Kue Klepon, Jajan Pasar Istimewa Khas Daerah

Karena koleksi resep kudapan anggun khas daerah masih sedikit maka pada kesempatan ini kita akan mencoba sebuah resep jajanan yang bernama kue klepon. Disini kita akan sedikit mengembangkan warta mengenai menyerupai apa kudapan anggun klepon tersebut dan bagaimana cara menciptakan kudapan anggun klepon sebagai salah satu jajanan pasar istimewa khas daerah.


“Kue klepon” merupakan salah satu kue khas Indonesia yang sudah banyak dikenal diberbagai daerah. Bahkan beberapa literatur menyebutkan bahwa jenis kudapan anggun tradisional tersebut sudah ada sampai di negara lain. Meskipun terkenal di seluruh Asia Tenggara, klepon mungkin berasal dari Jawa. Product Kue klepon terkenal berasal dari Pasuruan (Jawa Timur), dijual dalam kotak di kios-kios kecil yang menciptakan garis panjang di pinggir jalan yang menghubungkan Malang dan Surabaya. Mereka juga dijual oleh penjual yang naik Bus yang masuk ke atau dari Malang / Surabaya


Tips Trick Membuat Kue Klepon. Kue klepon ini mempunyai bentuk budar menyerupai bola berukuran kecil. Biasanya terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan gula merah. Proses pembuatannya cukup sederhana ialah direbus dalam air mendidih sampai matang. Bagi anda semua yang berniat menyajikan kudapan anggun khas tempat tersebut silahkan persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut!















Bahan Dasar



Tepung ketan

Air daun suji )*

Air kapur sirih

Gula merah, iris-iris

Kelapa setengah renta parut memanjang

Garam



300 gram

75 ml

1 sdt

100 gram

½ butir

½ sdt




)* 15 lembar daun suji, 5 lembar daun pandan dan 100 ml air


Namanya juga kudapan anggun jadi bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak dan tidak ribet atau susah dalam menyiapkannya. Setelah siap dengan materi di atas langsung ke cara menciptakan kudapan anggun klepon khas berikut ini.



  • Pertama, kukus kelapa dan garam, 15 menit, angkat dan sisihkan

  • Kemudian, Aduk tepung ketan, air daun suji, air kapur sirih, ¼ sendok teh garam. Uleni gabungan sampai kalis dan tidak lengket ditangan

  • Ambil sedikit adonan, isi dengan irisan gula merah, bulatkan kembali

  • Rebus 1 liter air sampai mendidih, masukkan bulatan adonan. Masak sampai bulatan terapung dan matang. Angkat dan tiriskan

  • Gulingkan bulatan diatas kelepa kukus sampai rata. Sajikan


Saran Penyajian. Pada umumnya di tempat Jawa, kudapan anggun klepon ini dinikmati di pagi hari sebagai hidangan sarapan, ataupun sebagai kudapan di sore hari sebagai hidangan pendamping minum teh atau kopi di saat santai. Kue tradisional ini biasanya disajikan bersama dengan kudapan anggun getuk dan cenil biasanya. 


Kalau sore atau pagi kemarin kita menyajikan hidangan yang tidak jauh dari biasanya maka tidak ada salahnya kalau hari ini ada hidangan berbeda ialah jajanan ini. Jadi, kita bisa satu resep kudapan anggun tradisional lagi pada pembahasan Istimewa kali ini. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Belum ada Komentar untuk "Kue Klepon, Jajan Pasar Istimewa Khas Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel