7 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

     BeritaKapa – Dengan mendengarkan musik pastinya setiap orang akan tenang dan ceria.Musik bisa memberikan efek yang positif pada tubuh, baik secara fisik maupun mental.Manfaat Musik tak hanya dipakai untuk bersenang-senang, namun juga bisa memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan.Berikut ini ada 7 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan seakan-akan yang dilansir oleh dailyhealthpost.com.





(c) pixabay



1.Musik Membantu Mengurangi Stres



     Menurut hasil penelitian di University of Gothenburg, orang yang mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.



2.Musik Dapat Melindungi Pendengaran 



   Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka mempunyai kemampuan mendengar yang lebih baik. Sama seakan-akan dikala seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Anda tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama dikala memakai headphone.


3.Musik Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung



   Menurut sebuah penelitian di University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria mempunyai fatwa darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jikalau mereka mendengarkan musik yang sedih, fatwa darah akan menurun hingga enam persen.


4.Musik Dapat Meredakan Rasa Nyeri


   Menurut Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa menciptakan partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.


5. Musik Dapat Memperkuat Daya Ingat


     Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa dipakai untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui mempunyai nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.


6. Musik Dapat Membuat Otak Awet Muda


    Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik mempunyai otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seakan-akan berguru musik dan terbiasa mendengarkan musik mempunyai otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.


7. Memiliki Efek Pijatan


    Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik mempunyai efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu mempunyai tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.


    Nah itulah diantara ke 7 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel