Ini Fakta Unik Dan Dongeng Mitos Gunung Kelud

     Meletusnya Gunung Kelud yang sekarang sedang masa tenarnya berdasarkan kabar meletus pada Kamis malam (13/2) sekitar pukul 22.50 WIB. Gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, ini merupakan gunung berapi paling aktif selain Merapi mirip yang dilansir merdeka.


Meletusnya

(c) Foto Merdeka Gunung Kelud



     Gunung Kelud yang sekarang yang digegerkan dengan adanya  Fakta Unik dan Cerita Mitos yang konon insiden ini disebabkan oleh amarahnya Mahesasura dan juga sebagai daerah yang dianggap keramat.Penasaran dengan ceritanya langsung saja simak sebagai berikut ini.





1.Gunung Kelud Meletus Amarahnya Mahasasura



    Konon dongeng mitos ini kembali ke masa lampau yang menceritakan wacana usaha asmaranya Mahesasura, si manusia berkepala kerbau itu sedang marah, mengejar-ngejar putri impiannya bernama Dewi Kili Suci di Kerajaan Daha, Kediri.





    Menurut al kisah, Dewi Kili Suci ini dihubungkan dengan dongeng terciptanya Gunung Kelud.Dikisahkan semasa muda Kili Suci dilamar oleh seorang manusia berkepala kerbau bernama Mahesasura. Kili Suci bersedia mendapatkan lamaran itu asalkan Mahesasura mampu membuatkannya sebuah sumur raksasa.Sumur raksasa pun tercipta berkat kesaktian Mahesasura. 





   Namun sayangnya, Mahesasura jatuh ke dalam sumur itu lantaran dijebak Kili Suci. Para prajurit Kadiri atas perintah Kili Suci menimbun sumur itu dengan batu-batuan. Timbunan watu begitu banyak sampai menggunung, sampai kesannya terciptalah Gunung Kelud.


2.Gunung Kelud Sebagai Wage Keramat




     Wage ialah salah satu pasaran di hari Jawa (Pahing, Pon, Kliwon dan Legi). Sebagian orang percaya bahwa Gunung Kelud akan murka atau meletus di pasaran Wage tersebut.Pada dikala meletusnya dihari Kamis (13/2) kemarin bertepatan dengan Kamis Kliwon.




      Namun dalam hitungan Jawa letusan Gunung Kelud semalam masuk dalam hitungan Jumat Wage. Dalam hitungan Jawa, waktu setelah Magrib dianggap sudah berganti hari, dengan kata lain, letusan Gunung Kelud semalam masuk dalam hari Jumat pasaran Wage atau Jumat Wage.


 3.Gunung Kelud Merupakan Tempat Kuburan Keris MpuGandring




     Menurut sebuah legenda zaman dulu,Keris Mpu Gandring sendiri terbuat dari bongkahan logam yang jatuh dari langit atau meteorit.Bongkahan logam itu diduga mempunyai aura yang sangat jahat dan haus darah.Menurut dongeng ini terbukti wacana ceritanya KenArok di kerajaan Singosari yang merebutkan gelar tahta untuk menjadi penguasa kerajaan.Menurut kelanjuan ceritanya Keris MpuGandring itu berada dibawah kawah Gunung Kelud dan berdasarkan masyarakat setempat mepercayainya.





4.Gunung Kelud Terkenal Dengan Ritual Larung Saji Tolak Bala



   Larung Saji merupakan Upacara Adat yang diadakan oleh masyarakat setempat dan berdasarkan legenda larung sesaji dimaksudkan untuk menolak bala sumpah Lembu Suro yang ditipu Dewi Kilisuci. Namun bagi umat Hindu sendiri, ritual suci ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi, dan juga bentuk rasa hormat pada penguasa Gunung Kelud.





   Ada beragam sesaji yang dibawa dalam ritual suci ini, mulai dari nasi, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Dalam ritual larung sesaji, masyarakat setempat biasanya membawa dua jenis tumpeng, yakni tumpeng nasi putih dan kuning. Tumpeng itu dilengkapi dengan aneka lauk-pauk, mirip telor, tahu, tempe, urap, parutan sambal kelapa dan masih banyak lagi. Menariknya, semua sesaji itu dihias dan ditata sedemikian rupa sehingga tampak cantik.




Belum ada Komentar untuk "Ini Fakta Unik Dan Dongeng Mitos Gunung Kelud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel