Sajian Unik Gulai Rebung Sam Dari Bengkulu

Untuk sebagian orang, rebung merupakan salah satu materi yang banyak dipakai sebagai materi makanan. Salah satu kuliner dari rebung yaitu menu unik gulai rebung sam dari Bengkulu yang akan kita bahas pada kreasi kuliner kali ini. Bagi anda yang ingin menyajikan materi rebung dalam kuliner yang berbeda mari kita ikuti kreasi kuliner khas tempat yang akan menyampaikan resep menciptakan kuliner tersebut.


Bahan dan Bumbu Gulai Rebung Sam


Bahan yang dipakai dalam menu unik ini yaitu sesuai dengan namanya yaitu umbi rebung yang masih muda. Selain rebung, kuliner ini juga memakai ikan bawal atau kakap sebagai materi tambahan. Bumbu yang dipakai tidak berbeda jauh dari kuliner dari Bengkulu lainnya yaitu bumbu-bumbu rempah yang sudah banyak dikenal. Untuk materi dan bumbu bisa kita siapkan seolah-olah tertera pada daftar materi dan bumbu kuliner gulai rebung berikut ini.























Bahan Dasar



Rebung, potong korek api

Ikan bawal/kakap atau lainnya

Santan dari 1 btr kelapa

Jahe, memarkan

Lengkuas, memarkan

Daun salam

Serai

Daun bawang, potong 1 cm

Asam kandis

Petai



½ kg

½ kg

1 ltr

2 cm

2 cm

3 lbr

1 btg

2 btg

3 btr

1 papan




Bumbu Halus



Bawang putih

Bawang merah

Cabai keriting

Kunyit

Garam



3 siung

3 bh

7 bh

2 cm

1 sdm




Meski saya eksklusif kurang menikmati kuliner dengan petai, namun pada kuliner yang satu ini petai menyampaikan aroma, rasa dan sensasi yang unik sayang untuk kita lewatkan. Karenanya banyak dari kita yang akan mencoba menyajikannya dengan panduan yang akan diberikan.


Tutorial Membuat Sajian Unik Gulai Rebung Sam Khas Bengkulu


Tidaklah sulit untuk bisa menyajikan menu unik khas Bengkulu ini melalui dapur masing-masing. Yakin kita bisa memasaknya tanpa hambatan yang berarti dengan panduan cara menciptakan yang sudah disiapkan berikut.



  • Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih.

  • Masukkan bumbu halus dan bumbu yang dimemarkan.

  • Tambahkan ikan, masak sambil diaduk.

  • Masukkan rebung masam dan petai.

  • Setelah matang tambahkan daun bawang, aduk sebentar.

  • Angkat dan hidangkan.


Jika anda juga biasa memakai umbi rebung sebagai materi kuliner maka tidak ada salahnya mencoba resep dari tempat Bengkulu ini sebagai resep alternatif dikala kita hendak menyuguhkan menu dari materi dasar rebung. Dengan demikian, keluarga tercinta yang memang sangat menikmati kuliner dari rebung ini akan lebih bersemangat lagi dalam menyantap menu rebung yang diolah dengan resep yang berbeda tentunya. Sampai disini saja ulasan kali ini, selamat mencoba!


Belum ada Komentar untuk "Sajian Unik Gulai Rebung Sam Dari Bengkulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel