Sajian Ikan Cuka Dari Riau Dan Tips Trick Membuatnya

Ada banyak tutorial untuk mengolah ikan menjadi sajian yang diminati, sanggup digoreng, dipanggang, di kuah, di asap atau bahkan digoreng dulu kemudian di beri kuah dan lain sebagainya. Sajian ikan cuka dari daerah Riau ini merupakan masakan orisinil daerah Riau yang dimasak dengan tutorial digoreng terlebih dahulu kemudian kombinasikan dengan kuah ialah yang disebut cuka.


Bahan untuk masakan ikan cuka ini biasanya dipakai ikan tenggiri namun kalau kita ingin berkreasi maka bisa kita gunakan jenis ikan lain yang sesuai dengan selera masing-masing. Dalam menentukan ikan pengganti ini hendaknya kita pilih ikan sejenis tenggiri baik dari segi rasa maupun dagingnya.


Untuk menciptakan sajian ikan cuka dari Riau ini caranya tidaklah sulit. pertama kita siapkan bahan dan bumbunya kemudian ikan kita goreng dan kita beri kuah cuka. Bahan dan bumbu yang akan dipakai ialah mirip pada daftar berikut.















Bahan dan Bumbu Masakan



Ikan tenggiri

Cabai giling

Cabai merah, iris halus

Bawang merah, iris halus

Tomat, potong 4 bagian

Lada bubuk

Pala bubuk

Daun jeruk, iris halus

Serai, iris halus

Jahe, iris halus

Gula pasir

Garam

Air jeruk nipis

Air minyak goreng



500 gr

2 sdm

2 bh

5 bh

2 bh

1/2 sdt

1/4 sdt

2 lbr

1 btg

2 cm

1 sdt

1 sdt

1 sdm

50 ml




Siap dengan bahan dan bumbu kita bisa langsung menuju dapur untuk memasak hidangan khas daerah tersebut. Tutorial menciptakan masakan ini yaitu:



  • Pertama-tama lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam.

  • Diamkan sebentar, goreng sampai matang dan kering.

  • Setelah itu tumis bawang merah sampai harum kekuningan.

  • Masukkan cabe giling, cabe merah iris, tomat, lada, pala, daun jeruk, serai, jahe, gula pasir, dan garam, aduk sampai harum.

  • Bubuhkan 1/2 sdm air jeruk nipis dan 50 ml air. 

  • Masukkan ikan, masak sambil diaduk sebentar semoga bumbu meresap.

  • Angkat dan sajikan selagi hangat.



Jika kita kreatif, kita bisa mengkreasikan resep di atas baik itu dengan mengganti bahan dasarnya dengan jenis ikan lain, menambahkan atau mengurangi dosis bumbu yang dipakai atau bahkan menambahkan sedikit bumbu lain semoga rasa masakan sesuai dengan selera. dalam berkreasi dengan resep khas Riau tersebut yang harus kita ingat ialah bahwa kita hendak menyajikan sebuah masakan khas dari daerah lain jadi jangan sampai kita kehilangan ciri khas rasa yang dimiliki oleh masakan tersebut.


Selain Sajian Ikan Cuka dari Riau dan Tutorial Membuatnya di atas masih banyak menu-menu khas Nusantara lainnya yang bisa kita buat dan kreasikan di rumah, silahkan lihat dan coba juga masakan lain yang diinginkan.


Belum ada Komentar untuk "Sajian Ikan Cuka Dari Riau Dan Tips Trick Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel