Ayam Bakar Iloni Khas Kawasan Gorontalo

Ayam Bakar Iloni Khas Daerah Gorontalo. Satu lagi resep ayam bakar yang akan kita melalui blog makanan khas kawasan ini ialah ayam bakar iloni khas kawasan Gorontalo. Iloni merupakan sajian ayam bakar yang dimasak dengan bumbu dan tips trick memasak yang sedikit berbeda sehingga menyebabkan rasa khas yang enak dan patut untuk kita coba. Yang mau ikutan silahkan pribadi ikuti penjelasannya.


Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, resep Gorontalo ini sedikit berbeda dari resep ayam lainnya karena ialah jikalau biasanya kita sajian ayam bakar pribadi dipanggang setelah ayam diberi bumbu tetapi tidak demikian dengan sajian yang ini. Untuk menciptakan makanan ayam bakar iloni kita akan menambahkan bumbu sampai meresap ke daging ayam terlebih dahulu, dalam hal ini kita akan memasak ayam dengan sedikit santan sampai bumbu meresap baru setelah itu ayam dibakar. Untuk lebih jelas, mari kita coba bahwasanya dengan panduan di bawah ini.


Bahan dan Bumbu Ayam Bakar Iloni


Ada tiga hal yang akan kita siapkan untuk memasak sajian ini ialah bahan-bahan yang dibutuhkan, bumbu serta bumbu yang dihaluskan. Bahan dan bumbu tersebut bisa dilihat dalam daftar berikut.
































Bahan-Bahan



Dada ayam

Santan

Minyak untuk menumis



:

:

:



5 potong

500 ml

2 sdm




Bumbu-Bumbu



Daun pandan, potong pendek

Daun salam

Garam

Sereh



:

:

:

:



1 lembar

2 lembar

1 sdt

2 batang




Bumbu Yang Dihaluskan



Bawang merah

Bawang putih

Kemiri

Jahe

Kunyit

Cabai merah

Cabai rawit



:

:

:

:

:

:

:



5 butir

3 siung

5 butir

1 iris

1 iris

10 buah

6 buah



Setelah semua yang kita butuhkan siap tersedia maka langkah selanjutnya kita bisa pribadi mulai memasak dan berkreasi dengan resep tersebut. Caranya ikuti klarifikasi seterusnya.


Tutorial Memasak Iloni Khas Gorontalo


Tutorial memasak sajian ini terbagi menjadi dua adegan ialah yang pertama memasak ayam dengan bumbu sampai meresap dan yang kedua memanggang ayam. Langkah-langkah tips trick memasaknya secara lengkap ialah sebagai berikut:



  • Tumis dengan minyak bumbu yang telah dihaluskan bersama bumbu lainnya sampai keluar aroma.

  • Masukkan bab ayam, aduk sambil tuangi santan sedikits demi sedikit sampai habis, masak sampai kuah kental dan bumbu meresap.

  • Angkat ayamnya kemudian dipanggang dalam panggangan sampai kering dan kuning kecoklatan.

  • Angkat dan hidangkan di atas piring untuk 5 porsi


Kalau dalam resep orisinil Gorontalo tersebut kita tidak memakai materi tambahan maka dalam penyajian saya menambahkan beberapa tambahan ialah lalapan. Jika anda berkenan anda juga bisa menambahkannya sesuai selera. Sampai disini, biar bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Ayam Bakar Iloni Khas Kawasan Gorontalo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel