Bubur Sagu Ubi – Kuliner Mantap Dari Maluku

Lain tempat lain pula ciri masakannya, mirip pada kuliner mantap dari Maluku yang akan dibentuk berikut ini. Bubur sagu ubi merupakan salah satu resep unik dari tempat Maluku yang populer dan banyak dibentuk bahkan oleh pecinta kuliner dari tempat lain. Masakan khas tempat pada kesempatan ini akan memandu bagaimana cara menciptakan bubur sagu ubi tersebut.


Bubur sagu ubi yakni jenis kuliner bubur yang terbuat dari materi dasar sagu dan ubi merah. Dalam penyajiannya, bubur ini memakai saus yang terbuat dari santan, daun pandan dan juga garam. Jika anda ingin merasakan seberapa mantap kuliner bubur tempat tersebut silahkan ikuti panduan memasak bubur sagu ubi yang akan saya jelaskan. 


Pertama-tama kita akan menyiapkan peralatan dapur yang akan digunakan, sehabis itu kita menyiapkan bahan-bahan yang akan kita masak yakni materi dasar dan materi saus. Bahan tersebut secara lengkap sebagai berikut!


Bahan



  • 100 gr sagu lempengan

  • 1 lt air

  • 100 gr gula pasir

  • 100 gr gula merah, sisir

  • 2 lbr daun pandan, simpulkan

  • 100 gr kenari

  • 100 gr ubi merah



Saus



  • 250 ml santan dari 1 btr kelapa kupas parut

  • 2 lbr daun pandan

  • 1 sdt garam



Setelah selesai dengan persiapan kita menuju ke proses pembuatan. Proses pembuatannya bisa mengikuti langkah-langkah bagaimana menciptakan bubur sagu ubi yang secara rinci dijelaskan sebagai berikut.




  1. Pertama kupas, cincang berangasan kenari untuk taburan

  2. Setelah itu potong dadu 1/2 x 1/2 cm ubi merah

  3. Rendam sagu dalam 500 ml air selama 1 jam hingga mengembang.

  4. Tiriskan dan buang airnya.

  5. Kemudian masak 1 liter air bersama gula pasir, gula merah, dan daun pandan hingga gula larut. Angkat kemudian saring.

  6. Didihkan kembali air gula, masukkan ubi merah dan sagu yang telah lunak.

  7. Masak sambil terus diaduk hingga matang dan kental.

  8. Untuk saus didihkan semua materi sambil terus diaduk hingga santan kental.

  9. Angkat, sisihkan.

  10. Taruh bubur sagu dalam mangkuk saji.

  11. Beri saus dan taburi kenari cincang. Sajikan.



Itulah panduan yang bisa saya berikan berkaitan dengan artikel kita kali ini mengenai “Bubur Sagu Ubi – Masakan Mantap dari Maluku”. Saya sangat berharap dari resep tersebut kita semua bisa berkreasi dan bisa menghasilkan satu resep baru yang akan lebih sesuai dengan selera kita masing-masing.




merupakan



Dengan menajikan salah satu jenis kuliner tempat tentunya itu bisa mengobati kerinduan kita pada kampung halaman. Dan juga kita bisa lebih cerdik lagi dalam hal masak-memasak khususnya untuk menu-menu nusantara. Terima kasih, selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Bubur Sagu Ubi – Kuliner Mantap Dari Maluku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel