Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial

Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial. Di beberapa daerah, bunga papaya (jawa: kembang gandul) memang banyak diolah sebagai kuliner seakan-akan masakan tumis bunga papaya kangkung dari tempat Nusa Tenggara Timur ini. Update ini akan membahas bagaimana membuat tumis bunga papaya kangkung spesial sebagai salah satu sajian pilihan.


Bunga pepaya mempunyai karakteristik rasa yang pahit sama seakan-akan daunnya. Hal ini disebabkan oleh kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2. Senyawa ini ditemukan oleh Dr. Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa zat alkaloid carpein ini mampu dipakai untuk mengobati penyakit jantung.


Selain mengandung senyawa alkaloid carpein, bunga pepaya juga diketahui mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji klinis, ternyata senyawa yang terdapat dalam bunga pepaya ini sangat ampuh melumpuhkan efek radikal bebas di dalam tubuh manusia dan juga membersihkan darah.


Walaupun menyimpan beragam manfaat, namun penggunaan daun pepaya untuk pengobatan harus senantiasa berhati-hati. Sebab, selain mempunyai sifat anti-mikroba, daun pepaya juga mempunyai sifat toksitas. Getah pada pepaya bersifat irritant, vesicant dan dermatogenic terhadap kulit sehingga bagi sebagian orang yang sensitif, hal ini tentu akan mengganggu bahkan mampu menjadikan kerusakan jaringan dan melukai komponen kulit. Sementara itu, bagi sistem pencernaan, kandungan senyawa pepaya terutama pada getah mampu merangsang terjadinya gastritis berat dan memicu asma juga rhinitis. Jadi tetap berhati-hati.

















Bahan dan Bumbu



Bunga pepaya

Kangkung siangi,cuci bersih

Tomat ukuran sedang iris tipis

Cabe merah iris tipis

Bawang putih iris tipis

Minyak goreng untuk menumis

Garam dan penyedap


:

:

:

:

:


500 gram

200 gram

4 buah

4 buah

4 siung

4 sendok makan

Secukupnya





Tutorial Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial


Tutorial menciptakan kuliner tumis bunga pepaya kangkung yang Istimewa ini tidaklah sulit tetapi sama saja dengan tutorial memasak tumis lainnya. Yang membedakan, disini kita akan melakukan tips penting agar bunga pepaya yang akan kita olah tidak pahit. Agar tidak pahit campur bunga pepaya dengan dua sendok teh garam dan dua sendok makan minyak goreng kemudian rebus dalam 2 liter air sampai matang. Setelah matang angkat dan tiriskan baru materi dasar ini siap untuk kita masak menjadi tumis spesial. Untuk tutorial memasaknya ikuti langkah berikut:



  • Panaskan minyak goreng, masukan bawang

  • Tunggu bawang harum dan kuning

  • Masukan irisan tomat dan cabai merah

  • Masukan bunga pepaya dan kangkung

  • Tambahkan garam dan penyedap

  • Angkat dan sajikan


Benarkan tidak susah untuk “Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial” tersebut. Meski kuliner tersebut terbuat dari materi utama yang tidak mahal tetapi untuk rasa anda semua harus mencobanya lantaran kuliner ini unik dan pastinya akan menghilangkan kebosanan kita dengan menu-menu yang biasa kita santap sehari-hari.


Jangan lupa untuk mencoba resep kuliner Istimewa lain yang sudah dibahas dalam blog ini. Sebagai tambahan, bagi anda yang ingin mengembangkan resep Istimewa dengan sobat lain, silahkan hubungi halaman contact untuk mengirimkan resep yang ingin dibagikan. Terima kasih telah bersedia mencoba sajian ini bersama saya, sampai bertemu di sajian lainnya.


Belum ada Komentar untuk "Membuat Tumis Bunga Pepaya Kangkung Spesial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel