Resep Kuliner Ikan Kembung Masak Tauco

Resep Masakan Ikan – Anda pernah memasak ikan kembung? Kalau anda belum pernah mencoba memasak ikan kembung, mungkin anda sanggup mencobanya kini dengan resep yang akan saya berikan. Resep kuliner ini ditambah juga dengan tauco.


Tauco merupakan bumbu kuliner yang terbuat dari biji kedelai dimana proses pembuatannya direbus terlebih dahulu kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu, kemudian difermentasikan.



Sedangkan ikan kembung sendiri merupakan ikan yang hampir serupa dengan ikan tenggiri atau ikan tongkol. Tentu saja ikan ini mempunyai banyak manfaat. Ikan kembung mempunyai omega 3 lebih banyak daripada ikan-ikan sejenisnya seperti ikan salmon.


Ikan salmon mungkin jarang sekali dikonsumsi oleh orang Indonesia alasannya ialah yakni harganya yang mahal.


Tapi jangan khawatir alasannya ialah yakni ikan kembung yang dijadikan materi utama pada Resep Masakan Ikan Kembung Masak Tauco ini mempunyai omega 3 lebih banyak daripada ikan salmon sehingga ikan kembung ini sanggup membantu dalam menurunkan kadar kolesterol sampai mencegah penyakit jantung.


Luar biasa bukan?


Harganya pun lebih merakyat.


Baiklah berikut ini akan saya sajikan resepnya, resep ini disajikan untuk 5 orang. Ada beberapa bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuatnya.











Kalau
(Ikan Kembung Masak Tauco, Sumber Foto: bingdotcom)












Waktu Persiapan

Waktu Memasak

Total Waktu


: 15 menit

: 20 menit

: 35 menit


Disajikan untuk

Level


: 5 orang

: Mudah



Bahan-bahan utamanya:



  • 5 ekor ikan kembung bersihkan ikan kemudian kerat-kerat badannya

  • ½ sendok teh garam

  • 1 sendok teh air jeruk nipis

  • Minyak secukupnya untuk menggoreng



Bahan-bahan untuk menciptakan Sausnya:



  • 1 buah tahu takwa kemudian potong dengan ukuran 2X3 cm kemudian anda goreng tahunya

  • 2 siung bawang putih kemudian dicincang halus

  • ¼ buah bawang bombay. Anda potong panjang bawangnya.

  • 2 cm jahe. Seperti biasa memarkan jahenya.

  • 3 buah cabe hijau kemudian anda potong serong tipis cabainya

  • 3 sendok makan tauco

  • 1 sendok makan kecap manis

  • ½ sendok teh kecap ikan

  • 1 sendok makan saus tiram

  • ¼ sendok teh garam

  • ¼ sendok teh merica bubuk

  • 300 ml air

  • 2 sendok teh maizena. Lalu larutkan dengan 2 sendok teh air.

  • 2 sendok makan minyak untuk menumis



Tutorial Membuat Ikan Kembung Masak Tauco:



  1. Pertama anda goreng ikan kembungnya tetpai sebelum digoreng ikan kembung harus dilumuri terlebih dahulu dengan garam dan air jeruk nipis yang telah didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Gorenglah ikan kembung sampai matang kemudian angkat dan tiriskan.

  2. Setelah ikan kembung digoreng, baru anda menciptakan sausnya. Panaskan minyak terlebih dahulu diatas wajan kemudian tumislah bawang putih yang telah diccincang halus tadi dengan bawang bombay dan jahe sampai berbau harum. 

  3. Lalu baru anda masukkan cabe hijau, diaduk-aduk sampai setengah layu cabainya dan tambahkan tauco. Aduk-aduk terus sampai semua materi tercampur rata.

  4. Sambil diaduk-aduk, masukkan tahu kemudian kecap manis, kecap ikan, saus tiram, garam dan merica. Terus aduk sampai merata.

  5. Setelah tercampur rata, baru tuangkan air, masak sampai mendidih dan tambahkan larutan maizena. Terus masak sampai mendidih dan sedikit mengental.

  6. Kemudian Siramkan sausnya diatas ikan.

  7. Dan Ikan Kembung Masak Tauco pun siap disajikan dengan nasi hangat.



Rekomendasi Resep : Sup Sehat Ikan Tenggiri Untuk Balita



Dalam setiap masakan, materi utama yakni kunci kelezatan suatu masakan. Untuk itu pastikan anda menentukan ikan kembung yang segar. Pilihlah ikan yang matanya bening, kulitnya jernih dan dagingnya kenyal serta beraroma ari maritim segar.


Pastikan juga ikan dicuci higienis dan tidak meninggalkan bekas darah sehingga ikan kembung tidak lagi tercium busuk anyir.



Demikianlah Resep Masakan Ikan Kembung Masak Tauco yang saya sajikan kali ini. Mudah-mudah sanggup menjadi referensi masak memasak anda hari ini.


Jika anda menyukai resep ini silahkan tinggalkan komentar anda dan bagikan resepnya kepada sobat atau saudara anda. Bantu saya menjadi situs resep yang terkenal dengan memperlihatkan “like” anda pada setiap resep-resep yang kami sajikan. Terima kasih dan nantikan resep-resep menarik lainnya.


Belum ada Komentar untuk "Resep Kuliner Ikan Kembung Masak Tauco"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel