Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang

Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang – Bosan dengan hidangan biasa, hari ini coba suatu resep masakan spesial, jadi kita coba saja resep sayur godok yang menggunakan bumbu kecombrang yaitu masakan khas dari Pekanbaru, siapa tahu pada suka. Yang ingin ikutan mencoba masakan khas ini akan dipandu dengan uraian cara membuat sayur godok ini lengkap dengan informasi mengenai bahan-bahan yang digunakan.



Sebelum kita membahas mengenai cara membuat sayur godok kecombrang tersebut kita akan bahas sedikit mengenai bumbu utama masakan ini yakni kecombrang. Di Indonesia, tumbuhan yang satu ini memang sudah terkenal dan banyak dimanfaatkan sebagai materi dalam sebuah masakan yakni sebagai materi bumbu. Bunga yang mempunyai nama latin Etlingera elatior ini mempunyai warna kemerahan yang mirip dengan tumbuhan hias dan bisa tumbuh mencapai kurang lebih lima meter dikala sudah benar-benar tua.


Ada beberapa alasan mengapa orang banyak memanfaatkan bunga kecombrang ini sebagai materi bumbu dalam masakan. Yang pertama, bunga ini dikenal bisa menghilangkan aroma tidak sedap tubuh kita alias bau badan. Kedua, kandungan bunga ini juga dikenal bisa memperbanyak air susu ibu dan juga bisa berfungsi sebagai pembersih darah.


Bunga ini mempunyai kandungan zat aktif fi dalamnya yakni saponin, flavonida, dan polifenol. Karena itu kecombrang masuk ke dalam nominasi deodoran alami. Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daun nya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya.


Lalu bagaimana dengan pemanfaatannya pada makanan? Di Jawa Barat, kuntum bunga seringkali di lalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai materi adonan sayur asam dan pepes ikan. Di tempat Banyumas, kecombrang yang dikukus juga dijadikan sebagai materi adonan pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga memakai bunga kecombrang yang diiris-iris sebagai materi adonan urap.


Selain itu, di Tanah Karo kuncup bunga serta ‘polongnya’ menjadi pecahan pokok dari sayur asam Karo, juga menjadi peredam bau amis waktu memasak ikan. Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, memakai asam cekala ini sebagai bumbu yang sangat penting. Secara singkat kita bisa menyimpulkan bahwa masakan yang memakai bumbu kecombrang ini selain rasanya enak juga tentunya menyehatkan seperti Resep Sayur Godok Bumbu Kecombrang yang akan segera kita coba.


Bahan Sayur Godok Bumbu Kecombrang


Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk bisa mencoba menyajikan masakan Istimewa ini diantaranya yakni daging tetelan dimana daging ini bisa disesuaikan dengan kesukaan kita baik itu daging sapi atau lainnya. Selain itu, dalam masakan ini kita akan memakai wortel, petai dan juga buah pepaya muda. Bahan-bahan lain selengkapnya yaitu:


Bahan Dasar


  • Baca juga bagaimana membuat sate ikan senapelan

  • 300 gram daging tetelan, rebus dalam 1 liter air

  • 3 lembar salam

  • 3 cm lengkuas, di memarkan

  • 1 tangkai besar kecombrang, ambil bunga dan tangkainya sepanjang 4 cm, belah dua

  • 12 buah cabe hijau, iris tipis

  • 2 buah tomat

  • 1.800 ml santan (2 butir kelapa)

  • 250 gram rebung, iris tipis

  • 4 buah wortel, iris serong

  • 4 papan petai, masing-masing belah 2

  • 150 gram pepaya muda, iris lebar

  • 2 – 3 sendok makan garam

  • 3 sendok teh gula pasir

  • 3 sendok makan minyak goreng


Bahan Bumbu Halus


  • 10 butir bawang merah

  • 3 siung bawang putih

  • 6 buah cabe merah

  • 6 butir kemiri disangrai




Tutorial Membuat Sayur Godok Bumbu Kecombrang


Yang sudah tidak tabah ingin mencoba masakan ini di rumah bisa langsung mengikuti panduan tutorial membuat masakan ini yakni sebagai berikut:


  1. Ukur kaldu. Tambahkan air sampai menjadi 1.200 ml. 

  2. Campur dengan 900 ml santan .

  3. Didihkan sambil diaduk sampai berminyak. Sisihkan.

  4. Tumis bumbu halus, salam, lengkuas, cabe hijau, kecombrang, dan tomat sampai harum.

  5. Masukkan rebung, wortel, dan petai. 

  6. Aduk sampai setengah layu.

  7. Tuangkan santan. Masak sampai semua materi matang.

  8. Tuang adonan kaldu yang gres diangkat dari api, tambahkan garam, gula, dan pepaya muda.

  9. Masak sampai pepaya matang.

  10. Angkat dan hidangkan untuk 15-20 porsi



Menggunakan resep yang diutarakan di atas apabila kita kreatif kita bisa mengkreasikan resep ini sesuai dengan minat kita. Saya sendiri memakai beberapa variasi lain untuk membuat Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang yang pas dengan selera keluarga. Buat teman netter semua selamat mencoba resepnya di rumah.


Belum ada Komentar untuk "Resep Pekanbaru, Sayur Godok Bumbu Kecombrang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel