Membuat Hidangan Dendeng Batokok Khas Minangkabau

Hari ini saya akan membahas satu kuliner tempat yang berbeda ialah dendeng. Dendeng yang akan kita bahas yakni menu dendeng batokok yang merupakan masakan khas Minangkabau. Menu tersebut menjadi pilihan saya karena yakni selain lezat kuliner ini juga unik dan mempunyai cita rasa khas.


Dendeng batokok yakni sebuah kuliner dari Minang yang terbuat dari materi utama berupa daging khas dalam seakan-akan lidah, hati dan lainnya. Masakan tersebut dimasak dengan tips trick khas yang menghasilkan rasa unik dan lezat yang patut dicoba. Selain itu bumbu yang dipakai juga sederhana, memungkinkan kita untuk bisa mencobanya sendiri di rumah.


Menu dendeng ini merupakan sajian kuliner bakar atau panggang yang disajikan dengan pemanis sambal dengan cita rasa yang unik. Menu ini menjadi unik karena yakni pada kuliner umumnya daging jarang dimasak dengan tips trick di panggang atau dibakar kecuali untuk resep sate.


Bahan dan Bumbu Dendeng Batokok 


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kuliner ini memakai materi utama berupa daging has dalam khususnya daging sapi. Masakan ini diolah dengan memakai santan kelapa dan aneka macam rempah bumbu umum yang sering dipakai dalam sebuah masakan. Untuk materi dan bumbu selengkapnya silahkan lihat melalui daftar yang disertakan.

































Bahan-Bahan



Daging sapi has dalam

Air kelapa



:

:


500 gr

1,5 liter




Bumbu Halus



Ketumbar

Bawang putih

Jahe

Garam



:

:

:

:


1 sdm

5 siung

1 cm

2 sdt




Sambal



Cabai hijau

Bawang merah

Tomat hijau sayur, iris

Minyak goreng

Kaldu debu rasa sapi

Kaldu

Air jeruk nipis



:

:

:

:

:

:

:


300 gr

10 siung

5 buah

6 sdm

1/2 sdt

50 ml

1 sdm


Setelah siap dengan bahan-bahan serta bumbu yang tertera pada daftar tersebut di atas, kita bisa memulai memasak sajian ini dengan panduan yang akan dijelaskan selanjutnya. Jadi, pastikan anda semua telah siap untuk berkreasi dengan resep khas tersebut.


Tips Trick Membuat Dendeng Batokok Khas Minangkabau


Hampir sama dengan menciptakan sate, untuk menciptakan sajian Minang ini pertama kita akan memanggang daging dan setelah itu menyiapkan pendampingnya berupa sambal. Untuk tips trick menciptakan selengkapnya silahkan ikuti panduan berikut.


Rebus daging bersama bumbu halus sampai lunak, angkat. Iris daging memotong serat setebal 1 cm, kemudian ditokok (pukul atau pipihkan pelan-pelan).


Panggang sampai cokelat gelap, sisihkan.


Pukul-pukul cabe hijau dan bawang merah sampai pipih.


Panaskan minyak goreng, tumis cabe merah dan bawang merah sampai harum. Masukkan kaldu sisa merebus dan kaldu bubuk, didihkan sampai kuah menyusut. Tambahkan irisan tomat dan air jeruk nipis, masak sebentar, angkat.


Untuk menyajikan Menu Dendeng Batokok tersebut tata daging panggang dalam pinggan, tuangkan sambalnya dan segera sajikan ketika panas untuk 4 orang. Saya rasa cukup sampai disini saya menghantarkan satu sajian Istimewa Minang kali ini. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi dan tumpuan bersama.


Belum ada Komentar untuk "Membuat Hidangan Dendeng Batokok Khas Minangkabau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel