sarasah Bunta di Lembah Harau. Prasasti itu menyebutkan kalau tempat ini diresmikan oleh Belanda pada tanggal 14 Agutus 1926 dan oleh orang-orang Belanda diebut dengan nama Hemel Arau dan sekarang disingkat menjadi Harau.


Lembah Harau yang sekarang menjadi alah satu destinasi wisata terkenal di Sumbar merupakan adegan dari wilayah administratif Kecamatan Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kota Payakumbuh merupakan kota yang terdekat dari tempat ini, berjarak kurang lebih 18 kilometer. Kota lain yang jaraknya cukup dekat dari Lembah Harau Payakumbuh yakni kota Bukittinggi dan Padang. Jarak antara Bukittinggi menuju ke Lembah Harau kurang lebih 48 kilometer. Sementara kalau berangkat dari kota Padang menuju ke sini, jarak yang harus dilalui mencapai 138 kilometer.


36. Tempat Wisata Jembatan Akar Pesisir Selatan











Jembatan Akar

Jembatan Akar (Jambatan Aka) merupakan sebuah jembatan yang sangat unik yang terbuat dari rajutan akar pohon beringin dan pohon kubang yang tumbuh di kedua sisi sungai Batang Bayang. Jembatan yang berada tepatnya di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat ini mempunyai panjang sekitar 25 meter. Bahkan jembatan ini lebih panjang dari jembatan akar yang ada di Badui, Jawa Barat dan Jembatan akar yang ada di Jepang. Untuk bisa merajut jembatan ini sampai terbentuk sempurna tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1890 oleh seorang tokoh renta cerdik ulama setempat yang bernama Pakiah Sokan. Barulah pada tahun 1916 jembatan ini bisa dipakai oleh masyarakat setempat. Dengan kata lain untuk bisa marajut akar-akarnya sampai menjadi sebuah jembatan utuh diharapkan waktu kurang lebih selama 26 tahun. Pembangunan jembatan ini awalnya bertujuan sebagai penghubung dua buah kampung yang dipisahkan oleh sebuah sungai, yakni Kampung Puluik-Puluik dengan Kampung Lubuk Silau.


37. Tempat Wisata Kawasan Bukit Langkisau











Bukit Langkisau

Bukit Langkisau yakni salah satu objek wisata andalan bagi kota Painan,Bukit kecil yang tingginya lebih kurang sekitar 400 meter diatas permukaan maritim dan terletak diantara Nagari Salido dan Kota Painan yakni sebuah bukit yang indah. Dari puncak bukit Langkisau ini kita bisa memandang keindahan pantai samudera Indonesia,kita bisa melihat pantai salido dan sago yang membujur keutara,beralih pandang kearah lain kita juga bisa melihat ketenangan maritim di teluk Painan,tak itu saja dari puncak bukit Langkisau ini kita bisa juga melihat hamper keseluruhan kota Painan.


Bagi pecinta fotografi yang ingin memotret keromantisan kota Painan,maka dating lah kepuncak Bukit Langkisau ini pada malam hari untuk mengabadikan pemandangan kota Painan dengan lampu-lampunya yang indah. Bukit Langkisau ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan,oleh pemkab Pesisir Selatan selalu mengajak setiap penjabat Negara yang berkunjung ke Painan untuk menikmati keindahan Bukit Langkisau,tak terkecuali Bapak Susili Bambang Yhudoyono bersama istri pernah ke bukit langkisau ini pada waktu berkunjung ke Painan dikala melihat gempa pengkulu tahun 2006 yang lalu.


Kelebihan bukit Langkisau bukan hanya pada keindahan pemandangan alamnya saja,bukit ini akan lebih romantis disaat matahari akan tenggelam dibatas cakrawala,rona jingganya yang memantul diatas permukaan maritim akan terlihat terperinci dari puncak bukit langkisau ini.Sungguh suatu moment yang sangat indah,jika kita berkesempatan bertemu dengan keadaan alam yang menyerupai itu akan terasa rugi seandainya moment tersebut tidak terabadikan dengan kamera.


38. Tempat Wisata Janjang Saribu Sianok Canyon Great Wall Bukittinggi











Janjang Saribu

Bagi anda yang ingin melihat great wall yang ada di China tidak perlu jauh jauh, hal itu dikarenakan di Sumatera Barat terdapat tempat wisata yang disebut Janjang Saribu. Janjang Saribu ini ada di kota Bukit Tinggi. Sama halnya dengan tembok besar yang ada di China, Janjang Saribu ini tembok besar dengaan panjang 1 KM. Ketika anda berada di Sumatera Barat jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.


Pastikan dikala anda mengunjungi Janjang Saribu kondisi kesehatan anda sedang baik, jangan lupa membawa bekal masakan dan minuman yang cukup. Rute yang jauh dan jalan menanjak menciptakan anda membutuhkan bekal masakan dan minuman yang cukup. Lokasi tempat wisata ini dekat denan Lobang Jepang. Bagi orang yang mencar ilmu di bidang geologi tempat wisata ini cocok bagi anda. Pengangkatan lempeng dan juga patahan patahan menjulang di bukit yang ada di Jajaran Saribu ini sungguh mengagumkan.


39. Tempat Wisata Taman Siti Nurbaya











Taman Siti Nurbaya

Tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi yakni Taman Siti Nurbaya. Kisah Siti Nurbaya tidak hanya dijadikan sebagai nama jembatan ssaja namun juga dijadikan sebagai nama untuk taman di Bukit Padang. Bagi anda yang suka dengan pemandangan yang hijau nan asri anda bisa berkunjung ke tempat ini. Tempat ini terletak di Bukit Padang. Bukit Padang merupakan tempat wisata yang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata.


Bukit Padang terletak di sebelah jembatan dari siti Nurbaya, tepatnya bukit ini berad di sebelah barat Jembatan Siti Nurbaya. Pemandangan yang ada di tempat ini sangat menyerupai dengan bukit di film kartun Doraemon. Bukit ini pun dinamakan juga dengan Bukit Nobita. Disini cocok bagi anda yang menyukai ketenangan. Di Taman ini anda bisa terlepas dari hiruk pikuk Kota Padang yang begitu padat mengingat jumlah penduduk kota Padang begitu padat dan banyak.


Baca ini : Tempat Wisata di Aceh yang Menarik Dikunjungi


Demikian mengenai 41 Tempat Wisata di Padang Terbaru Yang Paling Bagus nah semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, jikalau anda ingin bertanya perihal artikel ini, anda bisa berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.
Sumber http://www.anekawisataseru.net/


Belum ada Komentar untuk "42 Tempat Wisata Di Padang Terbaru Yang Paling Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel