Perayaan Pergantian Tahun Baru, Pemprov Dki Kerahkan Ribuan Petugas Kebersihan

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta diperkirakan akan mengerahkan 5.000 petugas kebersihan pada malam tahun gres 2018.


Dengan dikerahkan petugas kebersihan, diharapkan di hari pertama 2018 Senin, wilayah Jakarta ditargetkan higienis dari sampah.


“Saat perayaan malam pergantian tahun, kami kerahkan sebanyak 5.000 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot sebanyak 2.500 personel. Bahkan kami mengerahkan sekitar 2.500 petugas pemanis dari UPK Badan Air untuk membantu di darat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, pada Minggu ketika diwawancara (31/12/2017).


Perayaan Pergantian Tahun Baru, Pemprov DKI Kerahkan Ribuan Petugas Kebersihan.


Dinas


Ribuan petugas itu akan membersihkan sampah-sampah mulai dari pukul 01.00 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB pagi seluruh sampah sudah terangkut. Petugas akan langusung bekerja, setelah perayaan pergantian tahun usai pada malam nanti.


“Ketika malam puncak pergantian tahun sudah terlewati dan agenda utama terlewati selesai, petugas kami yang dikenal sebagai Pasukan Orange pribadi bergerak di setiap titik lokasi perayaan malam tahun baru,” kata Adji.


Dia juga menuturkan, ribuan petugas kebersihan tersebut telah disiagakan secara menyebar di seluruh lokasi yang menjadi sentra keramaian warga pada malam tahun gres 2018 wilayah Jakarta. “Terutama konsenterasi petugas berada di 6 lokasi utama perayaan malam tahun gres di Jakarta,” kata Adji.


Di Jakarta Pusat, Car Free Night diberlakukan di sepanjang Sudirman-Thamrin. Sepanjang ruas jalan, akan ada panggung hiburan dan bazaar makanan 34 provinsi yang akan meramaikan malam puncak tahun baru.


Panggung hiburan dimeriahkan dengan kesenian seakan-akan tari pelangi, lenong Sapri botak, Band Seroja, Dangdut, sampai kuis berhadiah. Penyanyi Rhoma Irama rencananya juga akan beraksi di panggung Monas.


Selain itu, akan ada agenda nikah massal diselenggarakan di park and ride Jalan MH Thamrin.


Di Jakarta Utara, penyelenggaraan perayaan malam tahun gres digelar di dua tempat yaitu Ancol dan Danau Sunter. Di Ancol, empat titik lokasi perayaan yaitu di Pantai Carnaval, Pasar Seni, Taman Lumba-lumba, dan Pantai Lagoon.


Pantai Carnaval akan menghadirkan banyak sekali pagelaran musik. Sementara Pantai Lagoon akan ada penampilan yang mewakili kebudayaan Bali dan Papua.



Di Taman Lumba-lumba ada pentas kebudayaan Kalimantan dan Sumatera. Sementara di Pasar Seni akan ada kebudayaan Betawi dan Jawa.


Di puncak perayaan, akan ada pesta kembang api atau musical fireworks. Sementara di Danau Sunter, akan ada agenda bakar-bakar ikan.


Di Jakarta Barat, penyelenggaraan tahun gres dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat.


Di Jakarta Timur, perayaan yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Nantinya akan ada ribuan obor yang ditancapkan di peta kepulauan Indonesia. Selain itu, akan ada banyak sekali agenda hiburan dangdut, wayang kulit, dan video mapping.


Di Jakarta Selatan, perayaan malam tahun gres 2018 di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa. Ada bazaar, shalat berjamaah maghrib dan isya yang dilanjut dengan tahlilan. Lalu nanti ada hadrah, keroncong, gambang kromong serta hiburan lainnya. Puncaknya, akan ada pesta kembang api diiringi rebana.


“Secara khusus, kami minta para pedagang atau pelaku perjuangan UMKM yang akan menggelar pameran di setiap lokasi agenda semoga menyediakan kantong-kantong sampah, sehingga sampah tidak berceceran dan memudahkan para petugas ketika melaksanakan pencucian dan pengangkutan sampah,” kata dia.‎


Belum ada Komentar untuk "Perayaan Pergantian Tahun Baru, Pemprov Dki Kerahkan Ribuan Petugas Kebersihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel