Sampai Rela Mati, Berapa Penghasilan Seleb Medsos Di China?

PopularitasFan fan. Foto: istimewa

CalonPedia Jakarta – Popularitas yang diraih selebritas media sosial di China membuat mereka meraup penghasilan yang lumayan. Itu sebabnya ada yang sampai berani nekat, seperti rooftopper Yong Ning, misalnya.


Persaingan di dalam industri live streaming di negeri Tirai Bambu memang tengah panas-panasnya. Setiap harinya, ada jutaan broadcaster di lebih dari 100 platform live streaming yang berlomba-lomba untuk menghadirkan konten-konten yang bisa menarik perhatian para penonton.


Fan Fan, salah satu bintang internet di China, memperlihatkan ada lebih dari 3,5 juta broadcaster live streaming, baik profesional maupun semi-profesional, yang bersaing sebagai yang paling memikat bagi hampir 350 juta penikmat konten yang mereka buat.


“Saat pertama kali terjun di dunia ini pada 2015, tidak terlalu banyak kompetisi yang terjadi. Kini, semua orang yang memiliki smartphone bisa melakukan live streaming,” ujarnya seperti dikutip CalonPedia dari New Zealand Herald, Senin (18/12/2017).










Baca juga: Gadis Cantik Ini Beberkan Kenyataan Pahit Jadi Seleb Medsos



Credit Suisse, layanan perbankan global, memperkirakan bahwa nilai pasar live streaming di China bisa menyentuh angka USD 5 miliar (Rp 67,9 triliun) tahun ini. Jumlah tersebut hanya kalah dari industri layar lebar yang memiliki nilai USD 5,8 miliar (Rp 78,8 triliun).


Salah satu faktor yang mendukung hal tersebut yaitu semakin banyak belum pandai balig cukup nalar muda di China yang menikmati hiburan lewat ponsel cendekia tanpa perlu keluar dari rumah mereka.


Meskipun beberapa broadcaster live streaming di negara tersebut yang bisa memperoleh penghasilan sampai jutaan Yuan dalam setahun, namun bukan berarti pekerjaan tersebut menjanjikan pemasukan yang tinggi.


Tencent Research Institute melakukan survei terhadap 4.500 broadcaster live streaming di China. Hasilnya, hanya 5% yang bisa meraih penghasilan sampai lebih dari 10 Ribu Yuan (Rp 20 Juta) setiap bulan.


Sedangkan 70% dari responden memperlihatkan bahwa pendapatan mereka tiap bulannya tidak sampai 100 Yuan (Rp 200 Ribu).





Belum ada Komentar untuk "Sampai Rela Mati, Berapa Penghasilan Seleb Medsos Di China?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel