Resep Kue Bugis Ketan Hitam Yummy Mantap

Resep Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap – Banyak sekali terdapat resep kuliner ringan elok yang ada akan tetapi biasanya kita enggan untuk mencoba menciptakan kuliner ringan elok sendiri. Kita lebih suka membeli kuliner ringan elok jadi ketimbang repot-repot bikin sendiri, padahal kuliner ringan elok bikinan sendiri lebih unggul kualitas kesehatannya dibanding kuliner ringan elok beli di pasar atau toko oleh-oleh. Jelas kita mengetahui sendiri dari tingkat kebersihan atau pun penggunaan bahan-bahan berbahaya mirip pewarna masakan maupun pengawet makanan. 


Akan tetapi terkadang kita lebih menentukan yang gampang yaitu menentukan untuk beli kadang disebabkan lantaran kita tidak mampu membuatnya dan lain-lain. Oleh lantaran itu di sini akan kita bahas mengenai pembuatan aneka kuliner ringan elok khas nusantara salah satunya yaitu Kue Bugis Ketan Hitam.


Kue ini merupakan kuliner ringan elok tradisional kadang disebut juga dengan kuliner ringan elok basah. Kue mungil dengan berbungkus daun pisang ini memang mempunyai rasa yang cukup manis. Karena kuliner ringan elok ini berisikan parutan kelapa yang dikecek dengan gula pasir. Cara pembuatan kue ini juga tidak terlalu sulit hampir mirip dengan kuliner ringan elok koci (kalau ditempat saya) yaitu dengan tutorial di kukus.


Anda niscaya sudah tidak ajaib bukan dengan kuliner ringan elok bugis ini? anda penasaran bagaimana cara menciptakan kuliner ringan elok bugis ini? Apa saja bahan-bahan nya? berikut akan saya bagikan khusus untuk anda semua mengenai resep Kue Bugis Ketan Hitam.
 


Bahan – Bahan Kue Bugis Ketan Hitam


Jika kita ingin menciptakan kuliner ringan elok pastinya kita akan membutuhkan beberapa materi yang akan kita pergunakan dalam menciptakan kuliner ringan elok baik materi dasarnya maupun untuk materi isi, tak terkecuali untuk kuliner ringan elok yang akan kita buat ini.

Bahan Dasar
Pertama-tama yang harus kita siapkan yakni materi dasarnya terlebih dahulu. Dan dalam pembuatan kuliner ringan elok bugis ini yang perlu kita sediakan tentunya adalah:



  • 600 gr tepung ketan hitam

  • 375 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa

  • 1/4 sdt garam halus

  • 1 lembar daun pandan, potong-potong kecil

  • Daun pisang secukupnya



Bahan Isi

Setelah materi dasar tersedia kini kita tinggal menyiapkan materi untuk isi kuliner ringan elok ini. Untuk materi isinya pun tidak bermacam-macam dan sangat gampang sekali untuk kita dapatkan. Adapun materi isi yang harus kita siapkan adalah:



  • 200 gr kelapan setengah tua, kupas, parut memanjang

  • 100 gr gula pasir

  • 3 sdm air

  • 2 lembar daun pandan

  • 1/4 sdt garam halus




Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap


Setelah semua materi tersedia kini saatnya kita menciptakan kuliner ringan elok ini, anda tidak perlu resah lantaran di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkahnya lengkap. Makara anda tinggal ikuti saja petunjuk resep kue mirip di bawah ini:



  1. Bahan Isi : Panaskan wajan, masukkan kelapa parut, gula pasir, garam, dan daun pandan. Tuangkan air, aduk rata. Masak sambil diaduk terus sampai kelapa agak mengering. Angkat, dinginkan dan sisihkan.

  2. Didihkan santan, garam, dan daun pandan. Masak sampai mendidih dan angkat.

  3. Tuang santan panas bertahap ke dalam tepung ketan, aduk dan uleni sampai tercampur rata.

  4. Ambil 1 sdm gabungan tepung ketan, bentuk lingkaran pipih, isi dengan satu sendok teh materi isi. Bulatkan kembali.

  5. Siapkan daun pisang, bentuk mirip corong. Masukkan gabungan kuliner ringan elok bugis, tekan dan bentuk mirip kerucut. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan seterusnya sampai gabungan habis.

  6. Kukus kuliner ringan elok bugis selama 30 menit atau sampai matang. Angkat dan sajikan sehabis dingin.

  7. Untuk : 25 buah


Usai sudah eksperimen kita dalam menciptakan kuliner ringan elok bugis ini, bagaimana gampang bukan? Ternyata gampang ya? Bagi anda yang kurang suka dengan gula putih sebagai materi isi anda juga mampu menggantinya dengan gula jawa atau lebih dikenal dengan gula merah yang dipadukan dengan ampas kelapa pastinya akan lebih mantap dan sesuai selera.


Resep



Semoga Resep Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap kali ini mampu menambah pengetahuan anda mengenai resep kuliner ringan elok berair yang belum pernah anda sajikan. Dan nantikan resep-resep kuliner ringan elok nusantara berikutnya. Serta jangan lupa untuk mencoba kuliner ringan elok ini di rumah anda.




Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Bugis Ketan Hitam Yummy Mantap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel