Resep Unik Kuliner Ringan Bagus Dodol Dari Pengecap Buaya

Kue merupakan masakan yang juga banyak digemari untuk sajian santai, untuk melengkapi buku resep masakan khas tempat kali ini akan kita coba resep makanan ringan manis unik yaitu kue dodol dari lidah buaya


Begitu banyaknya makanan ringan manis modern yang beredar menciptakan kita terkadang jenuh dan bosan untuk menyantapnya. Berbeda dengan kue-kue tersebut “kue dodol” berikut ini merupakan sajian Istimewa alasannya yaitu yakni dodol tersebut dibentuk dari materi dasar yang masih jarang diketahui yaitu dodol ini dibentuk dari flora lidah buaya.


Akhir-akhir ini memang sudah banyak diketahui berbagai pemanfaatan lidah buaya sebagai materi masakan bahkan pemanfaatannya juga banyak untuk dunia kecantikan dan kesehatan. Untuk pemanfaatan sebagai materi masakan banyak sudah variasinya seakan-akan untuk es dawet lidah buaya, manisan lidah buaya dan lain sebagainya. Melalui artikel kali ini kita tidak hanya akan membahas mengenai informasi seputar lidah buaya tersebut tetapi akan mencoba menciptakan makanan ringan manis dodol dari lidah buaya sebagai salah satu alternatif jajanan khas daerah.


Alat dan Bahan Dodol Lidah Buaya


Karena kita sedang membahas resep makanan ringan manis unik maka berarti kita akan menciptakan makanan ringan manis tersebut. Pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan, sehabis itu siapkan juga bahan-bahan yang akan dipakai untuk membuat dodol lidah buaya tersebut. Setelah semua siap maka kita bisa eksklusif memulai memasak dodol yang akan disajikan.


Untuk alat ada beberapa peralatan yang harus kita sediakan, peralatan untuk menciptakan dodol lidah buaya tersebut seakan-akan pada daftar berikut!














Peralatan Untuk Membuat Dodol Lidah Buaya



Pisau Stainless Steel

Talenan

Blender

Kompor

Sutil kayu

Wajan

Saringan santan.

Baskom

Sendok makan .

Loyang

Plastik / daun pisang

kemasan plastik atau kertas minyak






Setelah alat sudah siap dan tentunya semua dalam keadaan higienis dan siap dipakai berikutnya kita siapkan bahan-bahan yang akan diolah menjadi dodol. Bahan-bahan tersebut yaitu sebagai berikut!














Bahan Dasar



Daging daun lidah buaya

Tepung ketan

Tepung beras

Gula pasir

Santan

Asam askorbat )*

Pewarna hijau secukupnya

Agar-agar secukupnya.



1 kg

700 gram

400 gram

2 kg

2 liter

0,1%

secukupnya

secukupnya




)*1 gram untuk 1 liter air atau 0,1 gram untuk 100 ml air)


Selesai menyiapkan alat dan bahan-bahan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan silahkan ikuti tutorial memasaknya seakan-akan diuraikan dibawah.


Tips Trick Membuat Resep Dodol Lidah Buaya




  1. Dipisahkan kulit daun lidah buaya dengan dagingnya, dibersihkan dan dihaluskan dengan blender.

  2. Dimasak santan dan gula di dalam wajan sampai mengental.

  3. Dimasukkan tepung ketan dan beras ke dalam larutan gula.

  4. Dimasukkan lidah buaya yang telah diblander, kemudian diaduk. Pengadukan dilakukan sampai adonan menjadi liat, berminyak dan tidak lengket di wajan (wadah).

  5. Diberi agar-agar dan pewarna.

  6. Diangkat adonan dodol yang telah masak, kemudian dimasukkan ke dalam Loyang dengan ketinggian 1-2 cm.

  7. Adonan ditekan-tekan biar padat dan rata.

  8. Sebelum adonan dimasukkan, permukaan dalam loyang dialasi dengan plastik atau daun pisang.

  9. Didinginkan sampai adonan mengeras.

  10. Dodol yang telah mengeras dipotong-potong.

  11. Potongan-potongan dodol dibungkus dengan plastik. Setelah itu, dodol siap dikemas ke dalam kemasan plastik atau kertas minyak. 


Selain memakai tutorial yang sudah diuraikan di atas kita juga bisa menciptakan dodol lidah buaya dengan kreasi tutorial lain. Mungkin anda sedikit kurang pas dengan tutorial diatas maka silahkan coba tutorial lain untuk resep unik tersebut seakan-akan berikut!


Kreasi Resep Dodol Lidah Buaya


Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk menciptakan dodol terdiri dari :



  • santan kelapa,

  • tepung beras,

  • gula pasir,

  • gula merah, dan

  • garam.



Cara Membuat



  1. Bahan-bahan itu dicampur dan dimasak dengan api sedang. Jika dibiarkan begitu saja, dodol akan hangus di cuilan bawah dan membentuk kerak.

  2. Makanya adonan dodol harus diaduk terus menerus. Waktu pemasakan dodol kurang lebih empat jam. Jika kurang dari itu, dodol yang dimasak akan kurang lezat rasanya. Setelah dua jam, adonan dodol tersebut akan berubah warnanya menjadi coklat pekat.

  3. Pada saat itu juga adonan dodol tersebut akan mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Tiriskan untuk memastikan lidah buaya tak berlendir.

  4. Olahan itu kemudian dicampur dengan berbagai materi seakan-akan susu, gula, dan ketan putih di dalam kuali.

  5. Campuran ini diaduk untuk menerima rasa dodol yang manis dan legit. 


Sampai disini saja saya menghantarkan sebuah “Resep Unik Kue Dodol Dari Lidah Buaya” sebagai pemanis referensi untuk buku resep yang sudah kita miliki. Lain waktu akan kita masak resep makanan ringan manis unik yang lain yang tentunya bisa menjadi pilihan pengganti bagi kue-kue yang biasa kita hidangkan. 


Terimakasih telah berkunjung dan sampai bertemu lagi pada kreasi masakan khas tempat berikutnya hanya di blog Istimewa ini. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Resep Unik Kuliner Ringan Bagus Dodol Dari Pengecap Buaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel