Menu Botok Teri Khas Semarang Jawa Tengah

Meski terlihat sedikit ketinggalan zaman, masakan-masakan dari daerah memang tetap memiliki tempat dihati tak terkecuali hidangan botok teri khas Semarang ini. Bahan dan bumbu yang sederhana dan simpel didapat dan cara menciptakan yang tidak rumit serta rasa yang mantap menciptakan hidangan botok menjadi salah satu hidangan yang pantas untuk masuk daftar.


Menu botok yakni hidangan kuliner yang banyak dijumpai di berbagai daerah di tanah air. Botok ini merupakan kuliner yang memakai adonan kelapa parut dengan rasa yang cenderung gurih dan tidak berkuah. Biasanya materi dasarnya selain teri ada juga petai cina dan ikan-ikan kecil lainnya.


Bahan dan Bumbu Botok Teri Semarang


Bahan dan bumbu yang dipakai dalam kuliner ini tidak banyak dan tidak begitu sulit untuk disiapkan. Bahan utamanya yakni parutan kelapa dan ikan teri dengan beberapa embel-embel lain. Sedangkan bumbu yang dipakai antara lain bawang putih dan kencur. Untuk materi dan bumbu selengkapnya silahkan lihat pada daftar berikut.






















Bahan Dasar



Kelapa parut kering, jangan terlalu tua

Santan kental hangat

Teri jepang

Daun jeruk, diiris

Daun pisang



1 gelas

1 gelas

1 bungkus

3 lembar

secukupnya




Bahan Bumbu



Bawang putih

Kencur

Cabai merah besar

Garam

Trasi

Gula



3 siung

1 ruas

3 buah

secukupnya

sedikit

sedikit




Kalau sudah siap semua materi dan bumbu yang diperlukan maka langsung saja simak klarifikasi berikutnya perihal bagaimana menyiapkan hidangan Istimewa daerah ini.


Tutorial Membuat Botok Teri Khas Semarang Jawa Tengah


Tidak banyak yang akan kita lakukan untuk menghidangkan kuliner khas Semarang ini. Pertama-tama siapkan materi dan bumbu yang dibutuhkan. Setelah itu tinggal ikuti langkah menciptakan kuliner tersebut menyerupai dijelaskan di bawah ini.



  • Rendam kelapa kering dengan santan hangat ± 10 menit.

  • Campur kelapa dengan bumbu halus, irisan daun jeruk , aduk rata.

  • Campur adonan tersebut dengan tempe dan teri, aduk rata.

  • Bungkus setiap 2 sdm adonan tersebut dengan daun pisang.

  • Kukus bungkusan botok tersebut ± 40 menit. 

  • Angkat sajikan dengan nasi hangat.


Kalau sudah matang langsung diangkat dan disajikan saat hangat sebagai lauk nasi putih. Jangan lupa kita juga bisa mengkreasikan kuliner ini sesuai dengan selera masing-masing dengan beberapa perubahan pada bahan, bumbu atau dosis yang digunakan.


Belum ada Komentar untuk "Menu Botok Teri Khas Semarang Jawa Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel