Menu Segar Eungkot Asam Keueng Dari Aceh

Pernah dengar menu makanan khas tempat yang bernama Eungkot Asam Keueng? Menu ini merupakan menu makanan dari tempat Aceh yang juga bisa disebut dengan sayur asam pedas. Kali ini kita akan mencicipi bagaimana segarnya menu segar eungkot asam keueng dari Aceh tersebut di dapur kita masing-masing.


Asam Keueng atau sayur Asam Pedas merupakan makanan yang sudah dikenal akan kekhasannya yang unik. Disetiap wilayah mempunyai keunikan rasa tersendiri dari bumbu yang digunakan. Supaya tidak ingin tau bagaimana rasa dari makanan ini maka kita akan mencoba berkreasi dengan resep eungkot asam keueng Aceh dengan panduan yang akan diberikan pada update kali ini.


Bahan dan Bumbu Eungkot Asam Keueng


Untuk bahan dasar yang dipakai dalam makanan khas tempat yang satu ini yaitu ikan tongkol. Selain ikan tongkol itu, tidak ada bahan embel-embel lain yang dipakai kecuali beberapa rempah yang memang dipakai untuk memperkaya rasa makanan ini. Bahan dan bumbu yang dipakai dalam makanan eungkot asam keueng ini yaitu sebagai berikut:






















Bahan Dasar



Ikan tongkol sedang

Jeruk nipis, ambil airnya

Kunyit bubuk

Asam sunti



1 ekor

3 buah

½ sdt

50 gram



Bahan Dasar



Cabai merah

Cabai rawit merah

Bawang putih

Merica

Garam



15 buah

7 buah

8 siung

¼ sdt

secukupnya    




Tutorial Membuat Menu Segar Eungkot Asam Keueng Aceh


Membuat menu ini tidaklah sulit. Pertama-tama kita akan menyiapkan segala bumbu dan bahan yang dibutuhkan. Selain itu tak lupa juga alat-alat dapur seolah-olah panci dan penggorengan, pisau dan lainnya juga harus dalam keadaan siap pakai semoga dalam memasak makanan ini akan lebih cepat dan tidak ada kendala. Langkah-langkah memasaknya bisa diikuti seolah-olah petunjuk dibawah ini.



  1. Pertama-tama lumuri ikan dengan air jeruk nipis, kunyit bubuk, asam sunti dan bumbu yang dihaluskan menjadi satu. 

  2. Kemudian aduk rata, diamkan 30 menit hingga bumbu meresap.

  3. Setelah itu pindahkan ke dalam panci, masak dengan api sedang hingga matang dan bumbu meresap.

  4. Setelah matang dan bumbu meresap angkat dan sajikan


Seperti cara menciptakan makanan aceh lainnya, menciptakan makanan ini memang tidak perlu proses yang rumit. Meski tergolong mudah namun perlu diperhatikan juga kombinasi bumbu dan cara memasak karena yaitu yaitu bumbu dan cara memasak tentu akan besar lengan berkuasa pada rasa final masakan.


Perlu saya ingatkan bahwa setiap resep yang disajikan akan menghasilkan rasa yang tentunya tidak niscaya sama dengan resep aslinya meski kita memakai resep yang sama. Semua itu memang tergantung pada siapa yang memasak dan bagaimana sentuhan tangan kita terhadap proses tersebut. Dengan mencoba resep orisinil tempat kita akan menghasilkan menu baru yang sesuai dengan selera dan ciri makanan yang biasa kita hasilkan.


Belum ada Komentar untuk "Menu Segar Eungkot Asam Keueng Dari Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel