Resep Makanan Gulai Banak (Otak)

Resep Masakan Gulai Banak (Otak) Seingat saya, resep dengan materi dasar otak belum pernah kita coba jadi hari ini mari mencoba menciptakan masakan gulai banak yang merupakan sajian khas Palembang. Dengan sajian dengan materi dasar otak sapi ini kita akan menciptakan keluarga tercinta makin sayang dan menantikan resep-resep kejutan kita sehari-hari.


Mengapa menentukan otak sapi untuk Gulai Banak? Jika ada yang belum tahu ternyata otak sapi benar-benar memiliki banyak nilai gizi. Otak sapi cukup rendah lemak dan merupakan salah satu sumber alami beberapa vitamin A jadi masuk logika jikalau sajian yang akan kita bahas ini menggunakannya sebagai materi masakan.


Menurut studi, otak sapi mengandung nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan organ sapi lainnya dan mengandung minyak alami yang sehat. Seperti dilansir dari M.natural news, anak yang tumbuh dengan pelengkap asupan otak sapi akan memiliki otak dan sistem saraf yang lebih sehat. Selain itu, otak sapi dikatakan sebagai kuliner tinggi kolesterol, ternyata otak sapi memiliki kandungan kolesterol yang cukup baik bagi tubuh. Dimana kolesterol ini memiliki kegunaan untuk produksi hormon esensial bagi tubuh. Tapi sebelum membahas lebih jauh lihat juga:


1) Resep kuliner tumis udang pedas

2) Cara menciptakan martabak khas daerah aceh

3) Resep kuliner pecel madiun


Meski dikatakan mengandung kolesterol yang cukup tinggi tetapi jikalau kita menyajikan sajian seperti ini dengan masuk logika dan tidak terlalu sering dan banyak tentunya akan sehat seperti yang dijelaskan dari hasil penelitian khususnya untuk anak yang sedang tumbuh kembang.


Bahan Masakan Gulai Banak


Pertama mari langsung saja disiapkan bahan-bahan yang akan diharapkan untuk memasak resep ini. Bahan-bahan tersebut yaitu:


Bahan Dasar


  • 1 potong otak sapi atau kerbau

  • 10 lembar daun mangkokan (tapak leman)

  • 1 batang serai

  • 1 lembar daun kunyit

  • 2 potong asam kandis

  • 2 lembar daun jeruk purut

  • 750 cc santan dari 1 butir kelapa


Bahan Bumbu Halus


  • 15 buah cabai merah keriting

  • 12 siung bawang merah

  • 3 cm kunyit

  • 2 cm jahe

  • 2 cm lengkuas


Kalau dilihat dari materi dan juga bumbu yang ada pada daftar di atas memang kuliner ini tidak berbeda dengan kuliner gulai lainnya. Namun jikalau kita sudah mencoba sendiri kuliner ini maka kita akan tahu bagaimana rasa dari kuliner tersebut. 



Tutorial Membuat Gulai Banak Palembang


Hanya beberapa tahap yang perlu kita lakukan untuk menciptakan sajian khas gulai sapi Palembang ini. Tahap pembuatan tersebut ialah seperti dijelaskan di bawah ini.


  1. Rajang halus daun mangkokan, kemudian remas-remas dengan 1 sendok makan garam. 

  2. Diamkan selama menit, kemudian cuci bersih, tiriskan.

  3. Didihkan air, masukan otak kedalamnya selama 5 menit, kemudian angkat. 

  4. Buang kulit ari dan urat-urat darahnya.

  5. Setelah higienis potong-potong bentuk dadu.

  6. Campurkan santan dengan bumbu-bumbu, masak sampai mendidih sambil sekali-kali diaduk.

  7. Masukan daun mangkokan. 

  8. Biarkan sebentar sampai daun layu, baru masukan otak. 

  9. Setelah santan kembali mendidih baru diangkat dan dihidangkan.


Tidak sulit bukan? Ya, seperti jenis kuliner lain sajian yang satu ini juga tidak begitu sulit untuk kita buat sendiri di rumah. Dengan pelengkap sajian khas dari daerah Padang ini maka kita akan memiliki lebih banyak sajian kuliner yang sanggup disajikan setiap harinya atau di hari-hari spesial.











resep
Bahan dasar gulai banak


Sekarang hidangan Istimewa Menu Khas Gulai Banak (Otak) dan Tutorial Membuatnya kali ini siap untuk kita sajikan di meja keluarga. Jangan sampai lupa, masih banyak kuliner Khas Palembang lain yang juga bisa kita jadwalkan untuk menu-menu pilihan keluarga.

Belum ada Komentar untuk "Resep Makanan Gulai Banak (Otak)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel